Comscore Tracker

5 Olahan Buah Kawista, Sedap dan Unik seperti Rasa Soda

Buah kawista cocok jadi perasa buat minuman dan makanan hits

Kawista merupakan salah satu buah unik yang memiliki rasa berbeda daripada buah lain. Sepintas tampilan isi dari buah ini agak mirip dengan asam terutama jika warnanya sudah menjadi gelap, namun rasanya sama sekali berlainan.

Sensasi yang akan kamu dapatkan ketika menyantap buah kawista mengingatkan pada minuman soda. Kemudian ada perpaduan manis dan masam yang membuat buah ini jadi terasa semakin menyegarkan.

Cara menikmati kawista tak hanya dimakan, namun olahan buah kawista juga bisa dibuat semenarik mungkin. Beberapa olahan buah kawista terangkum dalam tulisan ini. Simak, ya!

1. Jus kawista

5 Olahan Buah Kawista, Sedap dan Unik seperti Rasa Sodailustrasi jus kawista (pexels.com/ROMAN ODINTSOV)

Sebagai salah satu buah yang memiliki kandungan rasa unik dan menyegarkan rasanya bakalan rugi kalau olahan tersebut tidak dimaksimalkan sebagai jus pelega tenggorokan. Sensasi minuman ini akan semakin sedap apalagi kalau ditambah es batu.

Cara membuatnya sangat sederhana, tinggal siapkan buah kawis matang dan tambahkan air, masukkan gula pasir sesuai selera kemudian haluskan selama beberapa saat. Tuangkan beberapa sendok es batu ke dalam gelas dan nikmati minuman tersebut bersama-sama.

2. Sirup kawista

5 Olahan Buah Kawista, Sedap dan Unik seperti Rasa Sodailustrasi sirup kawista (pexels.com/Three-shots)

Selain dinikmati sebagai jus, kawista pun cocok sekali dijadikan bahan utama pembuatan sirup. Komponen yang minimalis bikin sirup dari buah kawis ini pas dijadikan stok untuk dinikmati dalam berbagai suasana.

Siapkan daging buah kawista matang dan blender bersama air dan gula sebagai pemanis. Kemudian saring adonan tersebut sampai terpisah dari ampasnya. Nantinya cairan sirup kawista ini perlu direbus terlebih dahulu sebelum disimpan atau digunakan.

3. Puding kawista

5 Olahan Buah Kawista, Sedap dan Unik seperti Rasa Sodailustrasi puding kawista (pexels.com/Sangeet Rao)

Makanan yang satu ini sangat diminati oleh berbagai kalangan karena dapat dibuat dengan modal ekonomis tetapi rasa sajian yang dihadirkan begitu nikmat. Belum lagi kalau kamu merupakan tipikal pencinta makanan manis, maka jangan lewatkan olahan puding ini, deh.

Puding tersebut akan terasa spesial lantaran bahan utama yang digunakan bukan cuma terdiri dari campuran antara agar-agar, pemanis, dan air. Sebab kamu bisa pula menambahkan kawista berbentuk sirup sebagai penambah rasa andalan.

Baca Juga: 5 Olahan Buah Cempedak yang Wajib Dicoba, Nagih Banget!

4. Es krim kawista

5 Olahan Buah Kawista, Sedap dan Unik seperti Rasa Sodailustrasi es krim kawista (pexels.com/Alisha Mishra)

Berpindah ke santapan lembut nan manis berikutnya. Kali ini penganan yang dapat kamu nikmati bersama kawista bukan lain adalah es krim. Olahan favorit berbagai kalangan, terutama bagi anak-anak dan orang dewasa.

Hampir mirip seperti pengolahan puding, pada proses pembuatan es krim kawista ini lebih baik gunakan kawista jenis sirup dan campurkan bersama susu kental manis, susu bubuk, SP, dan air es. Mixer bahan-bahan tersebut lalu simpan dalam freezer.

5. Brownies kawista

5 Olahan Buah Kawista, Sedap dan Unik seperti Rasa Sodailustrasi brownies kawista (pexels.com/Denys Gromov)

Santapan selanjutnya yang cocok dinikmati bersama buah kawista adalah kue brownies, penganan andalan para pencinta cokelat yang gak pernah bikin kecewa. Hidangan ini ternyata akan tambah sedap saat bahan-bahannya dimodifikasi, lho.

Tinggal siapkan adonan dasar seperti tepung-tepungan, mentega atau margarin, dark chocolate leleh, gula pasir, telur, dan jangan lupa menambahkan daging buah kawista ke dalam adonan tersebut. Setelahnya tinggal masak adonan sampai benar-benar matang.

Olahan buah kawista begitu menggoda untuk dinikmati, mulai dari dijadikan minuman hingga makanan hits. Oleh sebab itu, jangan sungkan berkreasi bersama buah wangi ini biar sajian rumahan terasa semakin maksimal.

Baca Juga: 6 Olahan Buah Plum yang Enaknya Bikin Gak Bisa Berhenti Makan

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya