Comscore Tracker

5 Kreasi Sop Kambing yang Bikin Terlena, Gak Pakai Santan!

Idul Adha masak ini, yuk!

Sop kambing sering dijadikan salah satu lauk makan andalan yang punya sensasi gurih dan sedap, sehingga peminatnya pun gak sedikit serta datang dari berbagai kalangan.

Nah, kalau sudah diolah dengan macam-macam kreasi ala masakan Indonesia, maka daging kambing selalu disandingkan bersama kuah santan biar rasanya makin pekat.

Namun jangan khawatir, bagi kamu yang ingin menikmati kreasi sop kambing dengan cita rasa kuah yang lebih ringan dan tanpa santan, berikut ini ada lima olahan yang patut dicicipi.

1. Sop kambing kuah bening

5 Kreasi Sop Kambing yang Bikin Terlena, Gak Pakai Santan!ilustrasi sop kambing kuah bening (freepik.com/timolina)

Sop kambing yang dimasak menggunakan kuah bening juga gak kalah sedap dibandingkan makanan berisikan santan. Bahkan olahan ini jadi kian segar, setelah bumbunya dimodifikasi menjadi lebih simpel untuk dimasak.

Siapkan bawang-bawangan, cengkih, jahe, kapulaga, dan penyedap rasa untuk membumbui air kuahnya. Sedangkan isian dapat disempurnakan dengan daging kambing, wortel, kentang, tomat, serta daun bawang untuk menambah aroma santapan.

2. Sop kambing kuah susu

5 Kreasi Sop Kambing yang Bikin Terlena, Gak Pakai Santan!ilustrasi sop kambing kuah susu (freepik.com/jcomp)

Jika ingin menikmati makanan krimi tetapi enggan menggunakan santan, maka bahan alternatif yang sukses memikat lidah untuk dimaksimalkan bersama daging kambing bukan lain adalah susu cair.

Bumbu halus untuk membuat makanan ini terdiri dari bawang-bawangan, jahe, ketumbar, lada, dan perasa. Kemudian siapkan juga daging kambing, serai, daun salam, lengkuas, kentang, tomat, serta susu cair sebagai bahan pelengkap.

3. Asem-asem daging kambing

5 Kreasi Sop Kambing yang Bikin Terlena, Gak Pakai Santan!ilustrasi asem-asem sop kambing (freepik.com/KamranAydinov)

Penganan yang satu ini bakal sukses bikin lidah sulit berhenti mengunyah, lantaran makanan tersebut mengandung sensasi asam dan gurih yang pas kalau dinikmati bersama nasi hangat dan kerupuk.

Hidangan bernama asem-asem kambing ini dibuat dari bahan dasar berupa aneka bawang, cabai, jahe, kunyit, lengkuas, serai, bumbu penyedap, serta sumber perasa dari belimbing wuluh dan air asam jawa untuk membuat daging kambing makin yahud.

Baca Juga: 5 Olahan Daging Kambing Khas Afrika Selatan, Rasanya Paling Favorit!

4. Marak kambing

5 Kreasi Sop Kambing yang Bikin Terlena, Gak Pakai Santan!ilustrasi marak kambing (freepik.com/timolina)

Marak kambing menjadi sop berikutnya yang bebas dari santan tetapi punya rasa tak kalah juara. Karakteristik masakan ini terletak pada kuahnya yang kekuningan namun ada sensasi menyegarkan yang berasal dari bumbu halus yang digunakan.

Terdapat pemakaian bawang, jahe, ketumbar, lengkuas, kunyit, merica, hingga jintan yang dihaluskan. Sementara isiannya terdiri dari daging kambing, tomat, minyak samin, bawang bombai, kapulaga, cengkih, kayu manis, dan jangan lupa sajikan bersama jeruk nipis.

5. Tongseng kambing

5 Kreasi Sop Kambing yang Bikin Terlena, Gak Pakai Santan!ilustrasi tongseng kambing (freepik.com/freepik)

Gak perlu pakai santan, alternatif masakan serba daging kambing kali ini akan dibuat sebagai tongseng yang nikmat dan gurih. Penganan andalan yang cocok disajikan hangat-hangat bersama nasi putih.

Isian dari tongseng dapat berupa daging kambing dan wortel. Sementara bahan-bahan yang diperlukan gak jauh dari penggunaan kunyit, jahe, lengkuas, daun salam, daun jeruk, gula merah, bawang-bawangan, serta cabai.

Mengolah daging kambing memang pas sekali kalau dibuat menjadi sop. Belum lagi jika kreasi sop kambing tersebut diolah tanpa santan, sudah pasti kamu bakal ketagihan karena rasanya jadi lebih ringan sekaligus menyegarkan.

Baca Juga: 7 Ide Olahan Daging Kambing Antimainstream Rayakan Idul Adha

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya