Comscore Tracker

5 Olahan Bistik dari Bahan Unik, Sedapnya Bikin Keroncongan

Yuk, coba buat olahan bistik dari tahu sampai daging kambing

Bistik merupakan salah satu olahan favorit bagi sebagian besar masyarakat di Indonesia. Secara sederhana makanan ini merupakan bentuk lain dari olahan steik, namun dengan melibatkan bahan-bahan yang cenderung lebih beragam dan melokal.

Olahan bistik sendiri telah dimodifikasi sedemikian rupa dengan bahan-bahan yang dekat dengan lidah masyarakat. Oleh sebab itu tidak mengherankan jika bumbu yang yang pekat rasa dalam masakan ini adalah kecap manis.

Pengolahan bistik sendiri bisa dibuat dengan aneka macam komponen utama, bahkan ada lima kreasi unik yang bisa kamu jadikan referensi untuk dimasak sendiri di rumah. Seperti macam-macam hidangan berikut ini. 

1. Bistik lidah sapi 

5 Olahan Bistik dari Bahan Unik, Sedapnya Bikin Keronconganilustrasi bistik lidah sapi (unsplash.com/Afif Kusuma)

Bahan unik pertama yang bisa diolah sebagai bistik adalah lidah sapi. Bagian tersebut cenderung lebih sering diolah menjadi aneka macam masakan berbumbu kecap, seperti bistik, semur, dan masakan-masakan lainnya.

Bagian ini memiliki tekstur yang kenyal dan lembut. Selain itu, bahan tersebut pun perlu dicuci dengan benar dan direbus agar bau anyirnya menghilang.

Pengolahan bistik lidah sapi ini cukup sederhana. Sebab kamu hanya perlu menyiapkan rebusan lidah sapi yang sudah dipotong-potong. Kemudian bahan itu akan dimasak bersama margarin, bawang-bawangan, tambahan aneka macam kecap, saus sambal, bumbu perasa, serta bisa pula diisi menggunakan jamur bila kamu suka.

2. Bistik tahu 

5 Olahan Bistik dari Bahan Unik, Sedapnya Bikin Keronconganilustrasi bistik tahu (pixabay.com/Nicky Girly)

Tahu merupakan salah satu bahan ekonomis kaya protein yang dengan mudah bisa kamu temukan di berbagai penjuru di Indonesia. Oleh sebab itu tidak heran jika tahu sering diolah menjadi aneka masakan menarik, salah satunya dibuat sebagai bistik yang lezat dan berbumbu.

Uniknya, tahu ini akan dihancurkan terlebih dahulu dan diberi bumbu dapur, seperti bawang-bawangan sampai penyedap. Kemudian ditambahi menggunakan telur dan dibentuk sesuai selera menyerupai steik. Lantas digoreng sampai matang sebelum dimasak menggunakan bumbu bistik yang terdiri dari bumbu halus, kecap, saus sambal, dan aneka macam perasa.

Baca Juga: 5 Tips Buat Bistik Ayam Krispi Juicy dan Renyah, Mudah Banget! 

3. Bistik bola-bola daging 

5 Olahan Bistik dari Bahan Unik, Sedapnya Bikin Keronconganilustrasi bistik bola-bola daging (pixabay.com/yuhanlikefilm)

Jika umumnya dalam pembuatan bistik bahan utama yang digunakan adalah potongan daging utuh. Maka kali ini masakan tersebut akan dibuat menjadi lebih spesial, lantaran bahan utamanya terdiri dari bola-bola daging. Komponen utama yang digunakan bisa berupa daging sapi atau ayam, disesuaikan dengan selera kamu dan keluarga di rumah.

Proses pembuatan bola-bola daging pun agak mirip dengan pembuatan bakso. Bedanya kali ini kamu bisa menambahkan bahan-bahan seperti kecap manis dan telur. Kemudian bola-bola akan dimasak menggunakan metode penggorengan bersama bumbu bistik, agar terasa lebih nikmat dan juga bumbunya menyerap sampai ke dalam adonan daging.

4. Bistik tempe 

5 Olahan Bistik dari Bahan Unik, Sedapnya Bikin Keronconganilustrasi bistik tempe (kathysvegankitchen.com)

Bahan unik berikutnya yang juga tidak kalah terjangkau, bukan lain adalah tempe. Sama-sama memiliki kandungan protein yang cukup tinggi, rupanya tempe akan cocok ketika berpadu dengan bumbu bistik yang manis dan gurih. Belum lagi kamu bisa membentuk adonannya serupa dengan steik atau bisa langsung digoreng agar lebih praktis.

Jika kamu ingin membuatnya serupa dengan steik, maka tempe bisa dihaluskan dan ditambahi menggunakan aneka macam penyedap, termasuk telur. Setelah dibentuk menjadi steik, tinggal baluri menggunakan tepung roti dan digoreng. Selanjutnya masak tempe bersama bumbu bistik sampai matang, dan sajikan bersama aneka macam sayuran segar.

5. Bistik daging kambing      

5 Olahan Bistik dari Bahan Unik, Sedapnya Bikin Keronconganilustrasi bistik daging kambing (pixabay.com/LUM3N)

Bistik kali ini akan terasa istimewa, lantaran bahan baku yang digunakan berupa daging kambing. Seperti diketahui bahwa komponen tersebut memiliki bau yang khas dan proses memasaknya pun mesti diperhatikan secara khusus, supaya daging tidak alot dan berbau anyir. Salah satu olahannya yang direkomendasikan adalah dibuat menjadi bistik.

Supaya daging tersebut jadi lebih empuk, kamu bisa merebusnya terlebih dahulu secara terpisah menggunakan aneka macam bumbu dan rempah-rempah. Setelah itu kamu baru bisa memasaknya menjadi isian dari distrik. Selain bagian dagingnya, kamupun bisa menggunakan lemak atau tetelan dari kambing supaya olahan bistik terasa lebih gurih saat disajikan.

Bistik menjadi salah satu solusi masakan menarik, apabila kamu hendak membuat suatu hidangan. Selain memiliki kombinasi rasa yang enak, bistik juga bisa dibuat menggunakan aneka macam bahan, mulai dari daging-dagingan hingga bahan-bahan terjangkau. Jadi jangan melewatkan hidangan-hidangan di atas untuk kamu sajikan pada orang tersayang.

Baca Juga: 9 Pewarna Merah Alami untuk Makanan, Semua dari Bahan Dapur

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya