Comscore Tracker

5 Ragam Bread Pudding dari Roti Tawar Gandum yang Menggugah Selera

Ada bread pudding bercita rasa gurih juga, lho!

Bread pudding biasanya diolah dengan memanfaatkan kelebihan roti tawar yang ada di rumah. Hanya dnegan campuran telur dan susu, olahan ini bisa menjelma menjadi kudapan nikmat untuk teman santai bersama keluarga.

Namun, tidak hanya roti tawar putih yang bisa diolah menjadi bread pudding. Rekanannya, seperti roti tawar gandum pun tidak kalah nikmat untuk dimasak menjadi olahan serupa, seperti lima sajian berikut ini.

1. Nuts and dried fruit wheat bread pudding

5 Ragam Bread Pudding dari Roti Tawar Gandum yang Menggugah Selerafoodal.com/Shanna Mallon

Salah satu menu bread pudding dengan menggunakan roti tawar gandum yang bisa dibuat adalah nuts and dried fruit wheat bread pudding. Banyaknya komponen yang ada dalam olahan ini membuat tekstur makanan menjadi lebih beragam.

Di dalamnya, kamu bisa menambahkan walnut, buah kering seperti dried figs, potongan apel panggang, serta aneka kacang-kacangan lain yang kamu suka. Penggunaan pala dan kayu manis juga berperan penting dalam menambah aroma, lho.

2. Caramel wheat bread pudding

5 Ragam Bread Pudding dari Roti Tawar Gandum yang Menggugah Selerabettycrocker.com

Puding roti dengan karamel memang menjadi salah satu alternatif sajian yang tidak pernah mengecewakan. Rasa lelehan gula yang mendampingi puding membuat makanan ini menjadi hidangan penutup yang wajib kamu cicipi.

Nah, caramel bread pudding sendiri bisa pula diolah menggunakan roti tawar gandum.  Kamu hanya perlu menghacurkan roti menggunakan blende, food processor atau langsung disobek-sobek saja.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Berbahan Roti Tawar Sisa, Lezat dan Gak Bikin Bosan!

3. Condensed milk wheat bread pudding

5 Ragam Bread Pudding dari Roti Tawar Gandum yang Menggugah Seleracarnation.co.uk

Salah satu hidangan klasik dari puding roti yang banyak digemari adalah condensed milk bread pudding. Namun, gak harus menggunakan roti putih, kamu pun bisa mengolah hidangan nikmat ini memakai roti tawar gandum.

Campuran yang dipakai dalam olahan tersebut tidak cuma terdiri dari susu kental manis, api juga susu segar, mentega, telur, dan rempah-rempah seperti pala. Penambahan pala dimaksudkan untuk menambahkan aroma dan rasa bread pudding satu ini, agar semakin kaya.

4. Mushroom wheat bread pudding

5 Ragam Bread Pudding dari Roti Tawar Gandum yang Menggugah Selerafood52.com/Linda Xiao

Untuk menikmati bread pudding dengan sentuhan berbeda, kamu bisa mencicipi mushroom wheat bread pudding yang bercita rasa gurih. Sajian ini cocok dihidangkan bagi kamu yang kurang suka dengan makanan manis.

Jenis jamur yang dipakai pun bisa apa saja. Namun, untuk menambah kenikmatan ada baiknya gunakan jamur segar dan jamur sup. Jangan lupa juga untuk menyertakan campuran keju beserta rempah penambah rasa.

5. Sweet potato bread pudding

5 Ragam Bread Pudding dari Roti Tawar Gandum yang Menggugah Selerathespruceeats.com/Diana Rattray

Sajian bread pudding selanjutnya dapat diolah menggunakan campuran antara roti gandum dengan ubi. Rasa keduanya bisa saling melengkapi dan membuat makanan menjadi tambah sedap namun dengan rasa manis yang pas.

Untuk penggunaan ubi dalam adonan, ada baiknya terlebih dahulu dihaluskan sampai berbentuk bubur agar memudahkan percampuran dengan bahan-bahan lain. Jangan lupa tambahkan brown sugar supaya makin enak.

Itu dia lima olahan bread pudding dari roti tawar gandum yang bisa menjadi inspirasi kudapan di rumah. Apakah kamu tertarik untuk membuat salah satu ragam bread pudding di atas?

Baca Juga: Resep Bread Pudding, Camilan yang Bisa Dimakan Hangat atau Dingin

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya