Comscore Tracker

5 Menu Hajatan Khas Tanah Air Berbahan Kentang yang Tak Tergantikan

Mana nih menu hajatan favorit kamu?

Menggelar hajatan atau resepsi dalam momentum merayakan suatu hari penting memang cukup akrab di telinga masyarakat Indonesia. Kegiatan ini mencakup acara memberi selamat, berdoa bersama, bahkan makan ramai-ramai.

Suguhan yang diberikan oleh pelaksana hajat biasanya terdiri dari rupa-rupa makanan, salah satunya adalah lauk yang diolah dengan berbahan dasar kentang.

Nah, sadar nggak sih kalau di dalam acara hajatan warga Nusantara, ada beberapa menu dari kentang yang hampir tidak pernah absen dan masih eksis sampai saat ini seperti lima makanan berikut.

1. Kentang mustofa

5 Menu Hajatan Khas Tanah Air Berbahan Kentang yang Tak Tergantikanyummy.co.id/Dewi Kurniati

Dalam menyantap hidangan prasmanan, belum lengkap rasanya jika tidak menyendok kentang mustofa ke dalam piring. Makanan bercita rasa manis dan gurih yang satu ini sangat cocok bersanding dengan aneka lauk di meja sajian.

Kentang mustofa diolah dengan cara memotong-motong kentang menyerupai bentuk korek api dan dimasak bersama bumbu merah sampai larut dan kering. Tidak cuma nikmat, sajian tersebut pun memiliki ketahanan waktu yang cukup panjang untuk disimpan lama.

2. Sambal goreng kentang

5 Menu Hajatan Khas Tanah Air Berbahan Kentang yang Tak Tergantikanyummy.co.id

Hampir di setiap acara perayaan di tengah keluarga Nusantara, makanan bernama sambal goreng kentang ini senantiasa menemani dalam sepiring nasi. Meski namanya sambal, namun olahan tersebut tidak memiliki rasa sepedas sambal cabai pada umumnya.

Untuk membuat sambal kentang jadi lebih nendang, tidak jarang ada bahan baku tambahan yang mengubah sajian menjadi kian sempurna. Sebut saja seperti potongan ati ayam, atau si pengharum petai hijau.

Baca Juga: 7 Olahan Kentang untuk Lauk yang Simpel ala Rumahan, Semuanya Enak! 

3. Sop kentang ayam suwir

5 Menu Hajatan Khas Tanah Air Berbahan Kentang yang Tak Tergantikanyummy.co.id/Lia Ariani

Dalam menu prasmanan di tempat hajatan, menghadirkan makanan berkuah menjadi salah satu syarat yang mendarah daging dan belum ditinggalkan sampai kini. Pilihan sayur pun tidak terbatas, salah satunya datang dari sop ayam suwir dengan kentang di dalamnya.

Kuah yang dihadirkan pada makanan ini cenderung bening dan ada pula yang menggunakan bumbu kuah soto ke dalamnya, sementara kentang bisa dipotong dadu ataupun diserut menyerupai bentuk keripik sebagai pelengkap sop.

4. Keripik kering kentang

5 Menu Hajatan Khas Tanah Air Berbahan Kentang yang Tak Tergantikanyummy.co.id/Tine Wahyudi

Jika olahan kering kentang sebelumnya memiliki bentuk menyerupai korek api, maka olahan khas tanah air yang satu ini mempunyai bentuk serupa keripik dan kerap disajikan dalam kondisi polos atau disertai bumbu pedas manis.

Terdapat banyak versi akan kering kentang berbentuk keripik ini, seperti versi lembek atau setengah kering dan versi super kriuk. Nah, cara terbaik menikmati makanan ini adalah dengan dicampur bersama kuah sayur sup.

5. Semur daging dan kentang

5 Menu Hajatan Khas Tanah Air Berbahan Kentang yang Tak TergantikanYouTube / Resep Masakan Enak

Selain ayam, daging sapi pun memiliki peran penting dalam hajatan di tanah air. Selain rendang, bahan baku ini kerap diolah menjadi semur yang nikmat dengan sentuhan rasa gurih dan sedikit manis dari bumbu yang digunakan.

Dalam menyajikan semur daging, belum lengkap jika tidak menyertakan tambahan kentang di dalamnya untuk menambah tekstur makanan agar jadi lebih beragam dan semakin nikmat ketika disantap bersama nasi.

Makanan hajatan berbahan dasar kentang, hampir banyak ditemui dalam tradisi resepsi atau hajatan masyarakat Tanah Air. Dari kelima olahan di atas, apakah ada yang menjadi favorit kamu?

Baca Juga: 5 Jenis Olahan Kentang yang Biasa Disajikan Bersama Steak, Lezat!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya