Comscore Tracker

5 Makanan ala Korea Selatan dari Bayam, Biar Semangat Konsumsi Sayur

Tampilannya sangat menarik disertai rasa yang yummy

Bayam menjadi salah satu sayuran yang mengandung zat besi, sehingga baik dikonsumsi untuk kesehatan tubuh. Sayuran hijau ini bisa diolah dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan inspirasi masakan Korea Selatan.

Sensasi rasa yang berbeda didukung oleh penampilan menarik, membuat bayam jadi cocok sekali untuk dijadikan lauk makan. Belum lagi apabila kamu dan keluarga sulit untuk mengonsumsi sayur, lima olahan ini bisa dicoba sebagai cara menikmati bayam dengan enak dan menarik. Simak sampai tuntas, ya!

1. Sigeumchi namul 

5 Makanan ala Korea Selatan dari Bayam, Biar Semangat Konsumsi Sayurilustrasi sigeumchi namul (pixabay.com/eunyoung LEE)

Masakan pertama yang bisa dibuat menggunakan bayam dikenal dengan nama sigeumchi namul. Hidangan ini masuk ke dalam kategori lauk pendamping yang bisa dinikmati bareng nasi dan juga lauk makan lainnya.

Proses pembuatan sigeumchi namul sangat mudah, karena kamu memerlukan bayam yang direbus selama beberapa detik, kemudian rendam di air dingin dan peras airnya. Sajikan bersama bumbu dari soy sauce, minyak wijen, biji wijen, serta bawang-bawangan.

2. Bibimbap sesame spinach 

5 Makanan ala Korea Selatan dari Bayam, Biar Semangat Konsumsi Sayurilustrasi bibimbap sesame spinach (pixabay.com/oldlane)

Pada masakan yang kedua, sajian yang satu ini cukup populer di berbagai tradisi masakan ala Korea Selatan, karena disusun atas nasi yang dipenuhi oleh lauk-pauk yang cukup lengkap. Mulai dari daging-dagingan, telur, sampai sayuran segar.

Karena isian yang lengkap ini, hidangan mampu membuat kenyang. Terutama komposisi didukung oleh penggunaan bayam rebus, dimana nantinya airnya perlu ditiriskan dan dibumbui menggunakan minyak wijen, garam, bawang putih serta biji wijen.

3. Salad bayam korea 

5 Makanan ala Korea Selatan dari Bayam, Biar Semangat Konsumsi Sayurilustrasi salad bayam korea (pixabay.com/Paramjeet Singh)

Bayam juga bisa dijadikan salah satu penunjang salad ala Korea yang tidak kalah nikmat dan juga mengenyangkan. Sajian ini cocok sekali untuk kamu yang ingin menikmati sayur tetapi rasa dan penampilannya juga sama-sama menarik.

Selain bayam, diperlukan juga tambahan isian dari taoge, telur, hingga water chestnut. Kemudian bumbu dari salad tersebut dapat didukung oleh penggunaan minyak kanola, cuka putih, aneka macam bawang, dan bumbu perasa lainnya.

Baca Juga: 5 Makanan Korea dengan Daun Perilla, Aromanya Menggoda

4. Klasik kimbap    

5 Makanan ala Korea Selatan dari Bayam, Biar Semangat Konsumsi Sayurilustrasi klasik kimbap (pixabay.com/junghoyoung4)

Masakan selanjutnya yang juga tidak kalah populer dalam olahan ala Korea Selatan dikenal dengan nama kimbab. Sajian ini sekilas tampak mirip dengan sushi, namun isian dan tekstur makanan tersebut cenderung berbeda, serta bisa dibuat dengan lebih sederhana.

Selain memerlukan rumput laut kering dan nasi, isian yang disertakan dalam kimbab cukup variatif. Sebab sebagian isinya didominasi oleh sayur, seperti bayam, wortel, dan acar. Kemudian sumber proteinnya didapat dari irisan daging serta telur yang sudah didadar.

5. Japchae bayam   

5 Makanan ala Korea Selatan dari Bayam, Biar Semangat Konsumsi Sayurilustrasi japchae bayam (pixabay.com/cjoung6728)

Japchae adalah salah satu olahan mi yang begitu populer di tengah masyarakat Korea Selatan. Hidangan tersebut juga disukai oleh beberapa negara tetangga, termasuk Indonesia, karena rasanya yang sangat unik dan juga bikin kenyang.

Japchae sendiri dibuat menggunakan mi transparan yang nantinya akan dicampur bareng aneka macam isian, beberapa di antaranya bisa didukung oleh penggunaan bayam. Lalu ada jamur, daging, dan wortel yang mampu membuat tekstur dari makanan ini kian ramai.

Mengolah bayam menjadi sajian menarik ternyata tidak harus selalu berkaitan dengan makanan berkuah. Buktinya kamu bisa menyulap bahan tersebut jadi lima santapan serba Korea Selatan yang tidak kalah nikmat. Yuk, bikin! Biar kamu lebih semangat untuk mengonsumsi sayuran.

Baca Juga: 9 Hidangan Korea yang Dibuat dengan Sayuran Khas Musim Semi, Segar!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya