Comscore Tracker

5 Olahan Puding Kopi untuk Pelengkap Berbuka, Bikin Melek!

Rasanya sangat variatif dan bisa dikreasikan sesuka hati

Puding merupakan salah satu makanan ringan yang paling sering diolah. Macam-macam rasanya sangat banyak, sehingga kamu bisa menentukan rasa seperti apa yang hendak dimasak setiap ada kesempatan.

Di antara macam-macam puding, rasa kopi selalu menjadi idaman, terutama karena kombinasi rasanya yang tajam. Ini mampu menggugah selera siapa pun yang mencicipinya.

Nah, rupanya ada lima inovasi puding kopi yang bisa kamu buat sebagai menu pelengkap berbuka nanti, lho. Sudah siap bikin?

1. Puding kopi sederhana

5 Olahan Puding Kopi untuk Pelengkap Berbuka, Bikin Melek!ilustrasi puding kopi sederhana (pixabay.com/Mansour Obaidi)

Olahan puding kopi yang pertama ini adalah salah satu masakan yang paling mudah untuk dibuat. Ini karena bahan-bahan yang digunakan hanya memerlukan hitungan jari, tetapi rasanya tetap nendang dan tidak kalah enak dibandingkan dengan rasa lain.

Pada proses pembuatan puding ini, kamu memerlukan agar-agar polos atau rasa kopi. Setelah itu, masak bersama susu cair, tambahan kopi bubuk, dan gula pasir agar lebih nikmat. Bila sudah masak, diamkan hingga mengeras dan nikmati bersama fla vanila.

2. Puding kopi Oreo

5 Olahan Puding Kopi untuk Pelengkap Berbuka, Bikin Melek!ilustrasi puding kopi oreo (pixabay.com/cbaquiran)

Makanan satu ini cukup disukai karena merupakan gabungan antara puding yang dimasak dengan salah satu biskuit populer, Oreo. Keberadaannya mampu memberikan kombinasi tekstur yang unik sehingga makin menarik untuk dicicipi.

Untuk membuat hidangan tersebut, bahan-bahan yang diperlukan cukup sederhana, sama seperti sebelumnya, yakni agar-agar, susu, gula pasir, kopi, dan kepingan Oreo yang juga mampu menambah penampilan supaya kian cantik. Setelah itu, sajian bisa ditimpa pakai fla.

Baca Juga: 5 Toko Kopi Legendaris di New York, Nikmatnya Bikin Melek Seharian!

3. Puding kopi Regal

5 Olahan Puding Kopi untuk Pelengkap Berbuka, Bikin Melek!ilustrasi puding kopi regal (Yummy App)

Masih menjadi salah satu hidangan dengan kombinasi bersama biskuit, makanan yang satu ini pun tidak kalah enak dibandingkan dua puding sebelumnya. Itu karena ada sensasi rasa biskuit klasik yang digunakan dari salah satu merek terkenal, Regal.

Dibuat sedikit lebih lama dibandingkan olahan sebelumnya, kali ini puding akan disajikan menjadi dua tingkat. Pertama adalah lapisan biskuit yang disisipi menggunakan agar-agar bening. Kemudian, yang kedua ialah lapisan puding isi kopi saset dengan warna lebih gelap.

4. Puding dalgona coffee

5 Olahan Puding Kopi untuk Pelengkap Berbuka, Bikin Melek!ilustrasi puding dalgona coffee (pexels.com/Daniel Trylski)

Beberapa waktu lalu, publik sempat digegerkan dengan keberadaan salah satu minuman menarik yang terbuat dari kopi. Sajian tersebut dikenal dengan nama dalgona, dengan ciri khas berupa busa kecoklatan yang dicampur dengan susu.

Minuman itu pun menginspirasi lahirnya puding dalgona kopi. Makanan ini unik dan kaya akan aroma kopi. Tinggal masak agar-agar bersama susu, lalu buat busanya dengan mengocok air bersama kopi saset dan tuang di bagian atas puding.

5. Puding kopi karamel

5 Olahan Puding Kopi untuk Pelengkap Berbuka, Bikin Melek!ilustrasi puding kopi karamel (pexels.com/SpotwizardLee)

Kalau kamu merupakan salah satu orang yang senang akan gabungan karamel manis dengan kopi, maka dua rasa tersebut kini bisa dipadukan dalam puding. Hidangan ini menjadi lebih nikmat dan aromatik, cocok sekali untuk berbuka puasa.

Tentunya pada proses pembuatan, karamel menjadi bahan utama yang perlu kamu buat terlebih dahulu. Setelah itu, tuangkan separuhnya di loyang puding dan masukkan sisanya ke dalam adonan agar-agar, lengkap dengan pemanis hingga penggunaan kopi bubuk.

Puding dengan cita rasa kopi memiliki kombinasi yang cukup menarik untuk dicicipi. Oleh sebab itu, makanan ini menjadi idola pada berbagai suasana dan tidak ada salahnya untuk dimasak saat berbuka puasa tiba, agar kamu mendapatkan makanan yang nikmat juga menyegarkan.

Baca Juga: Resep Puding Brownies Kopi, Simpel dan Praktis Dibuat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Gagah N. Putra

Berita Terkini Lainnya