Comscore Tracker

5 Olahan Ikan Teri Crispy, Garingnya Bikin Betah Ngunyah

Ikan teri ternyata bisa dijadikan masakan yummy nan renyah

Ikan teri di Indonesia sering kali dijadikan lauk makan yang praktis. Beberapa ikan teri biasanya dijual dalam kondisi telah diasinkan. Proses ini membuat teksturnya jadi lebih kering dan gurih ketika dimasak.

Pengolahan ikan teri bisa menggunakan bermacam-macam cara, salah satunya dimasak menjadi teri crispy. Hidangan ini akan membuat kerenyahan dari lauk makan tersebut semakin kentara. Berikut ada lima olahan ikan teri crispy yang bisa kamu sontek biar kreasi ikan asin tersebut tidak selalu monoton.

1. Teri crispy goreng tepung

5 Olahan Ikan Teri Crispy, Garingnya Bikin Betah Ngunyahilustrasi teri krispi goreng tepung (pixabay.com/564907)

Hidangan ini terbilang klasik, tetapi sukses mencuri perhatian di dunia kuliner. Penggabungan antara ikan teri dan lapisan tepung bisa membuat makanan tersebut terasa lebih garing dan renyah, cocok dimakan bersama nasi putih.

Cara pembuatan hidangan ini pun terbilang sederhana. Pertama, siapkan ikan teri berukuran sedang, kemudian olah adonan tepung dari terigu, air, dan bumbu perasa. Celupkan ke dalam tepung hingga rata, lalu goreng ikan teri sampai keemasan.

2. Peyek teri

5 Olahan Ikan Teri Crispy, Garingnya Bikin Betah Ngunyahilustrasi peyek teri (Yummy/dapurtehnia)

Peyek atau rempeyek sudah menjadi salah satu penganan tradisional yang begitu disukai oleh sebagian besar masyarakat Indonesia. Hidangan tersebut memiliki tekstur super krispi dengan ragam isian yang ditambahkan, seperti kacang ijo atau ikan teri.

Penganan ini dibuat dari campuran tepung beras dan tapioka, lalu ada tambahan santan hingga telur yang nantinya bakal dilengkapi pakai bumbu halus. Cara menggorengnya pun menarik karena adonan perlu diletakkan setipis mungkin di pinggiran wajan.

3. Teri goreng garing balado

5 Olahan Ikan Teri Crispy, Garingnya Bikin Betah Ngunyahilustrasi teri goreng garing balado (Yummy/Dapur Mama Hanum)

Sebagai pencinta olahan pedas manis, maka sajian teri crispy yang digoreng garing bersama bumbu balado ini akan menjadi hidangan andalan yang disukai oleh berbagai kalangan.

Bumbu balado dari makanan ini dapat dimaksimalkan menggunakan olahan dari cabai merah, cabai rawit, bawang putih, gula pasir, garam, hingga daun jeruk untuk membuat aromanya makin sedap.

Baca Juga: 5 Inspirasi Makanan Berkuah dari Ikan Teri, Tertarik Coba?

4. Kering teri tempe

5 Olahan Ikan Teri Crispy, Garingnya Bikin Betah Ngunyahilustrasi kering teri tempe (pixabay.com/Markus Winkler)

Kalau santapan yang satu ini punya tekstur crispy sekaligus lengket akibat bumbu kering yang dipakai untuk memberi rasa pada makanan. Hidangan ini juga akan dilengkapi menggunakan tempe biar semakin sedap.

Bumbu dasarnya terdiri dari cabai merah, cabai rawit, bawang merah, bawang putih, gula merah, kecap manis, bubuk penyedap rasa, hingga dedaunan aromatik yang bisa bikin penganan makin wangi.

5. Cireng teri crispy

5 Olahan Ikan Teri Crispy, Garingnya Bikin Betah Ngunyahilustrasi cireng teri krispi (pixabay.com/CokeLifeCreative)

Khusus untuk makanan yang satu ini, teri akan dimodifikasi menjadi olahan populer seperti cireng. Sehingga bagian luar penganan tersebut akan terasa semakin krispi, sementara dalamnya terasa kenyal.

Bahan utama yang digunakan selain keberadaan ikan teri yang sudah digoreng adalah tepung tapioka, bawang daun, bawang putih, serta bubuk perasa. Jangan lupa sertakan juga air panas agar adonan bisa terbentuk dengan maksimal.

Ikan teri menjadi salah satu bahan masak yang cukup sering ditemui di Indonesia. Penganan ini dapat dijadikan inspirasi olahan sedap dengan dimasak menjadi santapan krispi, seperti lima olahan ikan teri crispy di atas.

Baca Juga: 5 Tips Bikin Teri Krispi agar Tahan Lama, Wajib Dicoba!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya