Comscore Tracker

5 Makanan Simpel ala Korea Selatan, Cuma Modal Rumput Laut Kering

Cocok dibuat bekal praktis yang enak

Siapa bilang kalau membuat makanan Korea Selatan cuma bisa didukung oleh bahan-bahan mahal dan eksklusif. Itu artinya kamu belum berkenalan dengan aneka hidangan yang dibuat bareng rumput laut kering atau gim ini.

Gak aneh-aneh, kamu bisa membuat lima olahan dari rumput lain kering yang bisa dijadikan menu bekal, ide makan siang, atau pengganjal lapar di malam hari. Semuanya enak dan bikin kenyang!

1. Gimmari 

5 Makanan Simpel ala Korea Selatan, Cuma Modal Rumput Laut Keringilustrasi gimmari (yummy.co.id)

Gimmari adalah salah satu gorengan yang cukup populer di Korea Selatan dengan balutan rumput laut kering. Makanan ini digoreng menggunakan lapisan tepung terigu, sehingga memiliki tekstur lembut dan garing.

Proses pembuatan gimmari didukung oleh penggunaan bihun dan bumbu yang dilengkapi minyak wijen, kecap asin, dan bumbu perasa. Setelah adonan digulung, kamu bisa mencelupkan bahan tersebut ke dalam tepung basah dan kering, lalu dimasak. 

2. Jumeokbap 

5 Makanan Simpel ala Korea Selatan, Cuma Modal Rumput Laut Keringilustrasi jumeokbap (pixabay.com/sanghyuk cho)

Bukan cuma Indonesia yang kerap kali menikmati nasi dengan bentuk bulatan yang disertai garam. Namun, Korea Selatan pun Memiliki makanan berbentuk serupa yang dikenal dengan sebutan jumeokbap.

Untuk bisa membuat makanan yang satu ini, kamu memerlukan nasi hangat yang dicampur kecap asin dan minyak wijen. Kemudian, berikan irisan nori ke dalamnya dan bentuk menjadi bulat-bulat agar lebih menarik untuk dimakan.

3. Kimbap 

5 Makanan Simpel ala Korea Selatan, Cuma Modal Rumput Laut Keringilustrasi kimbap (pixabay.com/serenity_g)

Bicara soal makanan asal Korea Selatan yang dibalut menggunakan bantuan dari rumput laut kering. Belum lengkap rasanya kalau tidak menghadirkan salah satu hidangan terkenal mereka yang disebut dengan kimbab.

Seperti diketahui, makanan ini memiliki kemiripan dengan olahan asal Jepang, sushi. Namun, isian dari kimbab sendiri didominasi oleh sayuran, seperti acar, wortel, dan bayam. Ada pula sumber protein dari lembaran daging sapi yang dimasak dan telur.

Baca Juga: 5 Makanan Korea yang Mudah Dimasak dengan Panci Presto 

4. Bokkeumbap 

5 Makanan Simpel ala Korea Selatan, Cuma Modal Rumput Laut Keringilustrasi bokkeumbap (pixabay.com/Sharon Ang)

Olahan ini menjadi salah satu makanan yang paling cocok dijadikan makanan utama. Bokkeumbap merupakan arti lain dari olahan nasi goreng, tapi dimasak bersama tambahan kimchi yang membuat rasanya jadi lebih nendang.

Selain penggunaan kimchi, ada juga tambahan dari irisan daging dan telur yang dimasak bersama bumbu dari cengkih bawang-bawangan, kecap asin, minyak wijen, saus tiram dan bumbu perasa. Sertakan rumput laut kering sebagai topping dari nasi goreng ini.

5. Gyeran mari      

5 Makanan Simpel ala Korea Selatan, Cuma Modal Rumput Laut Keringilustrasi gyeran mari (pixabay.com/Andy M.)

Khusus buat kamu yang sering menikmati olahan telur, jangan melewatkan salah satu sajian simpel asal Korea yang dikenal dengan nama gyeran mari. Hidangan ini merupakan dadar gulung yang dilipat dan dipotong-potong disertai aneka macam isian.

Biasanya, gyeran mari diisi menggunakan bahan-bahan berbeda, ada yang menggunakan campuran dari sayuran. Selain itu, ada pula yang memakai gim alias rumput laut kering.

Tinggal pecahkan telur dan kocok sambil diberi garam. Masak di atas wajan, lalu sisipkan rumput laut kering dan kemudian gulung agar bisa dipotong-potong setelah matang.

Ragam olahan asal Korea Selatan ternyata bisa juga didukung menggunakan rumput laut kering. Hidangan tersebut juga tidak kalah simpel dan bisa dijadikan inspirasi memasak buat kamu yang senang bereksperimen. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Fakta Gungjung Tteokbokki, Makanan Bangsawan Korea Zaman Dulu

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya