Comscore Tracker

5 Olahan Unik dari Ubi Kukus, Pasti Lezat dan Gampang Dibuat

Teksturnya yang lembut bikin siapa pun ketagihan

Ubi dapat dimasak dengan banyak cara, mulai dari dikukus, direbus, hingga dipanggang. Hasil akhirnya sama-sama lezat dan bikin kamu jadi ketagihan. Walau begitu, ubi kukus masih tidak dapat digantikan.

Bahkan, dengan berkembangnya dunia kuliner, ada tangan-tangan kreatif yang bikin olahan ubi kukus jadi tampil semakin kekinian. Penasaran seperti apa makanan yang dimaksud? Kelima olahan ini jadi bukti kalau ubi kukus bisa dikreasikan.

1. Bola ubi kukus

5 Olahan Unik dari Ubi Kukus, Pasti Lezat dan Gampang Dibuatilustrasi bola ubi kukus (unsplash.com/Gaby Yerden)

Bola-bola ubi kukus menjadi salah satu camilan andalan yang cocok untuk dijadikan teman minum teh. Rasa ubi yang manis dengan tekstur lembut menjadi selingan ketika waktu bersantai telah tiba.

Ubi yang sudah dimasak tinggal dilumatkan, lalu dicampur sedikit tepung kanji. Bila ingin tambah krispi, masukkan ke dalam tepung serbaguna, lalu goreng sebentar sampai permukaan luar berubah kecokelatan.

2. Ubi bolu kukus 

5 Olahan Unik dari Ubi Kukus, Pasti Lezat dan Gampang Dibuatilustrasi ubi bolu kukus (unsplash.com/Amanda Kariella)

Bolu ubi sudah lama menjadi dambaan bagi para tangan kreatif dalam memanfaatkan umbi-umbian populer ini. Rasa yang dihasilkan pun kian lezat dan sukses membuat bolu bertransformasi menjadi begitu diminati masyarakat.

Ubi kukus ini bisa ditambahkan susu kental agar tambah manis saat dimasukkan ke dalam adonan. Kemudian, panggang kue selama beberapa saat, lalu sajikan ketika bolu ubi kukus ini masih hangat. Lembutnya bikin kamu gak berhenti ngunyah!

3. Roti ubi kukus 

5 Olahan Unik dari Ubi Kukus, Pasti Lezat dan Gampang Dibuatilustrasi roti ubi kukus (pixabay.com/Mogens Petersen)

Ubi kuning dapat dijadikan salah satu pelembut alami dalam pengolahan roti kukus. Buat kamu yang gemar bikin makanan empuk ini sendiri, jangan lupa menghadirkan umbi-umbian tersebut demi menghasilkan makanan yang maksimal dan tentunya bikin kenyang.

Diperlukan ubi kukus dan dilumatkan untuk dicampur ke dalam adonan tepung. Kemudian, uleni roti sampai kalis. Bagi adonan menjadi beberapa bagian, lalu siapkan kembali kukusan untuk mematangkan hidangan nikmat tersebut.

Baca Juga: 5 Olahan Keripik Ubi yang Kreatif, Nikmat Bikin Ketagihan!

4. Ubi susu kukus 

5 Olahan Unik dari Ubi Kukus, Pasti Lezat dan Gampang Dibuatilustrasi ubi susu kukus (unsplash.com/Jo Lanta)

Ubi tidak cuma bisa dikukus sendirian. Dapat pula dikombinasikan bersama aneka bahan biar hasil akhirnya tetap menggoda. Kalau kamu pencinta sajian dengan tekstur lembut. Hidangan ini dijamin bakal kamu suka.

Membuat ubi susu kukus cuma memerlukan penggunaan ubi, susu cair, telur, dan aneka macam perasa. Bila ingin menambahkan cokelat atau keju juga bisa, lho. Setelah itu, siapkan kukusan dan masak adonan sampai seluruh bagian matang sempurna.

5. Hee pan ubi kukus    

5 Olahan Unik dari Ubi Kukus, Pasti Lezat dan Gampang Dibuatilustrasi hee pan ubi kukus (pixabay.com/ksyfffka07)

Kreasi ubi kukus berikutnya bisa dijadikan makanan tradisional Hakka yang sekilas mirip pancake. Nama makanan ini adalah hee pan. Jenis ubi yang digunakan bisa yang ungu atau biasa.

Sedangkan bahan pendamping lain yang digunakan dalam sajian ini terdiri atas tepung-tepungan, termasuk ketan, ragi, margarin, pemanis, dan daun pisang sebagai alas dalam proses pengukusan.

Ubi kukus ternyata bisa menjadi aneka sajian sedap. Bahkan, ada  kue tradisional dan kekinian yang juga turut meramaikan macam-macam olahan. Gimana, tertarik mencoba salah satu sajian di atas?

Baca Juga: Resep Klepon Ubi Ungu, Jajanan Tradisional yang Cocok untuk Dessert

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Naufal Al Rahman

Berita Terkini Lainnya