Comscore Tracker

5 Ide Membuat Masakan Jepang dari Crab Stick Ekonomis

Gak kalah enak dari versi kepiting asli, lho!

Crab stick adalah makanan beku yang sangat populer di Indonesia beberapa waktu belakangan ini. Meskipun mengandung kata crab yang berarti kepiting, tetapi bahan yang digunakan dalam olahan rupanya disusun atas daging ikan, lho.

Menariknya, crab stick ini bisa dijadikan sebagai penunjang bahan baku untuk aneka olahan bercita rasa Jepang. Terlebih harga bahan tersebut cukup ramah kantong.

Makanya, yuk, simak santapan seperti apa saja yang dapat dikombinasikan bersama crab stick, biar terasa lebih mewah dan enak.

1. Tempura crab stick 

5 Ide Membuat Masakan Jepang dari Crab Stick Ekonomisilustrasi tempura crab stick (unsplash.com/bady abbas)

Tempura menjadi gorengan yang sangat populer dari Negeri Sakura. Hidangan tersebut sering dibuat menggunakan udang utuh, kemudian dibalut memakai adonan tepung demi menciptakan sensasi gurih dan kriuk maksimal.

Namun bukan cuma seafood asli, melainkan makanan ini cocok juga untuk dijadikan salah satu media kolaborasi bareng crab stick. Setelah digoreng, tinggal buat saus cocolnya menggunakan dashi, maka hidangan pun siap dikonsumsi.

2. Crab stick sushi 

5 Ide Membuat Masakan Jepang dari Crab Stick Ekonomisilustrasi crab stick sushi (unsplash.com/Mahmoud Fawzy)

Membuat sushi homemade dengan bahan-bahan yang lebih nyaman di lidah bisa dilakukan tanpa memerlukan modal besar. Tak perlu ada salmon atau tuna, sebab crab stick saja sudah mampu memberi warna terhadap kuliner tersebut.

Bahkan keberadaan crab stick ini bisa dilengkapi bersama nugget atau sosis, demi menghasilkan perpaduan yang enak. Tinggal sisipkan mayones, telur, dan timun ke dalam nasi pulen. Dengan begini, sushi pun siap digulung dan dipotong-potong.

3. Crab stick udon 

5 Ide Membuat Masakan Jepang dari Crab Stick Ekonomisilustrasi crab stick udon (unsplash.com/Jinomono Media)

Udon adalah mi favorit dari Jepang yang punya tekstur agak lebih tebal dibandingkan makanan sejenis. Olahan ini selalu disajikan dalam kondisi topping yang melimpah, sehingga lebih mengenyangkan untuk disantap.

Makanan tersebut pun dapat dikreasikan sendiri di rumah, salah satunya dengan menambahkan telur rebus hingga crab stick. Sedangkan kuahnya bisa dibuat menggunakan kaldu supaya terdapat kombinasi rasa gurih yang menyertai.

Baca Juga: 10 Olahan Kepiting Khas Nusantara, Masakan Favoritnya Pencinta Seafood

4. Mentai crab stick 

5 Ide Membuat Masakan Jepang dari Crab Stick Ekonomisilustrasi mentai crab stick (unsplash.com/Akram Rafli)

Mentai belakangan sedang digandrungi sebagai salah satu sajian andalan yang bisa mengubah nasi hingga bahan lain, menjadi semakin sedap. Hidangan ini jadi idola baru apabila kamu ingin mengonsumsi hidangan utama dengan cita rasa berbeda.

Susunan yang bisa kamu terapkan pada mentai kali ini adalah nasi putih, sosis, crab stick, mayones pedas, minyak wijen, hingga susu kental. Kombinasi tersebut akan sukses melahirkan rasa gurih dan manis pada masakan, biar semakin kekinian saat dicoba.

5. Crab stick takoyaki

5 Ide Membuat Masakan Jepang dari Crab Stick Ekonomisilustrasi crab stick takoyaki (unsplash.com/Brunno Tozzo)

Takoyaki menjadi jajanan hits berikutnya yang merupakan salah satu kuliner otentik milik Jepang. Makanan berbentuk bola-bola ini acapkali disantap bareng bonito kering, supaya ada sensasi yang lebih umami dan tekstur variatif.

Kemudian takoyaki pun bisa dilengkapi menggunakan crab stick, di samping penggunaan tepung terigu, bubuk pengembang, telur, bubuk penyedap, hingga tepung roti. Jadi, makanan pun siap dijadikan opsi jajanan homemade yang nikmat.

Kelezatan makanan Jepang memang membuat siapapun tergoda mencicipinya. Namun karena beberapa bahan yang cenderung menguras kantong, memilih crab stick sebagai alternatif adalah cara seru yang dapat diterapkan.

Baca Juga: 5 Olahan Lezat dari Daging Kepiting yang Menggugah Selera untuk Dicoba

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya