Comscore Tracker

5 Cara Sulap Olahan Oncom dengan Keju agar makin Hits

Bikinnya juga praktis dan cocok dimasak sehari-hari

Oncom adalah salah satu bahan baku tradisional dengan cita rasa unik. Makanan ini seringkali dibuat menjadi tumisan, lantaran teksturnya yang empuk dan mudah hancur walaupun cuma ditekan-tekan.

Meskipun begitu, cara menyulap olahan oncom biar terasa kekinian juga dapat dilakukan dengan menambahkan keju pada adonan. Biar kamu gak penasaran bagaimana wujud olahan tersebut, baiknya kita cari tahu dalam lima pilihan ini.

1. Combro keju 

5 Cara Sulap Olahan Oncom dengan Keju agar makin Hitsilustrasi combro keju (pixabay.com/silviarita)

Combro merupakan gorengan andalan masyarakat Indonesia yang selalu sukses bikin suasana semakin bersemangat. Makanan tersebut adalah kependekan dari oncom di jero, atau bisa pula diartikan sebagai oncom di dalam.

Kulit makanan ini dibuat menggunakan singkong dan terigu. Namun kini, bukan cuma dua bahan itu yang bisa bikin combro makin hits. Tetapi masukkan juga parutan keju. Sehingga saat disantap, ada sensasi oncom dan cheddar yang bikin ketagihan.

2. Bola-bola nasi oncom keju 

5 Cara Sulap Olahan Oncom dengan Keju agar makin Hitsilustrasi bola-bola nasi oncom keju (pixabay.com/日本語)

Bikin bola-bola nasi dengan kombinasi rasa lokal juga bisa diwujudkan pakai oncom. Tetapi, rasa makanan itu bakalan berubah menjadi tambah nikmat, setelah kamu memasukkan keju sebagai ekstra perasa, sekaligus mampu menyumbang tekstur lumer.

Bahan-bahan yang diperlukan dalam proses pembuatan sajian ini tidak jauh-jauh dari nasi pulen, tumis oncom, dan aneka keju yang dapat meleleh. Tinggal bentuk semua komponen itu menjadi bulatan, maka olahan pun siap dimasak untuk disantap langsung.

3. Burger patty oncom 

5 Cara Sulap Olahan Oncom dengan Keju agar makin Hitsilustrasi burger patty oncom (pixabay.com/Mariya 🌸🌺🌼)

Umumnya burger diisi menggunakan patty daging yang berlemak dan punya rasa super gurih. Namun ternyata ada tangan kreatif yang berusaha untuk memadukan makanan cepat saji ini bersama cita rasa lokal dari oncom, lho.

Bahan masak hasil fermentasi ini akan dibentuk serupa patty, kemudian digoreng sampai matang. Sedangkan nantinya, oncom tersebut perlu disusun di atas roti bun bersama lembaran keju, selada, saus sambal, tomat, hingga mayones.

Baca Juga: 10 Lauk Pendamping Nasi Tutug Oncom, Nikmatnya Menggoyang Lidah

4. Oncom jeletot keju 

5 Cara Sulap Olahan Oncom dengan Keju agar makin Hitsilustrasi oncom jeletot keju (Yummy/Lila Wahyu Lestari)

Oncom jeletot keju bisa dijadikan salah satu alternatif gorengan, apabila kamu ingin ngemil sesuatu yang berbeda. Makanan tersebut dapat dinikmati pula bersama ekstra saus sambal, biar kombinasi rasanya semakin seimbang.

Sedangkan bahan-bahan yang digunakan pastilah memerlukan oncom, tepung terigu, penyedap, keju, dan juga penggunaan cabai rawit untuk membuat makanan ini kian terasa pedas. Gimana, tertarik mencoba olahan ini dalam waktu dekat?

5. Surabi oncom keju

5 Cara Sulap Olahan Oncom dengan Keju agar makin Hitsilustrasi surabi oncom keju (pixabay.com/Andrew Halloway)

Surabi atau dikenal pula dengan sebutan serabi, merupakan opsi jajanan mengenyangkan yang miliki segudang rasa nikmat untuk dicicipi. Bukan saja terbatas pada pilihan surabi duren atau rasa cokelat, tetapi oncom juga masuk daftar populernya.

Bahkan oncom yang dimasukkan ke dalam adonan surabi ini tidak cukup memberikan kejutan bagi pencinta hidangan. Lantaran masih bisa dikreasikan, dengan cara menambahkan keju sebagai topping dari makanan unik yang disajikan hangat tersebut.

Hasil perpaduan antara oncom dan keju mampu membawa pengalaman baru dalam membuat makanan semakin terdepan. Sensasi rasa gurih serta unik yang bercampur, cocok untuk dijadikan ide baru dalam memasak. Yuk, coba!

Baca Juga: Resep Onigiri Ayam Ala Willgoz, Kuliner Jepang Sentuhan Indonesia

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya