Comscore Tracker

5 Olahan Puding Panggang yang Lumernya Bikin Terpana

Tertarik mencoba puding panggang dada ayam ala Turki?

Puding merupakan salah satu penganan populer yang bisa dibuat menggunakan macam-macam adonan. Beberapa di antaranya diolah memakai agar-agar dan ada yang menghadirkan telur sebagai bahan utama.

Sajian puding dengan komponen apapun memang layak untuk dinikmati sebagai hidangan favorit. Belum lagi ada variasi puding panggang yang bikin hidangan tersebut berkali-kali lipat semakin sedap dan lumer di mulut, seperti lima kreasi berikut ini.

1. Kazandibi 

5 Olahan Puding Panggang yang Lumernya Bikin Terpanailustrasi kazandibi (pixabay.com/petrovhey)

Kazandibi adalah puding panggang populer dalam tradisi masakan ala orang-orang Turki yang disebut sebagai puding dada ayam. Ya, kamu gak salah menyimak, hidangan ini memang nyentrik namun begitu lembut dan menarik.

Bahan-bahan yang digunakan untuk proses pembuatan kazandibi tersebut terdiri dari susu, gula bubuk, dan tepung beras yang dimasak bersama. Kemudian masukkan suwiran dada ayam untuk menambah tekstur dan panggang di atas wajan anti lengket hingga adonan bisa digulung.

Setelah itu pindahkan gulungan puding ke atas piring dan sajikan bersama bubuk kayu manis atau bubuk cokelat biar makin aromatik.

2. Burned milk pudding 

5 Olahan Puding Panggang yang Lumernya Bikin Terpanailustrasi burned milk pudding (pixabay.com/Rico k)

Kalau puding panggang yang satu ini menjadi santapan andalan yang dibuat dengan menghadirkan lelehan karamel di dasar loyang, serta adonan puding custard yang lembut nan manis ketika dicicipi.

Tinggal kocok telur lalu masukkan ke dalam adonan susu cair, ekstrak vanila, susu kental manis, dan gula pasir yang sudah direbus dan didinginkan. Kemudian tuangkan ke dalam loyang berisikan karamel dan panggang sampai adonan matang dengan baik.

Baca Juga: 5 Kreasi Puding Susu dari Berbagai Negara, Patut Dicicipi!

3. Karamel puding panggang 

5 Olahan Puding Panggang yang Lumernya Bikin Terpanailustrasi karamel puding panggang (pixabay.com/Kristy Marett)

Bila kamu merupakan penggemar berat karamel, ternyata bahan pemanis populer satu ini dapat disulap menjadi olahan puding panggang yang begitu lembut nan legit. Santapan dikenal sebagai burnt caramel pudding.

Komponen yang diperlukan dalam prosesi pembuatan santapan ini terdiri atas penggunaan heavy cream, vanilla bean, gula pasir, dan kuning telur. Nantinya puding yang sudah dimasak akan terasa amat lembut saat dikunyah.

4. Chocolate pudding cake 

5 Olahan Puding Panggang yang Lumernya Bikin Terpanailustrasi chocolate pudding cake (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Hidangan selanjutnya gak kalah menarik untuk dicicipi, lantaran penganan ini bukan cuma berbentuk puding tetapi juga mengandung tekstur kue yang amat lembut. Belum lagi bahan utama yang digunakan adalah cokelat, sehingga bisa jadi favorit banyak orang.

Makanan tersebut dibuat dengan menghadirkan kue cokelat yang sudah dipanggang. Buat lubang di tengah kue lalu masukkan adonan puding cokelat yang sebelumnya telah dimasak terpisah dan suhunya sudah agak dingin. Olahan pun siap bikin kamu ketagihan.

5. Bread pudding vanilla sauce      

5 Olahan Puding Panggang yang Lumernya Bikin Terpanailustrasi bread pudding vanilla sauce (pexels.com/AMANDA LIM)

Bicara soal puding panggang belum pas rasanya apabila tidak menghadirkan kreasi bread pudding. Hidangan tersebut selalu memanfaatkan keberadaan sisa roti tawar agar dapat dinikmati menjadi santapan sedap yang lumer di mulut.

Roti yang sudah disobek-sobek nantinya akan dicampur dengan cairan yang dibuat menggunakan susu, telur, mentega, gula cokelat, sampai kismis. Kemudian panggang sampai matang lalu sajikan bersama saus vanila yang manis dan wangi.

Macam-macam olahan puding panggang di atas dapat dijadikan referensi untuk kamu yang ingin menikmati makanan lumer dan manis. Bahan yang berbeda-beda bikin puding tersebut layak untuk dicoba secara bergantian.

Baca Juga: 9 Tips Membuat Puding Lumut yang Enak dan Cantik, Antigagal!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya