Comscore Tracker

5 Lauk Makan dengan Bumbu Cabai Rawit, Nafsu Makan Meningkat!

Cocok buat ide menu lauk makan hari ini

Cabai rawit jadi salah satu bahan favorit untuk menyumbang rasa pedas terhadap masakan. Setiap jenis cabai memiliki kadar kepedasan berbeda, sehingga bisa disesuaikan dengan kesukaan kamu dan keluarga.

Di Indonesia, penggunaan cabai sudah cukup sering digunakan untuk aneka lauk masak tertentu. Lima di antaranya dapat kamu temukan di sini untuk inspirasi menu makan siang hari ini. Dijamin bikin nafsu makan makin kalap!

1. Cumi asin cabai rawit

5 Lauk Makan dengan Bumbu Cabai Rawit, Nafsu Makan Meningkat!ilustrasi cumi asin cabe rawit (pexels.com/Naim Benjelloun)

Kalau cumi asin cabai ijo sudah cukup melekat di lidah sebagian masyarakat, namun tidak cukup pedas buat kamu, gunakan cabai rawit. Tenang, kepedasannya bakal sesuai dengan ekspektasimu, kok.

Penggunaan cabai tersebut dapat dipadukan dengan bawang-bawangan untuk kemudian dihaluskan bersama. Selanjutnya, tumis bahan sampai harum. Masukan cumi asin, air, dan biarkan sampai sebagian airnya susut.

2. Ayam kukus cabai rawit

5 Lauk Makan dengan Bumbu Cabai Rawit, Nafsu Makan Meningkat!ilustrasi ayam kukus cabe rawit (unsplash.com/Louis Hansel)

Ayam gak harus dimasak dengan cara digoreng, ada metode yang jauh lebih sehat dan bikin tambah empuk, seperti dikukus. Tenang saja, ayam tidak akan terasa hambar apalagi kalau sudah dibumbui memakai cabai rawit.

Seperti biasa, diperlukan bumbu halus dari bawang-bawangan dan cabai rawit yang dihaluskan, serta tambahan komponen lainnya. Kemudian, balurkan seluruh bumbu ke dalam ayam dan kukus sampai daging tersebut matang dengan baik.

3. Ikan cabai rawit

5 Lauk Makan dengan Bumbu Cabai Rawit, Nafsu Makan Meningkat!ilustrasi ikan cabe rawit (unsplash.com/Xiong Gordon)

Ikan juga ternyata memiliki ragam variasi yang bikin kamu ketagihan. Bahkan gak harus dimasak memakai ikan mahal, ikan kembung atau nila pun bisa kamu buat enak menggunakan bumbu cabai pedas.

Biasakan untuk membersihkan ikan dengan baik, lalu baru digoreng. Kemudian, buat bumbunya dengan cara mengiris cabai, bawang, dan tomat. Tumis dan beri sedikit air. Tambahkan ikan yang telah digoreng, lalu aduk sampai merata.

Baca Juga: 5 Lauk Makan Praktis yang Perlu Ditambahi Bumbu Kecap, Tambah Lezat!

4. Telur ceplok bumbu rawit

5 Lauk Makan dengan Bumbu Cabai Rawit, Nafsu Makan Meningkat!ilustrasi telur ceplok bumbu rawit (unsplash.com/Guillermo Nolasco)

Menu selanjutnya yang tidak luput dari campuran bumbu cabai rawit sedap adalah telur ceplok. Hidangan berbahan dasar telur ayam yang digoreng dengan menggunakan lada atau garam saja ini sudah enak.

Tentunya, pengolahan seperti itu sudah sering dijumpai. Namun bakal lebih seru lagi, kalau sudah menyertakan bumbu pedas dari cabai rawit, cabai merah, dan bawang-bawangan. Masak adonan, lalu berikan sedikit air sebelum memasukkan telur ke dalamnya.

5. Kangkung cabai rawit

5 Lauk Makan dengan Bumbu Cabai Rawit, Nafsu Makan Meningkat!ilustrasi kangkung cabe rawit (pixabay.com/Jason Goh)

Macam-macam tumis sayur di Indonesia tidak pernah pelit bumbu. Meskipun diolah secara sederhana, namun rasa yang dihasilkan begitu memanjakan lidah. Seperti dalam pengolahan tumis kangkung.

Tidak memerlukan bumbu yang sulit, bermodalkan bawang merah, bawang putih, cabai merah, dan cabai rawit, kamu sudah bisa membuat bumbu istimewa untuk dimasak bareng kangkung serta perasa. Rasa pedasnya pun menempel di lidah.

Cabai rawit sudah menjadi salah satu bahan yang tak dapat dipisahkan dari lidah masyarakat Indonesia. Berbagai cara dilakukan untuk menciptakan masakan yang meningkatkan nafsu makan, seperti lima lauk di atas. Yuk, cobain!

Baca Juga: 5 Masakan dari Cabai Pisang untuk Hasilkan Sensasi Pedas Manis

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya