Comscore Tracker

5 Kreasi Kue Leker Dua Rasa yang Nikmat buat Camilan Santai

Rasanya makin nikmat dan mengenyangkan

Leker adalah jajanan khas Indonesia dengan ciri khas berupa kulit tipis dan setengah garing. Makanan ini sering dikombinasikan bersama aneka isian untuk menciptakan jajanan yang lebih mengenyangkan.

Olahan leker sendiri banyak yang mulai berubah, terutama pendamping yang digunakan. Bukan cuma satu macam, bahkan kamu dapat menemui aneka leker kreatif dengan dua rasa utama yang bikin ketagihan.

1. Leker pisang green tea 

5 Kreasi Kue Leker Dua Rasa yang Nikmat buat Camilan Santaiilustrasi leker pisang green tea (pixabay.com/Ksh Crisfer)

Isian leker dengan pisang adalah salah satu perpaduan klasik yang masih bertahan sampai saat ini. Walau begitu, belakangan jenis leker tersebut mulai dikreasikan lebih modern. Semisal dengan menghadirkan green tea alias teh hijau.

Bahan yang digunakan untuk membuat adonan kue leker sendiri banyak jenisnya. Ada yang menambahkan tepung serbaguna dengan tepung beras, maizena, hingga telur. Namun, ada juga yang menggunakan kulit lumpia biar pematangan jadi lebih praktis.

2. Leker pisang cokelat 

5 Kreasi Kue Leker Dua Rasa yang Nikmat buat Camilan Santaiilustrasi leker pisang cokelat (pexels.com/Eileen lamb)

Leker identik dengan isian manis dan buah pisang. Oleh sebab itu, tidak heran kalau olahan ini sangat akrab ketika dijadikan kue praktis untuk ditambahi irisan pisang dan cokelat manis.

Hampir mirip sajian sebelumnya, kamu perlu menyiapkan adonan dari tepung-tepungan, termasuk susu bubuk. Nantinya, bahan tersebut dimasak dalam wajan dan dimasukkan potongan pisang dan cokelat.

3. Leker kornet telur 

5 Kreasi Kue Leker Dua Rasa yang Nikmat buat Camilan Santaiilustrasi leker kornet telur (pexels.com/Julia Filirovska)

Tenang saja, leker gak mutlak cuma bisa diisi menggunakan bahan-bahan manis, kok. Sebab, makanan ini pun dapat menjadi kombinasi yang epik ketika dipadukan bersama kornet dan telur yang notabene memiliki rasa gurih.

Proses masaknya masih sama. Kamu perlu menyiapkan kornet daging dalam kaleng yang siap diolah. Kemudian, tambahkan juga telur untuk menghasilkan filling lebih padat sehingga makanan ini bisa bikin kamu merasa kenyang lebih lama.

Baca Juga: Selain Leker, 10 Kuliner Khas Indonesia Ini Juga Punya Kembaran

4. Leker meses keju 

5 Kreasi Kue Leker Dua Rasa yang Nikmat buat Camilan Santaiilustrasi leker meses keju (pexels.com/Hakim Santoso)

Bicara soal makanan dua rasa, belum pas kalau tidak menyinggung duet populer antara meses dan keju. Hampir di dalam pilihan aneka makanan manis rasa ini selalu menjadi pilihan teratas yang bikin mulut sulit untuk berhenti mengunyah.

Meses merupakan produk cokelat berbentuk butiran yang bisa meleleh di suhu panas tertentu. Kemudian, campuran keju akan membuat leker memiliki sensasi asin yang khas. Makanya, kudapan ini cocok banget untuk menemani waktu bersantai kamu.

5. Leker telur sosis

5 Kreasi Kue Leker Dua Rasa yang Nikmat buat Camilan Santaiilustrasi leker telur sosis (pexels.com/bulut tuncay)

Masih dalam pilihan leker asin, kali ini kudapan akan lebih enak setelah dikombinasikan bareng isian yang umami. Jadi, leker bakal lebih cocok dinikmati dengan saus sambal atau mayones untuk versi yang tidak pedas.

Bahan-bahan yang dijadikan isi untuk kue leker ini dapat dicampur dari potongan sosis aneka rasa, mulai dari ayam, sapi, atau sosis homemade isi sayur. Kemudian, masukkan juga telur biar leker jadi bertambah padat saat dinikmati.

Leker dua rasa bukan saja untuk memenuhi standar makanan biar terasa kekinian. Namun, keberadaan perpaduan makanan di atas sangat mempengaruhi rasa biar semakin nikmat dan juga mengenyangkan.

Baca Juga: Review Leker Paimo, Jajanan Tradisional Semarang Antrenya Sampai 2 Jam

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya