Comscore Tracker

5 Kreasi Nasi dan Ubi yang Ternyata Bikin Masakan Terasa Istimewa

Jepang hingga Korea Selatan punya masakan andalan dari ubi

Gabungan antara ubi dan nasi mungkin masih terdengar aneh di telinga masyarakat Indonesia. Tetapi dua bahan ini justru seringkali disatukan dalam olahan-olahan populer, baik itu makanan tradisional suatu negara ataupun kreasi sendiri.

Ragam sajian tersebut pun bisa berupa makanan utama ataupun hidangan penutup. Buat kamu yang penasaran bagaimana cita rasa dari olahan nasi dan ubi ini, tinggal simak lima masakan berikut untuk dijadikan inspirasi apabila ingin memasak sesuatu yang berbeda.

1. Goguma-bap 

5 Kreasi Nasi dan Ubi yang Ternyata Bikin Masakan Terasa Istimewailustrasi goguma-bap (youtube.com/maangchi)

Kreasi nasi ubi yang satu ini menjadi salah satu masakan tradisional ala Korea Selatan. Hidangan tersebut pun umumnya dinikmati bersama saus tambahan, agar rasanya jadi semakin menarik dan bisa dijadikan hidangan utama yang menyenangkan.

Secara umum proses pembuatan goguma bap ini hanya memerlukan tiga bahan saja. Pertama-tama kamu bisa memasak nasi yang sudah direndam dengan air setengah jalan. Setelah itu masukkan potongan ubi manis ke dalamnya dan masak kembali hingga matang.

2. Nasi ubi casserole 

5 Kreasi Nasi dan Ubi yang Ternyata Bikin Masakan Terasa Istimewailustrasi nasi ubi casserole (pixabay.com/May_hokkaido)

Sajian satu ini pun tidak kalah menarik untuk dicoba, lantaran bahan yang digunakan nantinya akan dipanggang sampai terasa lebih lembut dan nikmat. Olahan tersebut pun terdiri atas nasi, ubi, dan juga bahan-bahan lain yang membuat isiannya semakin ramai.

Jenis daging yang direkomendasikan untuk dibuat menjadi kaserol adalah bagian paha. Nantinya daging perlu dimasak bersama macam-macam bumbu favorit, lalu nasi. Kemudian susun di loyang, lengkap bersama parutan keju dan panko biar lebih bertekstur. 

Baca Juga: 5 Olahan Nasi yang Sering Dijual saat Malam Hari, Ada Nasi Goreng!

3. Nasi goreng ubi 

5 Kreasi Nasi dan Ubi yang Ternyata Bikin Masakan Terasa Istimewailustrasi nasi goreng ubi (pixabay.com/kalhh)

Masakan berikut ini juga tidak kalah unik untuk dicoba. Sajian tersebut bukan lain adalah nasi goreng berisikan ubi manis. Kombinasi antara dua bahan ini akan melahirkan makanan yang memiliki rasa legit dan gurih, lho.

Olahan nasi goreng ubi ini bisa dibuat dengan menghadirkan nasi putih yang akan dimasak bersama bumbu halus. Kemudian masukkan ubi yang dipotong kecil-kecil dan memaksimalkan menggunakan telur biar isian nasi goreng lebih ramai.

4. Satsuimo gohan 

5 Kreasi Nasi dan Ubi yang Ternyata Bikin Masakan Terasa Istimewailustrasi satsumaimo gohan (pexels.com/Marta Dzedyshko)

Gak kalah populer, Jepang juga memiliki olahan nasi ubi sendiri yang dikenal sebagai satsumaimo gohan. Sajian ini memiliki kombinasi rasa gurih dan manis, terutama karena air yang digunakan sudah dibumbui sebelumnya.

Bahan-bahan umum dalam membuat santapan ini tidak jauh dari penggunaan beras dan potongan ubi manis. Kemudian airnya akan dilengkapi menggunakan sake, mirin, dan garam sehingga rasa dari nasi pun akan memiliki terasa lebih berwarna.

5. Puding nasi ubi     

5 Kreasi Nasi dan Ubi yang Ternyata Bikin Masakan Terasa Istimewailustrasi puding nasi ubi (pixabay.com/TLink)

Jika sebelumnya hidangan lebih didominasi oleh makanan utama. Maka kreasi kali ini cenderung lebih cocok disantap sebagai hidangan penutup atau dessert, dengan bahan utama yang terdiri dari nasi dan ubi manis.

Sajian tersebut akan diubah menjadi puding favorit yang memiliki tekstur lembut dan legit. Penganan ini juga akan dimasak menggunakan campuran dari beras, ubi kukus yang sudah ditumbuk, susu cair, vanila, bubuk kayu manis, dan madu biar terasa lebih nikmat.

Perpaduan antara ubi dan nasi ternyata bisa ditemukan dalam berbagai olahan. Baik itu makanan utama ataupun dessert. Oleh sebab itu jangan ragu untuk mengolah dua bahan ini menjadi satu sajian lezat, seperti lima referensi olahan di atas.

Baca Juga: 5 Resep Sambal Goreng Udang, Teman Lauk Nasi Paling Endeus

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya