Comscore Tracker

5 Olahan Ikan untuk Menu Acara Spesial, Nikmatnya Istimewa

Bisa jadi ide menu saat ada acara spesial di rumah, nih

Ikan menjadi alternatif yang sering disajikan dalam menu prasmanan di suatu acara spesial. Keberadaannya gak kalah populer dari olahan ayam, daging sapi, maupun kambing. Sebab, kreasinya yang kreatif bakal menarik perhatian.

Kalau sering menjumpai persediaan masakan Indonesia saat ada acara spesial, lima olahan ikan ini bisa jadi ide melengkapi menu makan, lho. Dengan begitu, pilihan menunya makin beragam. Tenang, olahan ikan ini sudah pasti nikmat, kok.

1. Pesmol ikan

5 Olahan Ikan untuk Menu Acara Spesial, Nikmatnya Istimewailustrasi pesmol ikan (youtube.com/Dapur Dina)

Pesmol jadi salah satu bumbu andalan di dalam aneka masakan Sunda. Umumnya, bumbu berwarna kekuningan ini dijadikan bumbu mengolah aneka jenis ikan berdaging tebal.

Bumbu pesmol terbuat dari kunyit, bawang merah, bawang putih, kemiri, dan jahe. Seluruh komponen itu dihaluskan dan ditumis bersama daun aromatik, serta ikan yang sudah digoreng terpisah.

2. Ikan goreng tepung asam manis

5 Olahan Ikan untuk Menu Acara Spesial, Nikmatnya Istimewailustrasi ikan goreng tepung asam manis (pixabay.com/yuri hwang)

Olahan selanjutnya yang gak kalah sering disajikan dalam acara spesial adalah ikan goreng tepung dengan bumbu asam manis. Gak terbayang betapa nikmatnya perpaduan kelembutan daging bersama saus yang lezat ini.

Kamu bisa menggunakan berbagai jenis ikan yang tulangnya sudah dibuang. Goreng seperti biasa dengan tepung bumbu, lalu buat sausnya dari bawang-bawangan, saus tomat, kecap, bumbu perasa, dan sedikit maizena.

3. Ikan teri kacang

5 Olahan Ikan untuk Menu Acara Spesial, Nikmatnya Istimewailustrasi ikan teri kacang (yummy.co.id/Aisah)

Tidak cuma ikan berdaging lembut yang bisa kamu jumpai dalam prasmanan. Ikan asin seperti teri juga gak mau ketinggalan untuk memberikan rasa terbaik dalam melengkapi sajian yang kamu dipilih, lho.

Kenikmatan teri itu turut dilengkapi dengan perpaduan kacang tanah. Dengan begitu, tekstur makanan jadi kian terasa. Bumbu biasanya terdiri dari bawang-bawangan, cabai rawit, dan aneka perasa yang dibutuhkan.

Baca Juga: 5 Olahan Ikan Tilapia untuk Ide Lauk Makan Super Yummy!

4. Ikan pepes

5 Olahan Ikan untuk Menu Acara Spesial, Nikmatnya Istimewapepes ikan (Twitter.com/PakCah)

Olahan ikan berikutnya yang juga tidak kalah populer untuk diburu saat ada acara spesial adalah pepes. Daging lembut dengan bumbu melimpah hasil pengukusan ini bikin pepes kian diminati oleh masyarakat di Indonesia.

Belum lagi kalau perpaduan bumbunya lengkap. Mulai dari bawang-bawangan, jahe, kunyit, kemiri, dedaunan aromatik, lengkuas, serai, cabai, dan bumbu perasa yang ditumis bersama. Saat dipanggang dengan daun pisang aromanya kian menggoda.

5. Balado ikan asin

5 Olahan Ikan untuk Menu Acara Spesial, Nikmatnya Istimewailustrasi balado ikan asin (yummy.co.id/Wilia Tory)

Masih dari keluarga ikan asin, kini jenis santapan yang jadi primadona bukan lain adalah ikan kapas. Salah satu masakan yang bila sudah digoreng maka teksturnya semakin renyah, seperti kerupuk.

Supaya ikan kapas ini terasa lebih spesial biasanya terdapat penggunaan bumbu pelapis yang dibuat dari bawang-bawangan, cabai, dan gula merah. Bumbu itu memberikan sensasi manis dan pedas yang menggigit di lidah.

Beragam olahan ikan untuk acara spesial di atas gak pernah gagal dalam memuaskan penikmatnya. Mulai dari ikan dengan bumbu melimpah ruah sampai dengan bahan simpel pun mampu bikin ketagihan. Bisa jadi ide menu saat ada acara spesial di rumah, nih.

Baca Juga: Resep Pepes Ikan Nila yang Anti Bau Amis

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya