Comscore Tracker

5 Makanan Populer dengan Sukade, Manisan Wajib Para Pembuat Kue

Hidangan bakal nikmat dalam sekejap!

Sukade adalah produk populer di dunia kuliner yang terbuat dari manisan kulit jeruk. Bentuknya cenderung kecil-kecil dan memiliki warna variatif. Penggunaan sukade sangat terkenal sebagai penambah rasa bagi aneka kue atau kudapan manis.

Beragam makanan enak bisa dipadukan dengan sukade, lho. Kamu bisa menemukan sukade dikombinasikan dengan kelima makanan berikut ini.

1. Bolu jadul sukade 

5 Makanan Populer dengan Sukade, Manisan Wajib Para Pembuat Kueilustrasi bolu jadul sukade (pixabay.com/Varintorn Kantawong)

Membahas soal sukade, hidangan pertama yang paling sering dibuat menggunakan manisan ini adalah bolu jadul. Rasanya benar-benar legendaris dan bikin siapa pun ketagihan saat menikmatinya. Terlebih karena sukade mampu menyumbang tekstur unik.

Pembuatan bolu sukade sendiri dilakukan sangat telaten, yakni dengan mengelompokan bahan-bahan ke dalam beberapa tahap. Margarin bersama gula halus, kuning telur disertai gula pasir, tepung terigu yang diayak bersama susu bubuk, hingga adonan putih telur.

2. Kukis sukade 

5 Makanan Populer dengan Sukade, Manisan Wajib Para Pembuat Kueilustrasi kukis sukade (pixabay.com/gaurav tiwari)

Ingin membuat kukis praktis dengan bahan yang simpel? Sajian ini sangat disarankan untuk kamu jadikan ide camilan atau modal jualan yang menarik. Terutama karena ada penggunaan sukade yang bikin tambah cantik.

Bahan-bahan utama lainnya yang perlu dipersiapkan untuk membuat kukis sukade adalah tepung terigu, maizena, margarin atau mentega, kuning telur, susu dan gula bubuk. Campur dengan sukade untuk menghasilkan kukis manis dan bikin ketagihan.

3. Puding sukade 

5 Makanan Populer dengan Sukade, Manisan Wajib Para Pembuat Kueilustrasi puding sukade (pixabay.com/Kacper Lawiński)

Bukan cuma aneka kue populer seperti di atas, makanan ringan yang ekonomis untuk diolah seperti puding juga tidak mau ketinggalan. Bahkan, keberadaan sukade di dalam makanan ini bakalan mengubah sajian semakin mewah, lho.

Penggunaan sukade dalam puding tidak mengubah proses pemasakan sama sekali. Kamu tetap bisa menggunakan agar-agar kesukaan, santan, pandan, gula pasir, dan air untuk memasak. Bila diperlukan, tambah juga pewarna makanan di dalam adonan.

Baca Juga: Resep Bikin Bolu Pandan Sukade, Camilan Empuk buat Teman Ngeteh

4. Pukis sukade 

5 Makanan Populer dengan Sukade, Manisan Wajib Para Pembuat Kueilustrasi pukis sukade (Yummy/Nofrita Ningtyas)

Untuk sajian satu ini, kamu biasa mengenalnya sebagai jajanan khas Indonesia yang berbentuk setengah lingkaran. Kepopuleran pukis kemudian melahirkan ragam kreasi rasa yang bikin lidah sulit berhenti mengunyah. Salah satunya dengan tambahan sukade.

Komposisi dalam adonan pukis bisa mencampur tepung terigu, ragi, air hangat, mentega, susu bubuk, telur, dan gula pasir. Memasak pukis pun memerlukan cetakan khusus biar hasil akhir makanan jadi terasa semakin maksimal.

5. Roti sukade

5 Makanan Populer dengan Sukade, Manisan Wajib Para Pembuat Kueilustrasi roti sukade (pixabay.com/kakuko)

Buat kamu yang gemar membuat roti homemade, jadikan roti sebagai bahan untuk dikombinasikan bersama sukade. Roti yang cenderung kosong bisa jadi semakin berwarna berkat bahan ini.

Tinggal campurkan sukade bersama adonan yang terdiri dari tepung terigu, ragi, telur, susu bubuk, gula pasir, hingga penggunaan margarin untuk membuat roti jadi kalis. Bentuk sesuka hati, lalu panggang roti selama beberapa saat hingga mengembang.

Sukade menjadi bahan penting di dalam proses masak-memasak, terutama aneka hidangan manis. Membuatnya menjadi lima hidangan di atas adalah referensi terbaik yang bisa kamu sontek untuk dibuat sendiri di rumah.

Baca Juga: Resep Bolu Gulung Pandan Tanpa Oven, Cara Buatnya Gampang!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya