Comscore Tracker

5 Olahan Poutine, Kentang Goreng Berlumur Saus dan Keju

Pencinta aneka hidangan bertekstur creamy harus coba!

Siapa di antara kamu yang gemar menyantap kentang goreng sebagai camilan? Wah, kalau begitu kamu wajib mengetahui salah satu hasil kreativitas dari french fries tersebut yang dinamakan poutine.

Poutine merupakan olahan berbahan dasar kentang goreng yang disajikan bersama topping menggugah selera, mulai dari serpihan keju, dan saus gravy. Meskipun tampilannya agak berantakan, tapi soal rasa tidak mungkin mengecewakan.

Bagi kamu yang tertarik untuk berkreasi dengan french fries dalam waktu dekat, mari cari tahu lima macam poutine menggugah selera ini.

1. Chicken poutine

5 Olahan Poutine, Kentang Goreng Berlumur Saus dan Kejuilustrasi chicken poutine (pixabay.com/Larry White)

Kalau biasanya kita menjadikan ayam goreng sebagai bintang utama yang didampingi memakai kentang goreng, maka dalam kreasi olahan nikmat berikut ini, komposisi sajian diubah menjadi sebaliknya.

Kamu dapat menggunakan kentang goreng matang yang disisipkan dalam piring. Kemudian masak daging ayam dengan cara ditumis bersama sedikit kaldu sampai agak kering. Sajikan olahan bersama mozarella dan saus gravy siap pakai.

2. Kimchi poutine

5 Olahan Poutine, Kentang Goreng Berlumur Saus dan Kejuilustrasi kimchi poutine (pixabay.com/Larry White)

Tidak cuma terbatas pada daging-dagingan, rupanya poutine pun dapat dikombinasikan bagi para pencinta hidangan serba Korea. Terutama buat kamu yang saat ini tengah memperbanyak konsumsi jumlah sayuran.

Ya, apalagi jika bukan olahan kimchi. Hasil sayur-mayur fermentasi yang telah menjadi santapan pendamping sehari-hari. Dan kini kamu bisa menggunakan kimchi sebagai topping gravy, lengkap dengan keju mozarella.

3. Bacon poutine

5 Olahan Poutine, Kentang Goreng Berlumur Saus dan Kejuilustrasi bacon poutine (unsplash.com/Sanket Shah)

Sudah bukan rahasia umum apabila bacon kerap dijumpai dalam aneka masakan yang berkaitan dengan keju. Keberadaan lauk ini menjadi berharga, lantaran mampu membuat sebuah sajian terasa lebih gurih dan bertekstur.

Kamu dapat menggoreng atau memanggang bacon sampai renyah. Kemudian letakkan di atas kentang goreng, bersama keju cheddar, serta saus gravy siap pakai untuk menciptakan makanan yang nikmat sekaligus creamy.

Baca Juga: 5 Resep Sambal Goreng Kentang, Menu Lezat untuk Buka Puasa

4. Cheeseburger poutine

5 Olahan Poutine, Kentang Goreng Berlumur Saus dan Kejuilustrasi cheeseburger poutine (unsplash.com/Pesce Huang)

Meskipun bernama cheeseburger poutine, namun bukan berarti hidangan ini akan disantap dalam bun burger yang biasa kita jumpai di dalam restoran cepat saji, lho. Melainkan kata tersebut merujuk pada isian yang menarik hati.

Nggak main-main, kamu bisa menggunakan patty daging atau daging cincang segar yang dimasak bersama aneka bumbu dan kecap Inggris. Kemudian tambahkan adonan ke atas kentang, disertai keju yang membuatnya makin enak.

5. Shrimp poutine

5 Olahan Poutine, Kentang Goreng Berlumur Saus dan Kejuilustrasi shrimp poutine (unsplash.com/Christine von Raesfeld)

Jangan berkecil hati untuk kamu penggemar aneka makanan laut, sebab poutine pun mempunyai salah satu kreasi yang berkaitan dengan seafood populer, apalagi kalau bukan si manis dan gurih, udang.

Seafood ini bisa dimasak mudah memakai wajan dan sedikit minyak. Sementara untuk saus dapat menggunakan cheese sauce dari campuran keju, susu, bumbu perasa, dan tepung yang berfungsi untuk mengentalkan.

Kenikmatan kentang goreng bernama poutine ini bisa menjadi inspirasi baru dalam menyajikan camilan yang berbeda setiap harinya. Terlebih, ada bermacam-macam cara dan bahan untuk menyempurnakan makanan, seperti lima contoh di atas.

Baca Juga: 5 Olahan dari Kentang Tumbuk yang Anti Mainstream, Makin Kenyang!

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya