Comscore Tracker

5 Camilan dari Lemak Kakao, Gurih dan Aromanya Nikmat

Bisa memberikan rasa dan aroma yang nikmat, lho!

Cocoa butter atau disebut juga sebagai lemak kakao merupakan bahan baku yang diekstrak dari biji kakao dengan bentuk menyerupai mentega. Biasanya kandungan ini ditemukan dalam produk makanan atau kecantikan.

Namun, keberadaan lemak kakao ini akan membantu untuk membangkitkan aroma cokelat yang meningkatkan selera makan. Terlebih jika diterapkan dalam deretan makanan yang ada di dalam daftar berikut.

1. Kukis lemak kakao

5 Camilan dari Lemak Kakao, Gurih dan Aromanya Nikmatilustrasi kukis lemak kakao (unsplash.com/amirali mirhashemian)

Cacao butter menjadi teman yang pas untuk disantap dalam sepotong kukis. Kreasi makanan renyah dengan aneka rasa manis ini membuat kamu dapat menikmati waktu santai ditemani teh atau kopi.

Penggunaan bahan-bahan dalam pembuatan kukis lemak kakao sama saja dengan santapan sejenis. Hanya saja, alih-alih memakai bubuk cokelat, kamu bisa menggunakan cacao butter dan chocochips.

2. Bola lemak kakao

5 Camilan dari Lemak Kakao, Gurih dan Aromanya Nikmatilustrasi bola lemak kakao (unsplash.com/Dessy Dimcheva)

Kreasi camilan simpel berbentuk bola-bola ini sudah menjadi bagian penting dalam pembuatan makanan ringan sehari-hari. Rasanya manis dan memiliki tekstur lembut, sehingga mudah meleleh di mulut.

Komposisi pembuatannya bisa dipenuhi dengan cokelat. Namun dengan adanya lemak kakao, maka bahan lama dapat digantikan. Kemudian lengkapi memakai kacang kenari halus dan kurma sebagai pemanis.

3. Kue lemak kakao

5 Camilan dari Lemak Kakao, Gurih dan Aromanya Nikmatilustrasi kue lemak kakao (unsplash.com/Food Photographer | Jennifer Pallian)

Lemak kakao dapat memberikan sensasi rasa yang tidak kalah enak terhadap olahan kue. Bahkan bisa juga dikombinasikan bersama bubuk cokelat supaya rasa dan aromanya jadi terasa lebih tajam.

Gak cuma dimasukan ke dalam adonan kue. Melainkan cocoa butter pun bisa digunakan untuk membuat frosting, lengkap dengan minyak sayur dan cocoa powder. Maka dari itu, kudapan dapat tampil berbeda.

Baca Juga: Unik, Cokelat Ini Warnanya Pink dan Dibuat dari Biji Kakao Asli!

4. Lemak kakao cokelat bark

5 Camilan dari Lemak Kakao, Gurih dan Aromanya Nikmatilustrasi lemak kakao cokelat bark (unsplash.com/Pavel Subbotin)

Melakukan proses pembuatan makanan menjadi bark adalah suatu hal yang menyenangkan. Sebab bahan-bahan cair yang telah dimasak dan mengeras, perlu dipecahkan supaya lebih gampang untuk dicicipi.

Dalam hal ini, kamu bisa menggunakan lemak kakao, bubuk cokelat, dan sirup maple. Sedangkan isian dalam sajian ini memerlukan komponen seperti biji-bijian, kacang, buah kering, sampai parutan kelapa.

5. Lemak kakao cupcake

5 Camilan dari Lemak Kakao, Gurih dan Aromanya Nikmatilustrasi lemak kakao cupcake (unsplash.com/Melissia Suares)

Kreasi lemak kakao terakhir sangat direkomendasikan dalam proses pembuatan cupcake. Sebab perpaduan rasa dan aroma yang seimbang akan membuat kudapan cantik ini terasa lebih maksimal.

Nah, lemak kakao dapat dicampurkan ke dalam adonan utama. Lengkap bersama tepung terigu, bubuk pengembang, soda kue, telur, krim, dan pemanis. Tuang adonan dalam cetakan, lalu panggang.

Lemak kakao menjadi bahan penting yang dapat digunakan dalam beragam keperluan. Begitu pun dengan industri kuliner sehingga lima santapan di atas dapat dimasak dengan maksimal.

Baca Juga: 5 Menu Lezat Berbahan Bubuk Kakao, Berminat Mencicipinya?

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya