Comscore Tracker

5 Minuman dari Olahan Susu yang Populer di Berbagai Negara

Mulai dari street food hingga minuman kesehatan

Susu adalah bahan yang kerap diolah menjadi sajian kekinian. Selain ragam makanan, susu juga digunakan untuk proses membuat minuman populer agar rasanya jadi creamy dan memiliki tekstur kental.

Setiap negara memiliki minumannya tersendiri yang dibuat menggunakan susu. Bahkan seluruh sajian tersebut dapat kamu temukan di dalam street food atau restoran terkenal sebagai minuman andalan.

Berikut ini ada lima macam minuman yang dibuat menggunakan olahan susu, dan siapa tahu membuat kamu tertarik untuk mencobanya ketika berkunjung ke negaranya langsung.

1. Nom yen

5 Minuman dari Olahan Susu yang Populer di Berbagai Negarailustrasi nom yen (unsplash.com/Eiliv-Sonas Aceron)

Kalau kamu adalah pencinta street food Thailand, minuman berwarna merah muda ini pasti bukan sesuatu yang asing. Minuman berbahan baku susu ini dikenal dengan sebutan nom yen atau Thai pink milk.

Minuman tersebut sering dijadikan penuntas dahaga dan mampu mendinginkan tenggorokan. Bahan-bahan pembuatannya terdiri dari susu cair, susu evaporasi, es batu, dan sirup Thailand berwarna kemerahan.

2. Korean banana milk

5 Minuman dari Olahan Susu yang Populer di Berbagai Negarailustrasi korean banana milk (unsplash.com/Div Manickam)

Korea Selatan terkenal karena makanan dan minumannya yang unik, misalnya Korean banana milk. Seperti namanya, minuman ini dibuat dengan bahan utama dari pisang, makanya rasa minuman jadi lebih manis dan wangi.

Minuman tersebut dapat dibuat sendiri dengan bahan-bahan dari pisang matang, susu cair, air, sirup maple, dan ekstrak vanila. Dengan begini, minuman dapat dinikmati bersama macam-macam masakan tradisional ala Korea yang lezat.

Baca Juga: 5 Hidangan Berbahan Susu ala Spanyol, Serasi buat Ngemil

3. Golden milk

5 Minuman dari Olahan Susu yang Populer di Berbagai Negarailustrasi golden milk (unsplash.com/Div Manickam)

Golden milk merupakan minuman yang berasal dari India. Sajian ini sangat mendunia lantaran dibuat untuk alasan kesehatan, terlebih bahan-bahan yang dipakai tergolong alami dan kaya rempah.

Meski begitu, golden milk yang punya warna kekuningan ini memiliki rasa sedap. Terdapat kandungan susu almon, madu, kayu manis, jahe, kunyit, dan bisa juga ditambahi menggunakan ekstrak lada hitam supaya rasanya makin tajam.

4. Hokkaido milk tea

5 Minuman dari Olahan Susu yang Populer di Berbagai Negarailustrasi hokkaido milk tea (unsplash.com/pariwat pannium)

Berpindah ke wilayah Hokkaido, Jepang, tempat tersebut juga memiliki minuman populer berbasis susu, berupa milk tea. Minuman ini dianggap serupa dengan Okinawa milk tea yang manis dan mengandung teh.

Biasanya Hokkaido milk tea dibuat menggunakan teh hitam seduh yang dilengkapi dengan boba dan sirop gula. Kemudian susunya dibuat dengan Hokkaido style dari campuran susu cair, vanila, dan heavy cream yang membuatnya terasa unik dan berbeda.

5. Horchata

5 Minuman dari Olahan Susu yang Populer di Berbagai Negarailustrasi horchata (unsplash.com/Marianne Krohn)

Horchata merupakan minuman tradisional yang cukup populer di Meksiko dan Amerika Latin. Minuman ini cukup creamy dengan sensasi manis yang berasal dari bahan-bahan alami yang digunakan.

Proses pengolahan horchata terdiri atas susu cair, air, beras, kacang almon, dan gula pasir. Namun terdapat penambahan kayu manis dan ekstrak vanila yang membuat minuman ini terasa lebih wangi ketika disajikan.

 

Ragam minuman yang dibuat menggunakan susu akan memiliki tekstur yang cenderung lebih kental dan creamy. Jadi, tidak mengherankan kalau minuman di atas sangat populer di negaranya masing-masing dan dijadikan inspirasi berbisnis yang legit.

Baca Juga: 5 Produk Olahan yang Bisa dibuat dari Susu Kedelai, Ada Yogurt!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya