Comscore Tracker

5 Olahan Roti Kopi yang Bikin Meja Makan Harum Terus, Awas Kalap!

Ada roti kekinian juga yang bisa kamu coba di rumah

Roti punya cita rasa beragam yang bikin penikmatnya jadi terpikat untuk terus-menerus mencoba makanan ini. Bukan cuma soal rasa, menikmati roti nyatanya juga mampu membuat perut menjadi lebih kenyang.

Kalau ditilik lebih jauh, roti kopi menjadi salah satu hidangan yang belakangan cukup digemari. Kabar baiknya, ada sekitar lima olahan variasi roti kopi yang siap bikin dapur kamu beraroma harum, lho. Cari tahu, yuk, apa saja kreasinya berikut ini!

1. Mexican bun 

5 Olahan Roti Kopi yang Bikin Meja Makan Harum Terus, Awas Kalap!ilustrasi mexican bun (Yummy/Aura Shareen)

Mexican bun atau dikenal juga sebagai roti boy adalah makanan aromatik yang begitu digemari. Hidangan berbentuk dome ini punya rasa yang manis dan gurih dengan tekstur luar yang garing dan bagian dalamnya begitu empuk.

Makanan ini dibentuk menggunakan adonan roti biasa. Namun, bagian dalamnya sering diisi menggunakan mentega agar menciptakan cita rasa yang gurih. Sedangkan bagian luarnya terdiri dari campuran kopi bubuk, gula, telur, margarin, dan sedikit tepung yang disemprotkan secara merata.

2. Roti kopi labu 

5 Olahan Roti Kopi yang Bikin Meja Makan Harum Terus, Awas Kalap!ilustrasi roti kopi labu (pexels.com/Karolina Grabowska)

Kalau roti yang satu ini sudah dijamin keempukannya lantaran penggunaan labu yang memberikan tekstur dan rasa hidangan lebih maksimal. Bahkan, kamu bisa bikin hidangan ini jadi lebih sehat dengan menggunakan tepung gandum sebagai bahan utama.

Komposisi lainnya yang dipakai untuk makanan ini antara lain adalah telur, mentega, kopi instan, bubur labu, jahe, kapulaga, kayu manis, pengembang, dan gula pasir. Matangkan dengan cara dipanggang. Roti ini pun siap untuk menemani waktu sarapanmu sehari-hari.

Baca Juga: Resep Roti Kopi ala Rotiboy, Begini Cara Membuatnya yang Mudah

3. Krim asam roti kopi 

5 Olahan Roti Kopi yang Bikin Meja Makan Harum Terus, Awas Kalap!ilustrasi krim asam roti kopi (pexels.com/Geraud pfeiffer)

Makanan menarik selanjutnya yang tidak dapat dilewatkan adalah roti dengan perpaduan rasa dari kopi dan krim asam. Dalam dunia kuliner kudapan ini juga dikenal sebagai sour cream.

Hidangan ini cocok sekali untuk disantap sebagai menu pengganjal lapar dengan ditemani segelas teh. Bukan cuma itu, kudapan yang satu ini pun cocok untuk disantap sambil menemani waktu kamu berbincang bersama kolega.

4. Kopi loaf 

5 Olahan Roti Kopi yang Bikin Meja Makan Harum Terus, Awas Kalap!ilustrasi kopi loaf (pexels.com/hermaion)

Loaf menjadi salah satu roti klasik yang paling digemari untuk dijadikan menu sarapan maupun aneka olahan kreatif. Bila umumnya loaf tidak memiliki cita rasa tertentu, maka kali ini kamu bisa mencampurkan rasa kopi di dalamnya.

Bahan-bahan yang digunakan dalam proses pembuatan loaf ini terdiri dari penggunaan tepung terigu, ragi, dan mentega. Namun, untuk menambahkan rasa terhadap sajian, kamu bisa menambahkan kopi instan supaya rasanya semakin berwarna.

5. Kopi roti awan

5 Olahan Roti Kopi yang Bikin Meja Makan Harum Terus, Awas Kalap!ilustrasi kopi roti awan (pexels.com/Henry & Co.)

Cloud bread alias roti awan belakangan sedang menjadi trending di media sosial. Hal tersebut lantaran kudapan ini dibentuk tanpa tepung dan punya tekstur serupa kapas yang gampang "hilang" di mulut. Pengolahan roti awan juga makin menarik kala dikombinasikan dengan rasa kopi.

Untuk membuat makanan ini, kamu memerlukan putih telur, kopi bubuk, gula, dan maizena. Kocok sampai adonan benar-benar mengembang. Setelah itu alasi loyang dengan baking paper, lalu panggang roti selama beberapa saat hingga seluruh bagian matang dengan sempurna.

Macam-macam roti kopi hadir untuk menambahkan menu makanan di rumah biar tambah kreatif. Gimana, adakah makanan yang paling menarik perhatian di antara lima kreasi tersebut?

Baca Juga: Resep Roti Kopi ala Roti’O, Lembutnya Terasa Lumer di Dalam Mulut

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya