Comscore Tracker

5 Macam Salad Dressing ala Jepang, Ada Wafu hingga Wasabi

Bikin salad apa pun terasa lebih enak dan menyegarkan

Jepang dikenal sebagai negara dengan makanan-makanan yang unik. Selain hidangan utama, ternyata pendampingnya pun tidak kalah menarik. Salah satunya salad dressing dengan bahan-bahan khas Negeri Sakura.

Buat kamu yang merupakan pencinta salad dan ingin menemukan dressing yang tepat, berikut ini lima referensi salad dressing yang bisa kamu coba buat di rumah menggunakan bahan-bahan unik.

1. Wafu dressing 

5 Macam Salad Dressing ala Jepang, Ada Wafu hingga Wasabiilustrasi wafu dressing salad (unsplash.com/benjamin lehman)

Wafu dressing merupakan salad dressing yang sangat populer di Jepang. Olahan ini kerap ditemukan dalam berbagai sajian salad dengan bermacam-macam isian.

Wafu dressing ini memerlukan beberapa bahan. Beberapa di antaranya adalah parutan bawang bombay, kecap asin, minyak, lada, cuka beras, biji wijen panggang, sampai gula sebagai perasa.

2. Carrot ginger dressing 

5 Macam Salad Dressing ala Jepang, Ada Wafu hingga Wasabiilustrasi salad sayur dengan dressing ala jepang (pexels.com/Kasumi Loffler)

Salad dressing satu ini sangat umum ditemukan di restoran Jepang yang menyajikan salad. Dressing ini merupakan kombinasi antara jahe, wortel, dan bawang bombay yang membuat rasanya jadi unik dan beraroma.

Bahan-bahan yang digunakan dalam membuat carrot ginger dressing ini di antaranya bawang bombay, miso, gula, lada, jahe, wortel, minyak, minyak wijen, cuka beras. Salad dressing ini perlu dimaksimalkan dengan garam supaya rasanya makin pas.

Baca Juga: Resep Salad Bayam Apel, Salad Renyah Cocok untuk Diet

3. Sesame salad dressing 

5 Macam Salad Dressing ala Jepang, Ada Wafu hingga Wasabiilustrasi sesame salad dressing (unsplash.com/logan jeffrey)

Jepang juga terkenal akan salad dressing-nya yang dibuat menggunakan biji wijen. Aroma dan rasanya yang cukup tajam membuat dressing ini begitu disukai. Biasanya salad dressing ini ditambahkan ke berbagai olahan salad supaya menggugah selera.

Pembuatan sesame dressing ini didukung oleh biji wijen yang sudah dipanggang, mayones jepang, kecap asin, cuka beras, gula, dan minyak wijen. Perpaduan komponen tersebut menghasilkan harum yang menggoda.

4. Miso ginger dressing 

5 Macam Salad Dressing ala Jepang, Ada Wafu hingga Wasabiilustrasi miso ginger dressing salad (unsplash.com/Dovile Ramoskaite)

Buat kamu yang mencari dressing manis dan asin, dengan wangi menggugah selera, miso ginger dressing ini dapat menjadi alternatif. Ini bisa digunakan untuk menemani olahan salad favorit kamu di rumah.

Seperti namanya, miso menjadi bahan utama dalam proses pembuatan dressing tersebut. Nantinya bahan tersebut ditambahi jahe, kecap asin, cuka beras, air, dan minyak wijen supaya makin harum.

5. Wasabi dressing

5 Macam Salad Dressing ala Jepang, Ada Wafu hingga Wasabiilustrasi salad wasabi dressing (unsplash.com/Travis Yewell)

Wasabi menjadi bahan pendamping yang biasa kamu temukan dalam aneka olahan ala Jepang. Rasanya yang agak pedas dan unik membuat wasabi juga bisa diadaptasi menjadi dressing.

Salad dressing tersebut dibuat dengan campuran pasta wasabi, kecap asin, minyak, air lemon, dan tambahan gula untuk memaksimalkan rasa. Setelah itu, kamu bisa langsung menggunakan dressing untuk ditambahkan ke aneka macam salad.

Keberadaan salad dressing ala Jepang ini dapat ditambahkan ke dalam aneka macam kreasi salad yang kamu buat di rumah. Rasanya akan maksimal, harum, dan sedap, terutama ketika disajikan dengan bahan-bahan yang fresh.

Baca Juga: 5 Dressing Salad Homemade, Gampang dan Kaya Nutrisi

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya