Comscore Tracker

5 Kreasi Steak Tuna Menggugah Selera, Enak dan Bikin Kenyang

Yuk coba buat salah satunya

Tuna merupakan salah satu ikan laut yang terkenal akan segudang manfaat baik bagi tubuh manusia, beberapa di antaranya dikarenakan ikan ini mengandung omega 3 dan magnesium tinggi.

Ikan tersebut kerap kali diolah dengan bermacam-macam cara, sehingga rasa daging yang condong terhadap gurih ini dapat tersaji sempurna ketika dikonsumsi, baik dengan pendamping lain ataupun tidak.

Nah, berikut ini terdapat lima sajian dari ikan tuna yang diolah menjadi steak dengan berbagai cara dan pendamping yang patut untuk kamu coba. Apa saja hidangan yang dimaksud?

1. Ahi tuna steaks

5 Kreasi Steak Tuna Menggugah Selera, Enak dan Bikin Kenyangilustrasi ahi tuna steak (unsplash.com/Mgg Vitchakorn)

Ahi tuna merupakan sebutan bagi salah satu jenis tuna sirip kuning yang dikenal karena memiliki rasa lebih gurih dan nikmat, bahan baku tersebut umumnya kerap dimasak dengan cara dijadikan steak.

Hidangan tersebut pun biasanya akan melalui proses pembakaran atau pemanggangan dengan durasi yang tidak lama, sehingga daging ikan tetap lezat saat dinikmati meskipun hanya setengah matang.

2. Sesame crusted tuna steaks

5 Kreasi Steak Tuna Menggugah Selera, Enak dan Bikin Kenyangilustrasi sesame crusted tuna steak (thespruceeats.com/Victoria Heydt)

Hidangan steak tuna yang satu ini memiliki perpaduan tekstur yang lengkap disertai aroma yang tidak kalah sedap, akibat penggunaan berbagai jenis biji wijen yang membaluri ikan tuna selagi dimasak.

Wijen tersebut akan dicampur bersama bumbu marinasi dari steak, seperti wijen hitam dan putih, lada hitam, sampai soy sauce. Selain itu, sesame crusted tuna steak bisa disajikan bersama wasabi agar kian nikmat.

3. Tuna steak salad

5 Kreasi Steak Tuna Menggugah Selera, Enak dan Bikin Kenyangilustrasi tuna steak salad (unsplash.com/Jennifer Burk)

Olahan steak tuna yang satu ini terbilang lengkap, karena kamu bebas menata kandungan vitamin, lemak, dan protein sesuka hati dalam semangkuk salad. Beberapa di antaranya adalah selada, wortel, edamame, sampai irisan alpukat.

Steak bisa memperkaya manfaat sekaligus membantu kamu agar kenyang lebih lama. Bila suka, berikan pula aneka dressing agar semua komponen menyatu sempurna ketika dikunyah.

Baca Juga: 5 Olahan Sedap dari Tuna Kaleng ala Korea Selatan, Menggugah Selera!

4. Garlic herbed tuna steak

5 Kreasi Steak Tuna Menggugah Selera, Enak dan Bikin Kenyangilustrasi garlic herb tuna steak (tasteofhome.com)

Khusus bagi kamu yang menyukai sentuhan rasa dan aroma bawang putih dalam suatu masakan, maka sajian garlic herbed tuna steak ini bisa menjadi pilihan terbaik untuk meningkatkan nafsu makan.

Komponen tambahan berupa bawang putih, daun timi, serta garam dan lada, bisa dipakai sebagai bumbu marinasi untuk steak tuna tersebut. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan aneka sayur sebagai pendamping makanan.

5. Teriyaki tuna steak

5 Kreasi Steak Tuna Menggugah Selera, Enak dan Bikin Kenyangilustrasi teriyaki tuna steak (unsplash.com/amirali mirhashemian)

Saus teriyaki merupakan salah satu komponen wajib dalam aneka masakan Jepang, terutama yang berkaitan dengan olahan yang dipanggang, baik itu daging sapi, ayam, hingga sekelas ikan tuna pun dapat dimasak dengan nikmat memakai bahan tersebut.

Memasak steak menggunakan saus teriyaki akan membuat rasa daging ikan semakin kaya bumbu dan tentunya tidak monoton.

Nah, itulah kelima kreasi ikan tuna yang diolah menjadi stik untuk inspirasi masakan nikmat di rumah. Apakah kamu tertarik mencobanya?

Baca Juga: Ada Sate Tuna, Ini 9 Kuliner Khas Gorontalo yang Terkenal Lezat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya