Comscore Tracker

5 Kreasi Lemper Ayam, Kudapan Jadul dengan Rasa Kekinian

Macam-macam kreasinya bikin laper, nih!

Lemper menjadi salah satu makanan populer dari Indonesia yang berupa bungkusan ketan berisikan bahan-bahan dominasi asin, kemudian disempurnakan dengan balutan yang terbuat dari daun pisang.

Dari macam-macam lemper yang ada di Indonesia, terdapat sekitar lima kreasi lemper ayam yang bisa bikin kamu ketagihan. Mari simak ragam kreasi tersebut, biar menu masakanmu lebih variatif.

1. Lemper ayam serundeng

5 Kreasi Lemper Ayam, Kudapan Jadul dengan Rasa Kekinianilustrasi lemper ayam serundeng (pixabay.com/sarunya)

Kreasi lemper ayam yang satu ini bisa bikin makanan jadi terasa gurih dan manis. Sebab di antara selipan sajian tersebut ada kandungan serundeng yang terbuat dari aneka rempah dan parutan kelapa parut.

Selain serundeng yang mampu menyumbang sensasi nikmat pada makanan, ternyata ayamnya juga bisa diolah dengan mudah melalui proses perebusan memakai beberapa bahan aromatik. Dijamin sedap, deh!

2. Lemper ayam bakar

5 Kreasi Lemper Ayam, Kudapan Jadul dengan Rasa Kekinianilustrasi lemper ayam bakar (yummy.co.id)

Bila pada umumnya, proses pematangan lemper hanya mengandalkan beberapa pemasakan terpisah. Yakni dengan mengukus ketan atau dimasak dalam penanak nasi, maka kali ini hidangan akan melalui tiga tahap sekaligus.

Selain memasak ketan, ayam juga perlu direbus secara terpisah dan ditumis dengan santan. Bila dua komponen ini telah dipadukan, maka selanjutnya adalah dengan membakar lemper di atas panggangan biar tambah enak.

3. Lemper ayam wijen

5 Kreasi Lemper Ayam, Kudapan Jadul dengan Rasa Kekinianilustrasi lemper ayam wijen (yummy.co.id/Olivia Christine)

Siapa sangka kalau keberadaan satu bahan tambahan dalam lemper biasa juga membangkitkan aroma dan rasa hidangan supaya lebih nendang. Begitu kiranya yang akan kamu rasakan dalam lemper ayam wijen satu ini.

Penggunaan wijen sangrai akan sangat berpengaruh terhadap hasil akhir. Maka dari itu, bahan baku ini perlu ditambahkan ke dalam adonan utama, bercampur dengan beras ketan, santan, serai, dan bahan-bahan pendukung lainnya.

Baca Juga: 5 Fakta Menarik Lemper, Filosofinya Sungguh Mengagumkan  

4. Lemper ayam pedas

5 Kreasi Lemper Ayam, Kudapan Jadul dengan Rasa Kekinianilustrasi lemper ayam pedas (pixabay.com/婷芝 张)

Sebagai pencinta pedas, maka lemper ayam juga miliki jagoan tersendiri yang bikin kamu kesulitan untuk berhenti makan. Tapi pedasnya tetap nagih, sebab bisa ditakar sesuai dengan kesukaanmu.

Rasa pedas itu bisa dimaksimalkan melalui proses pemasakan ayam yang telah direbus dan disuwir. Campurkan setidaknya cabai rawit dan cabai merah untuk dikombinasikan dengan tumisan daging, biar tambah sedap.

5. Lemper ayam keju

5 Kreasi Lemper Ayam, Kudapan Jadul dengan Rasa Kekinianilustrasi lemper ayam keju (yummy.co.id)

Lemper juga memungkinkan, lho, untuk dikreasikan dengan bahan yang gak kalah populer untuk ragam makanan keninian. Apalagi kalau bukan penggunaan si gurih keju, yang selalu berhasil bikin kagum.

Begitu juga dengan yang dipakaikan pada lemper ayam, ketika memadatkan ketan dan menuangkan adonan daging, maka parutan cheddar bisa turut dimasukan, demi menghasilkan perpaduan yang lebih mantap.

Gimana, lemper ayam juga ternyata memiliki kreasi yang nggak sedikit dan kreatif, kan. Makanya makanan Indonesia tidak pernah sepi peminat, lantaran inovasinya yang juga menarik untuk selalu diikuti.

Baca Juga: 5 Puding Khas Asia Tenggara yang Lembut, Ada dari Beras Ketan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya