Comscore Tracker

5 Olahan Roti Kepang Beragam Rasa yang Nikmat Jadi Menu Sarapan

Cocok buat kamu yang suka makan roti saat sarapan

Roti menjadi salah satu makanan pokok yang mengandung karbohidrat tinggi. Beberapa orang menjadikan roti sebagai santapan sehari-hari untuk melengkapi gizi agar bisa beraktivitas dengan energi lebih.

Dalam beragam jenis roti, bentuk kepang menjadi salah satu favorit untuk diolah. Bukan karena memiliki penampilan menarik, terkadang bentuk ini dipakai untuk membedakan jenis roti tertentu.

Untuk menambah referensi mengenai macam-macam roti kepang, simak lima olahannya yang menarik hati berikut ini. Dari tampilannya saja sudah bikin kepengin!

1. Braided egg bread

5 Olahan Roti Kepang Beragam Rasa yang Nikmat Jadi Menu Sarapanilustrasi braided egg bread (pixabay.com/jurtoujour)

Braided egg bread merupakan roti putih yang bisa dibentuk menggunakan teknik kepang. Roti ini cenderung lebih polos dan biasanya dikonsumsi secara langsung atau diolesi mentega.

Hampir sama dengan adonan roti biasa, membuat egg bread pun diperlukan tepung, ragi, susu, gula, mentega, telur, serta garam. Roti kepang ini teksturnya lembut dan cocok untuk dimakan sehari-hari.

2. Braided garlic bread

5 Olahan Roti Kepang Beragam Rasa yang Nikmat Jadi Menu Sarapanilustrasi braided garlic bread (pixabay.com/Marlene Krohn)

Gak bisa dibantah kalau garlic bread merupakan alternatif makanan tinggi karbohidrat yang cocok buat si pencinta hidangan asin. Berbeda dari roti tawar, garlic bread cenderung lebih gurih dengan aroma yang agak tajam.

Perbedaan utama makanan ini dengan roti lainnya terletak pada bahan olesan. Di mana roti yang telah dibentuk perlu dioles menggunakan campuran minyak zaitun, bubuk bawang putih, serta Italian seasoning untuk menyempurnakan rasa.

3. Braided challah

5 Olahan Roti Kepang Beragam Rasa yang Nikmat Jadi Menu Sarapanilustrasi braided challah (unsplash.com/Svetlana B)

Challah masuk ke dalam jajaran roti tradisional degan bentuk otentik menyerupai kepangan. Biasanya, komponen ini muncul dalam acara penting keagamaan untuk dinikmati bersama keluarga besar.

Di bagian atas permukaan roti, kamu akan menemukan taburan biji popi yang menambah rasa makanan. Selain itu, challah pun lebih sering dibentuk dengan komposisi lemak yang cenderung mendominasi.

Baca Juga: 5 Olahan Cornbread untuk Ide Membuat Roti Gurih Tanpa Ragi

4. Braided pizza bread

5 Olahan Roti Kepang Beragam Rasa yang Nikmat Jadi Menu Sarapanilustrasi braided pizza bread (foodnetwork.com)

Pizza tak pernah bosan membuat kejutan untuk penikmatnya. Sebab tidak cuma topping yang selalu berubah, ada pula yang berbeda dari bentuk. Salah satunya dengan teknik kepangan.

Roti yang digunakan dalam makanan ini bisa diolah secara mandiri dari awal maupun dengan memakai adonan instan. Setelah itu, pilih isian dari perpaduan antara keju mozzarella dan saus tomat, sehingga pizza pun siap untuk dikonsumsi.

5. Braided fruit loaf

5 Olahan Roti Kepang Beragam Rasa yang Nikmat Jadi Menu Sarapanilustrasi braided fruit loaf (pixabay.com/Oleg Mityukhin)

Roti dengan isian buah jadi versi menarik lainnya dalam mengolah makanan bahan-bahan unik. Karenanya, komponen akan menjadi terasa pennuh akibat penggunaan buah dan kacang.

Bahan tersebut bisa dicampur ke dalam dough roti. Mulai dari buah-buahan kering dalam kaleng sampai irisan kacang segar, keduanya menciptakan tekstur yang terasa lebih nikmat saat disantap.

Macam-macam roti kepang ternyata tidak cuma memiliki bentuk yang cantik, namun rasanya juga beragam. Setelah melihat daftar di atas, kira-kira apakah kamu sudah menemukan roti favorit?

Baca Juga: 5 Sajian Pesto Pizza yang Bikin Makanan Tampil Lebih Menarik

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya