Comscore Tracker

5 Kreasi Popover dengan Cetakan Muffin, Camilan Enak

Selain camilan, bisa dijadikan sarapan praktis dan lezat

Dalam dunia baking, terdapat banyak sekali aneka makanan yang mirip antara satu dengan hidangan lain, namun memiliki tekstur serta rasa yang agak berbeda. Popover misalnya. Kue berbentuk mirip muffin ini diolah menggunakan adonan yang hampir sama dengan Yorkshire pudding.

Bedanya, popover memiliki rasa yang lebih ringan dibanding rekannya, meskipun batter yang diolah sama-sama terbuat dari bahan baku berupa tepung, telur, mentega, dan susu. Lalu dipanggang dalam cetakan muffin.

Berikut ini terdapat lima varian popover yang dapat dijadikan inspirasi dalam mengolah makanan enak tersebut di rumah, baik sebagai menu sarapan atau pengganjal lapar.

1. Blueberry popover

5 Kreasi Popover dengan Cetakan Muffin, Camilan Enakilustrasi blueberry popover (thespruceeats.com/Diana Rattray)

Olahan popover berikut ini menjadi salah satu varian rasa yang kerap digunakan ketika mengolah muffin, ialah dengan menghadirkan blueberry utuh ke dalam adonan. Hal ini untuk menciptakan kesegaran dan rasa manis alami pada kue saat disantap.

Untuk membuat blueberry popover, adonan utama perlu disiapkan terlebih dahulu dengan mencampur tepung, telur, susu, mentega, hingga garam dan gula, lalu masukan buah dan aduk merata.

2. Bacon and cheddar popover

5 Kreasi Popover dengan Cetakan Muffin, Camilan Enakilustrasi bacon and cheddar popover (tablespoon.com/Tablespoon Kitchens)

Popover tidak cuma bisa disajikan dalam versi manis, sebab makanan tersebut pun cocok bila dikombinasikan bersama bahan baku yang dominan asin.

Bahan baku yang dimaksud adalah penggunaan irisan bacon dan parutan cheddar untuk menambahkan rasa gurih terhadap adonan kue. Selain itu, kamu pun bisa menambahkan aneka rempah dedaunan supaya rasa popover makin enak.

3. Orange popover

5 Kreasi Popover dengan Cetakan Muffin, Camilan Enakilustrasi orange popover (delish.com/Frances Janisch)

Popovers memiliki kombinasi yang baik antara adonan utama dengan irisan kulit jeruk, sehingga hidangan tersebut memiliki cita rasa citrus yang pas untuk dijadikan rasa utama dalam popover.

Orange popovers sendiri memiliki dominan manis dan segar bila disandingkan dengan segelas teh, cocok dijadikan camilan, nih.

Baca Juga: Resep Bakso Goreng Tepung, Camilan yang Enak dan Murah Meriah

4. Cinnamon sugar popover

5 Kreasi Popover dengan Cetakan Muffin, Camilan Enakilustrasi cinnamon sugar popover (foodnetwork.com/Melissa D'Arabian)

Selain buah dan bahan baku asin, rempah-rempah seperti kayu manis pun dapat dijadikan alternatif hidangan popover berikutnya. Bersama brown sugar, cinnamon powder tersebut bisa dimasukan dalam adonan utama.

Namun bila kamu merasa belum cukup, maka cinnamon dan brown sugar dapat diolah kembali menjadi saus untuk disiramkan sebagai topping popover yang ini.

5. Pecan popover

5 Kreasi Popover dengan Cetakan Muffin, Camilan Enakilustrasi pecan popover (tasteofhome.com/Taste of Home)

Khusus dalam olahan popover berikut ini, bahan baku yang ditambahkan ke dalam adonan utama bisa berupa pecahan kacang pecan yang gurih dan menggugah selera. Pecan dalam hidangan tersebut mampu membuat tekstur menjadi lebih kaya.

Bila hendak menambahkan rasa nikmat terhadap pecan popover, maka kamu pun bisa memasukan bahan baku seperti blue cheese atau cheddar untuk menyeimbangkan rasa makanan.

Itu dia kelima kreasi olahan popover, si kue mangkuk yang mirip Yorkshire pudding untuk dijadikan camilan hingga pengganjal lapar menjanjikan. Gimana, kamu tertarik mencicipi makanan tersebut?

Baca Juga: Resep Chicken Balls yang Cocok untuk Lauk atau Camilan, Krispi Banget!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya