Comscore Tracker

5 Kreasi Muffin Tape dengan Kombinasi Rasa Lokal, Mantul!

Kue internasional dengan rasa melokal, mari coba!

Tape memang sangat unik ketika dicicipi. Makanan hasil fermentasi dari umbi-umbian dan bahan lain tersebut, mengandung sensasi manis dan asam yang agak sulit ditemukan dalam olahan lain.

Makanya, para kreatif yang bergerak di bidang makanan dan minuman gak mau kalah untuk terus mengembangkan berbagai olahan menggunakan bahan ini, tak terkecuali dalam proses pembuatan muffin.

Penganan yang selalu tampil menarik ini, akan memiliki rasa yang berkali-kali lipat semakin sedap, seperti lima muffin tape yang ada di dalam daftar.

1. Muffin tape singkong 

5 Kreasi Muffin Tape dengan Kombinasi Rasa Lokal, Mantul!ilustrasi muffin tape singkong (unsplash.com/Mateusz Derks)

Muffin tape singkong menjadi makanan yang paling cocok untuk dinikmati bersama minuman hangat favorit. Bukan sekadar camilan biasa, mengolah muffin sukses melahirkan pengalaman berbeda dalam menikmati penganan mungil yang bikin kenyang ini.

Muffin bisa dikukus atau dipanggang, dengan menghadirkan adonan tepung, soda kue, bubuk pengembang, susu bubuk, serta adonan tape yang dicampur susu kental, susu segar, telur, margarin, minyak, hingga gula. Campur seluruh bahan, lalu masak, deh.

2. Muffin tape singkong keju 

5 Kreasi Muffin Tape dengan Kombinasi Rasa Lokal, Mantul!ilustrasi muffin tape keju (unsplash.com/Conor Brown)

Membuat muffin tape keju adalah cara alternatif untuk mewujudkan makanan, dengan kombinasi rasa manis, asin, dan asam yang solid. Bahkan hidangan ini sering dijadikan salah satu penganan andalan untuk menemani aneka acara penting.

Dengan beragam resep yang tersedia, menggunakan campuran tepung terigu, tape, soda kue, susu kental atau susu segar, santan, telur, margarin, dan keju, bisa dijadikan patokan untuk mempersiapkan bahan-bahan penunjang kreasi makanan kali ini.

3. Muffin tape singkong cokelat 

5 Kreasi Muffin Tape dengan Kombinasi Rasa Lokal, Mantul!ilustrasi muffin tape cokelat (pexels.com/Castorly Stock)

Membuat muffin cokelat memang sudah biasa, namun untuk menciptakan rasa yang semakin di depan, maka gunakan juga tape di dalam kreasi makanan satu ini. Biar kamu merasakan sensasi legit yang berbeda.

Olahan tersebut pun kian menjadi dambaan, karena cocok untuk dijadikan teman santai. Tinggal tambahkan dark chocolate atau cokelat bubuk dalam adonan, maka kamu sudah bisa mendapatkan muffin tape yang menarik perhatian.

Baca Juga: 5 Kudapan Hasil Kombinasi Vla Keju yang Lumer Maksimal

4. Muffin tape singkong choco chips 

5 Kreasi Muffin Tape dengan Kombinasi Rasa Lokal, Mantul!ilustrasi muffin tape choco chips (unsplash.com/Ludovic Avice)

Kalau tadi ada muffin cokelat, maka kali ini sumber cokelatnya akan digunakan menjadi topping untuk menambahkan tekstur pada makanan. Sudah tahu, dong, jenis cokelat yang digunakan pada kreasi tersebut?

Salah satu opsi coklat yang dapat digunakan pada proses pembuatan muffin kali ini adalah chocolate chips. Kamu bisa menggunakan versi semi manis atau manis, tergantung selera. Nantinya, bahan itu akan dicampur bersama adonan muffin berisi tape singkong.

5. Muffin tape ketan hitam

5 Kreasi Muffin Tape dengan Kombinasi Rasa Lokal, Mantul!ilustrasi muffin tape ketan hitam (unsplash.com/Tony Flood)

Berbeda dibandingkan makanan sebelumnya, kali ini muffin tampil semakin nikmat lantaran ada penggunaan tape, tetapi bukan dari singkong. Makanan tersebut diambil dari olahan ketan hitam yang telah difermentasi beberapa waktu.

Rasa yang ditawarkan sama-sama manis dan asam, namun hasilnya tetap menggugah selera. Terutama ketika dicampurkan ke dalam adonan muffin yang dibuat dari campuran tepung terigu, soda kue, bubuk pengembang, susu, telur, dan lainnya.

Penggunaan tape di dalam kreasi muffin mampu menghasilkan kombinasi rasa lokal yang menawan. Jadi tunggu apalagi, cobain salah satu masakan di atas, biar kamu gak penasaran lagi, yuk!

Baca Juga: Resep Spageti Rendang yang Simple, Kombinasi Makanan Lokal dan Italia

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya