Comscore Tracker

5 Kreasi Dessert Nikmat Berbahan Tofu yang Perlu Kamu Cicipi

Nggak bakal menyesal mengolah dessert ini di rumah

Tahu putih merupakan salah satu bahan baku dari kedelai yang memiliki tekstur super lembut dan kerap hadir menghiasi masakan di berbagai penjuru Asia.

Namun tidak saja disajikan untuk aneka olahan gurih, tahu putih ternyata bisa pula dimasak menjadi dessert menarik, seperti lima kreasi berikut ini.

1. Chocolate tofu pudding

5 Kreasi Dessert Nikmat Berbahan Tofu yang Perlu Kamu CicipiIlustrasi choco tofu pudding (foodnetwork.com/Ellie Krieger)

 

Bagi kamu penggemar olahan puding super lembut dengan berbalut rasa cokelat yang tajam, maka chocolate tofu pudding bisa menjadi salah satu pilihan kudapan pencuci mulut yang patut untuk dicoba.

Bahan baku yang dipakai dalam makanan ini pun tidak jauh-jauh dari versi puding biasa, yakni tahu putih, bubuk cokelat, susu, gelatin, dan gula. Pudding ini sendiri bisa disajikan bersama serutan cokelat atau potongan buah.

2. Tofu brownies

5 Kreasi Dessert Nikmat Berbahan Tofu yang Perlu Kamu CicipiIlustrasi tofu brownies (house-foods.com)

Brownies adalah salah satu kue cokelat yang paling sering dimasak baik untuk camilan pribadi maupun bisnis kuliner menjanjikan, rasa kue yang cenderung garing pada bagian atas dan lembut pada bagian dalam tersebut rupanya bisa pula diolah memakai tahu.

Memasukan olahan tahu pada adonan tersebut sering kali digunakan pada brownies eggless atau kue cokelat tanpa telur, sementara itu bahan baku lainnya tetap persis seperti brownies pada umumnya.

3. Chocolate tofu pie

5 Kreasi Dessert Nikmat Berbahan Tofu yang Perlu Kamu CicipiIlustrasi chocolate tofu pie (tasteofhome.com)

Karena tahumemiliki karakteristik tekstur yang lembut maka bahan baku ini pun tetap lezat bila diolah menjadi berbagai isian untuk aneka makanan manis, salah satunya seperti hidangan pai.

Silken tofu yang telah dilumatkan hanya perlu dimasak bersama lelehan cokelat sampai mengental untuk kemudian dituangkan ke dalam pie crust yang bisa dibuat dari remahan biskuit.

Baca Juga: 6 Fakta Desert Rain Frog, Katak Berbentuk Unik dan Menggemaskan

4. Tauhue

5 Kreasi Dessert Nikmat Berbahan Tofu yang Perlu Kamu CicipiIlustrasi olahan tauhue (asianinspirations.com.au)

Sebagai salah satu olahan yang mempunyai cita rasa lembut dan mudah lumer di mulut, tidak heran bila tahu kerap kali dimasak sebagai bahan baku utama pembuatan pudding dalam tradisi Chinese food.

Tofu pudding tauhue sendiri menjadi sajian yang dapat dimakan dalam kondisi hangat ataupun dingin, disertai oleh kuah jahe yang dimasak bersama gula supaya rasa manisnya makin terasa.

5. Tofu cheesecake

5 Kreasi Dessert Nikmat Berbahan Tofu yang Perlu Kamu CicipiIlustrasi tofu cheesecake (thespruceeats.com/Kristina Vanni)

Olahan cheesecake yang satu ini merupakan varian vegan food, sehingga bahan-bahan yang dipakai pun agak berbeda dari sajian cheesecake biasanya. Uniknya, tofu cheesecake memiliki tekstur dan rasa yang hampir mirip sehingga tidak menimbulkan perbedaan terlalu jauh.

Crust cheesecake sendiri dapat diolah menggunakan remahan biskuit kesukaan, sementara isian diganti dengan campuran tahu putih, santan, cokelat putih, pemanis, perasan lemon, serta gelatin yang membantu isian menjadi padat.

Nah, itulah sajian kudapan penutup berbahan dasar tahu yang tidak kalah sedap untuk dimasak di rumah, tertarik mencoba salah satunya?

Baca Juga: Resep Tofu Scrambled, Cara Berbeda untuk Mengolah Bahan Tahu!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya