Comscore Tracker

5 Masakan Indonesia dari Perpaduan Nasi dan Teri yang Laris Manis

Nasi liwet belum lengkap bila tidak disajikan dengan teri

Teri adalah salah satu kelompok ikan asin dengan ukuran yang lebih kecil dan biasanya digoreng garing untuk teman makan bersama keluarga. Harga ikan teri bisa bervariasi, kadang terjangkau namun bisa juga melampaui harga daging ayam di pasaran.

Nah, teri menjadi salah satu lauk akrab yang cocok dijadikan teman untuk berbagai olahan nasi di Tanah Air, bukan cuma nasi putih biasa. Berikut ini terdapat lima sajian khas Indonesia dari campuran nasi dan teri yang nikmat disantap.

1. Nasi goreng teri

5 Masakan Indonesia dari Perpaduan Nasi dan Teri yang Laris Manisdapurkobe.co.id

Indonesia memiliki banyak sekali jenis nasi goreng, mulai dari versi polos sampai nasi goreng dengan aneka tambahan lauk. Beberapa olahan yang menjamur ialah nasi goreng seafood, daging, dan ikan asin.

Nah, khusus dalam olahan nasi goreng ikan asin, ada teri yang bisa membuat makanan menjadi lebih enak meskipun tidak semewah isian lainnya. Jangan lupa tambahkan telur agar makin komplit!

2. Nasi liwet teri

5 Masakan Indonesia dari Perpaduan Nasi dan Teri yang Laris ManisYouTube / Mama Adeeva

Nasi liwet merupakan olahan tradisional khas Nusantara yang biasanya dimasak menggunakan kastrol dan masih banyak digemari sampai saat ini, rasa masakan cenderung gurih dan harum akibat penggunaan dedaunan dalam proses pengolahan.

Namun, nasi liwet kurang lengkap bila tidak diisi dengan potongan pete dan teri yang dimasak bersama dengan nasi, keduanya mampu memberikan sentuhan berbeda dengan kenikmatan yang luar biasa.

Baca Juga: Resep Nasi Tutug Oncom, Olahan Nasi Khas Sunda yang Bikin Kangen

3. Nasi bakar teri

5 Masakan Indonesia dari Perpaduan Nasi dan Teri yang Laris ManisYouTube / Dapur Yanguti

Hidangan yang satu ini selalu menjadi kesukaan keluarga lantaran tidak cuma sederhana, tapi juga memiliki keharuman yang membuat keinginan untuk mengambil porsi ekstra jadi semakin meningkat.

Nasi bakar merupakan olahan yang dibungkus dengan aneka lauk dan dedaunan, untuk kemudian dimasak di atas bara api memakai daun pisang. Nasi bakar teri misalnya, selain ekonomis, rasa yang dihasilkan pun tidak kalah nikmat dengan isian lainnya.

4. Nasi uduk teri

5 Masakan Indonesia dari Perpaduan Nasi dan Teri yang Laris Manisyummy.co.id/Puspitasari Anggradewi

Di Indonesia, nasi uduk menjadi olahan yang kerap dijual untuk mengganjal perut sebagai menu sarapan praktis. Hanya ditemani gorengan dan kerupuk sudah membuat makanan ini menjadi tambah sedap.

Nasi uduk sendiri merupakan olahan beras yang dimasak dengan aneka bumbu dan santan untuk menambah rasa gurih. Salah satu varian nasi uduk yang bisa menjadi ide masakan di rumah adalah yang dimasak dan disajikan bersama ikan teri.

5. Nasi kucing dengan teri

5 Masakan Indonesia dari Perpaduan Nasi dan Teri yang Laris Manisdapurkepo.com

Nasi kucing adalah salah satu alternatif hidangan enak dan murah meriah yang cukup terkenal di sepanjang angkringan Jogja. Meskipun memiliki nama yang nyeleneh, akan tetapi olahan nasi kucing ini cukup lengkap.

Nasi biasanya dibungkus bersama aneka lauk pauk yang terdiri dari sambal, ikan asin, telur, dan aneka lauk ekonomis lain yang dibalut dalam daun pisang dengan porsi yang lebih sedikit. Salah satu pendampingnya yang terkenal adalah ikan teri.

 

Itulah kelima olahan dari perpaduan ikan teri dan nasi yang cukup populer di Indonesia, kalau kamu sendiri biasanya menikmati ikan berukuran kecil ini dengan cara yang mana?

Baca Juga: 6 Resep Olahan Ikan Teri yang Praktis, Pas Buat Stok Lauk!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya