Comscore Tracker

Cara Buat Potato Wedges Tanpa Oven, Enak dan Bikin Kenyang!

Cocok dijadikan menu camilan praktis

Potato wedges adalah kreasi makanan dari kentang yang dikenal karena bentuknya cukup besar dan lembut daripada french fries. Proses memasak makanan ini juga melibatkan tahap pemanggangan sebelum makanan disajikan.

Meski begitu, buat kamu yang tidak memiliki oven di rumah jangan berkecil hati. Dilansir Chocolate Moosey, ada resep membuat potato wedges tanpa oven yang bisa dipraktikkan langsung di rumah. Yuk, simak!

1. Siapkan bahan

Cara Buat Potato Wedges Tanpa Oven, Enak dan Bikin Kenyang!ilustrasi kentang (pixabay.com/PublicDomainPictures)

Bahan-bahan:

  • 2-3 buah kentang ukuran besar
  • 1 sdm tepung serbaguna
  • ½ sdt bubuk bawang putih
  • ½ sdt bubuk bawang bombai
  • ½ sdt jintan bubuk
  • ½ sdt garam
  • 2 sdm minyak goreng

2. Rebus kentang sebentar

Cara Buat Potato Wedges Tanpa Oven, Enak dan Bikin Kenyang!ilustrasi panci di atas kompor (unsplash.com/Edgar Castrejon)

Pertama-tama, siapkan terlebih dahulu kentang yang sudah dicuci bersih. Kemudian potong menjadi dua memanjang, dan bagi lagi potongan tersebut menjadi beberapa bagian sampai habis. Pastikan ukurannya pas, tidak terlalu besar maupun kecil.

Berikutnya, siapkan air dingin di dalam panci secukupnya lalu masukkan potongan kentang ke dalamnya. Jangan lupa beri sedikit garam untuk memberi rasa. Nyalakan api sedang lalu masak selama beberapa saat.

Baca Juga: 5 Tips Bikin BBQ Ribs Cheesy Potato Pakai Slow Cooker, Praktis! 

3. Tiriskan kentang dan beri bumbu

Cara Buat Potato Wedges Tanpa Oven, Enak dan Bikin Kenyang!ilustrasi kentang potong (pixabay.com/Alexei_other)

Bila air sudah mendidih, matikan api dan diamkan di atas kompor selama kurang lebih 5 menit untuk memaksimalkan kematangan kentang. Setelah itu, tiriskan kentang dari airnya dan tunggu dingin selama lima menit.

Berikutnya siapkan mangkuk lalu masukkan bumbu dari bawang putih, bawang bombai, tepung terigu serbaguna, jintan bubuk, dan setengah sendok teh garam. Aduk, lalu balurkan ke seluruh potongan kentang sampai merata.

4. Masak kentang sampai cokelat keemasan

Cara Buat Potato Wedges Tanpa Oven, Enak dan Bikin Kenyang!ilustrasi wajan penggorengan (pexels.com/RODNAE Productions)

Berikutnya, siapkan wajan besar dan masukkan satu atau dua sendok makan minyak. Jika panasnya sudah pas, masukkan kentang secara perlahan dan jangan sampai saling tindih biar matangnya merata.

Proses memasak kentang memakan waktu sekitar lima menit per sisi atau lebih. Jika permukaan potato wedges sudah cokelat keemasan, maka hidangan sudah bisa diangkat dari penggorengan.

5. Sajikan dengan saus favorit

Cara Buat Potato Wedges Tanpa Oven, Enak dan Bikin Kenyang!ilustrasi potato wedges (pixabay.com/Jason Goh)

Fungsi utama dari tahap merebus kentang adalah memastikan bagian dalamnya sudah dalam kondisi matang sehingga ketika digoreng tidak perlu waktu lama untuk diangkat. Hidangan ini bisa dinikmati dengan tambahan daun ketumbar sebagai garnish supaya tambah menarik.

Selain itu, potato wedges ini dapat disantap bersama saus pilihan. Misalnya saus sambal atau mayones pedas yang menggugah selera biar penganan semakin enak disantap selagi hangat.

Meskipun dibuat tanpa oven, namun potato wedges sederhana bisa kamu buat memakai teknik di atas dengan sensasi yang gak kalah nikmat. Rasanya sedap dan cocok untuk dinikmati sebagai camilan favorit baru yang bikin kenyang. Yuk, masak!

Baca Juga: 5 Resep Olahan Singkong dan Kelapa Parut, Camilan Gurih nan Lezat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya