Comscore Tracker

5 Kue Cantik Khas Rusia yang Cocok untuk Teman Nyemil dan Ide Jualan!

Ada kue kubah yang bikin pencinta coklat susah nolak lho!

Kue manis menjadi salah satu kudapan yang tidak pernah habis dalam pembahasan, bahkan hampir setiap negara memiliki jagoannya tersendiri untuk dipasarkan ke mancanegara sebagai kue khas negara mereka.

Bila Indonesia memiliki sajian kue manis yang melimpah, mulai dari jajanan tradisional sampai kue hantaran, maka kali ini kudapan serupa datang dari negeri beruang merah, Rusia.

Siapa sangka ternyata Rusia juga mempunyai kue-kue khas yang muncul sebagai sajian tradisional sampai modern yang bisa menjadi inspirasi bagi kamu untuk mengolah hidangan baru, membeli oleh-oleh, sampai bisa dijadikan ide jualan kekinian. Lima di antara sajian tersebut ialah sebagai berikut.

1. Medovik

5 Kue Cantik Khas Rusia yang Cocok untuk Teman Nyemil dan Ide Jualan!blog.russianfoodusa.com

Jika Indonesia memiliki kue lapis sebagai salah satu penganan manis yang menjadi oleh-oleh wajib bagi para pelancong, maka Rusia juga memiliki medovik. Hidangan ini adalah kue lapis yang dibuat dengan bahan dasar madu dan didapuk sebagai kue khas dari Rusia.

Tampilannya sendiri sangat cantik karena warna dasar kue yang hampir sama dengan madu disertai lapisan krim kental di setiap lapisan kue membuat hidangan ini semakin menggugah selera, belum lagi topping buah yang ditaruh pada bagian atas di mana kreativitas tersebut memiliki nilai tambahan dalam penyajiannya.

2. Korolevsky

5 Kue Cantik Khas Rusia yang Cocok untuk Teman Nyemil dan Ide Jualan!sbs.com.au

Korolevsky adalah kue klasik yang sudah ada sejak periode kekaisaran di Rusia, oleh sebab itu korolevsky disebut juga sebagai king's cake atau kue raja. Hidangan ini sendiri merupakan bolu yang terdiri dari lapisan-lapisan cake berukuran besar, setiap lapisan akan terdiri dari rasa bolu yang berbeda-beda.

Ada bolu yang dicampur dengan poppy seed atau biji poppy, bolu cokelat, dan bolu yang dimasak dengan kacang kenari. Ketiga kue tersebut kemudian ditumpuk menjadi satu untuk kemudian disiram oleh lelehan coklat pada bagian atasnya.

Baca Juga: 7 Ragam Kue Jadul dari Kelapa Parut Khas Indonesia yang Rasanya Gurih

3. Pancho

5 Kue Cantik Khas Rusia yang Cocok untuk Teman Nyemil dan Ide Jualan!rbth.com/Vasilisa Malinka

Pancho menjadi salah satu makanan manis asal Rusia yang mulai populer sejak tahun 2000an, kue ini umumnya adalah percampuran antara sponge cake dengan coklat. Bentuknya yang unik menyerupai kubah membuat pancho jadi semakin terlihat cantik.

Selain itu komponen kue juga diperbanyak oleh sour cream, yakni krim bercita rasa masam yang semakin saklek saat digabungkan bersama manisnya sponge cake vanilla dan cokelat yang ada di dalamnya. 

4. Gorka

5 Kue Cantik Khas Rusia yang Cocok untuk Teman Nyemil dan Ide Jualan!youtube.com/leckerschmecker

Salah satu kue unik khas tradisional Rusia lainnya dikenal dengan sebutan monastyrskaya, gorka, atau little hill cake. Penamaan tersebut bukan tanpa sebab, hal ini didasarkan oleh sajian yang memiliki bentuk mengerucut serupa piramida atau bukit dengan setiap bagian kue yang memiliki warna merah menyala.

Kue tersebut dibentuk menggunakan kulit pastry, sementara bagian isinya ditambahkan dengan ceri asam atau selai lainnya. Kue lalu ditumpuk dengan jumlah paling banyak di bagian bawah, semakin atas maka jumlah akan semakin sedikit.

5. Sharlotka

5 Kue Cantik Khas Rusia yang Cocok untuk Teman Nyemil dan Ide Jualan!azcookbook.com/Greg Seber

Sharlotka merupakan tipikal kue bolu ringan dengan potongan apel di bagian dalam, tekstur kue ini agak kasar dengan rasa buah yang sangat tajam. Di negeri asalnya, kue apel ini biasa dijadikan sebagai hidangan penutup dengan potongan-potongan kecil.

Bagian atas kue biasanya akan dibubuhi gula halus agar rasa sharlotka semakin manis, serta penggunaan buah apel lebih umum memakai jenis granny smith, jenis apel berkulit hijau yang memiliki rasa agak asam menyegarkan.

Nah, itu dia kelima hidangan manis yang berasal dari Rusia, melimpahnya hidangan unik dari berbagai negara bisa dimanfaatkan ke dalam kegiatan positif seperti misalnya jastip oleh-oleh, sekadar mengolah camilan untuk keluarga, dan ide jualan untuk toko kue milikmu sendiri.

Baca Juga: 10 Kue Klasik Nikmat Ini Populer sejak Masa Penjajahan 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya