Comscore Tracker

5 Bahan Pengganti Biskuit Lady Finger untuk Membuat Dessert

Lebih gampang dicari, lho!

Lady finger adalah biskuit berbentuk memanjang yang disertai tekstur lembut di dalam dan garing pada bagian luar. Kepopuleran biskuit ini membuatnya sering dijadikan bahan andalan ketika membuat aneka macam dessert.

Namun tentu saja tidak semua tempat bisa mendapatkan biskuit ini dengan mudah. Maka dari itu, ketika kamu hendak membuat macam-macam dessert berbasis biskuit lady finger maka lima bahan ini dapat dijadikan pengganti yang lebih gampang ditemukan dan gak kalah enak. Yuk, simak!

1. Sponge cake

5 Bahan Pengganti Biskuit Lady Finger untuk Membuat Dessertilustrasi sponge cake (pixabay.com/congerdesign)

Sudah bukan rahasia umum bahwa sponge cake atau kue spons sering dijadikan bahan dasar pembuatan dessert. Itu karena tekstur kue ini sangat lembut dan cocok untuk memberi rasa sekaligus tekstur moist pada aneka macam olahan.

Kue berbahan dasar tepung, gula, telur, dan susu ini seringkali dijadikan alternatif andalan untuk mengganti biskuit lady finger. Biasanya sponge cake bakal pas saat dicampur sebagai lapisan tambahan saat membuat makanan hits asal Italia, tiramisu.

2. Biskuit biasa

5 Bahan Pengganti Biskuit Lady Finger untuk Membuat Dessertilustrasi biskuit (pexels.com/Karol D)

Mengganti biskuit lady finger dengan biskuit lain juga bisa dilakukan. Hanya saja kamu perlu mengenali jenis biskuit yang hendak digunakan supaya tekstur dessert yang dibuat tetap enak dan maksimal, seperti saat memakai lady finger.

Memang tidak semua olahan berbasis biskuit lady finger bisa diganti pakai biskuit biasa. Namun umumnya tiramisu menjadi salah satu kudapan yang dapat dikreasikan memakai biskuit favorit lainnya. Tinggal perhatikan cara kamu mencelupkan biskuit dalam bahan cair supaya makanan itu tidak gampang berubah menjadi lembek.

Baca Juga: 5 Olahan Manis Biskuit Lady Finger yang Cocok Jadi Dessert Kekinian!

3. Pound cake

5 Bahan Pengganti Biskuit Lady Finger untuk Membuat Dessertilustrasi pound cake (pixabay.com/Maachou Rahou)

Buat kamu yang suka dengan dessert berisikan kelezatan dari kue bolu, maka pound cake dapat dijadikan alternatif. Kue ini sering dipakai untuk menggantikan biskuit lady finger supaya sensasi lapisan dessert-nya makin berasa.

Perbedaan antara pound cake dan kue spons terletak pada bahan bakunya, di mana kue ini mengandalkan mentega sebagai sumber perasa dan penentu teksturnya. Maka tidak aneh kalau banyak yang mengatakan pound cake punya rasa lebih tajam dan agak berat.

4. Wafer

5 Bahan Pengganti Biskuit Lady Finger untuk Membuat Dessertilustrasi wafer (pixabay.com/santiago gaviria tobón)

Kalau biasanya wafer cuma dinikmati sebagai camilan, maka kini kamu bisa menggunakan makanan tersebut sebagai pengganti biskuit lady finger untuk macam-macam dessert. Belum lagi hidangan ini punya sensasi manis yang enak sehingga membuat ragam dessert punya rasa lebih kaya.

Kekurangan penggunaan wafer sebagai pengganti biskuit lady finger terletak pada teksturnya. Makanan ini gak bisa terlalu banyak menggunakan bahan cair karena teksturnya bisa berubah menjadi lembek. Selain itu, tipe dessert yang paling cocok menggunakan makanan ini adalah kudapan berbasis krim.

5. Waffle

5 Bahan Pengganti Biskuit Lady Finger untuk Membuat Dessertilustrasi waffle (pixabay.com/cocoparisienne)

Waffle adalah makanan berbasis tepung yang dimasak menggunakan cetakan khusus sehingga ada corak-corak unik di permukaannya. Hidangan ini belakangan sedang mendapat perhatian khusus karena bisa dinikmati dengan macam-macam topping supaya lebih manis dan cantik.

Meski begitu, fungsi lain dari waffle adalah bisa menggantikan biskuit lady finger di dalam berbagai kreasi dessert. Kudapan ini memiliki sifat yang cukup unik, bagian luarnya terbilang kokoh dan gak mudah lembek meski ditambahi bahan cair. Makanya waffle kerap dipakai dalam proses pembuatan tiramisu.

Menggunakan bahan-bahan di atas sebagai pengganti biskuit lady finger akan menghasilkan makanan yang tetap enak dengan kelebihan dan kekurangannya tersendiri. Gimana, kamu lebih suka mengganti bahan populer itu dengan komponen nomor berapa?

Baca Juga: 5 Kreasi Resep Dessert Berbahan Kayu Manis, Harum dan Rasanya Legit 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya