Comscore Tracker

5 Ragam Olahan Kacang Rebus, anti Bosan Kudu Coba!

Selain direbus, kacang juga bisa dijadikan acara, lho!

Kacang tanah merupakan salah satu hasil tanam yang umum dijumpai di tanah air. Cara termudah dalam mengolah bahan makanan ini adalah dengan metode perebusan, sehingga rasanya jadi lebih gurih dan lembut.

Namun, kreasi kacang rebus tidak berhenti sampai di situ saja, melainkan ada berbagai olahan menarik yang patut dicicipi. Seperti lima hidangan kacang rebus menarik hati berikut ini.

1. Kacang rebus cajun

5 Ragam Olahan Kacang Rebus, anti Bosan Kudu Coba!ilustrasi kacang rebus cajun (pixabay.com/Annette Meyer)

Kacang rebus hendaknya tidak cuma dimasak menggunakan garam, melainkan pakai pula cajun seasoning untuk menghasilkan masakan yang lebih berbumbu. Cajun adalah gabungan dari bubuk paprika, cabai cayenne, oregano, bawang putih, sampai merica. 

Proses perebusan membutuhkan kesabaran, sebab ketika mendidihkan air, bumbu cajun, garam, dan bawang putih, diperlukan waktu memasak kacang hingga mencapai waktu berjam-jam sampai lunak.

2. Kacang rebus bruschetta

5 Ragam Olahan Kacang Rebus, anti Bosan Kudu Coba!ilustrasi kacang rebus bruschetta (pixabay.com/Яна Тикунова)

Bruschetta adalah makanan Italia yang terbuat dari irisan roti berbentuk mini. Biasanya, roti ini akan dibumbui dengan olive oil dan bawang putih, untuk dipanggang sampai menghasilkan rasa yang lebih gurih.

Sebagai topping, gunakan kacang tanah yang telah dikeluarkan dari kulit, dan rebus menggunakan sedikit mentega serta tambahan air. Letakkan dalam roti. Lengkap bersama buah yang telah dimasak bersama gula.

3. Salad kacang rebus

5 Ragam Olahan Kacang Rebus, anti Bosan Kudu Coba!ilustrasi salad kacang rebus (pexels.com/Piotr Arnoldes)

Kacang rebus menjadi salah satu komponen yang juga cocok untuk dijadikan salad. Selain lebih enak, keberadaan kacang mampu memberikan tekstur, namun tetap lembut dan tidak kalah menggugah selera.

Teman salad yang bisa dipersiapkan setelah kacang adalah irisan mentimun, wortel, bawang bombai, dan tomat. Berikan dressing dari campuran air lemon serta garam dan lada, maka salad pun siap disantap.

Baca Juga: 5 Olahan Berbahan Kacang Merah yang Lezat, Mana Menu Favoritmu?

4. Chaat kacang rebus

5 Ragam Olahan Kacang Rebus, anti Bosan Kudu Coba!ilustrasi chaat kacang rebus (pixabay.com/Usman Yousaf)

Chaat dapat dijadikan salah satu snack sehat yang berasal dari bahan-bahan serba rebus dan segar. Makanan ini mengandung kacang tanah yang membuatnya semakin nikmat, terutama ketika disantap saat sore hari.

Kacang perlu direbus bersama kunyit dan garam selama beberapa jam. Sedangkan bahan lain yang disiapkan adalah delima, tomat, bawang bombai, serta bumbu-bumbu seperti daun ketumbar, chat masala, air lemon, garam, dan bubuk cabai.

5. Acar kacang rebus

5 Ragam Olahan Kacang Rebus, anti Bosan Kudu Coba!ilustrasi acar kacang rebus (pixabay.com/idobicollection)

Kacang tanah bisa diawetkan untuk menjadi acar, sebagai teman makan aneka hidangan berat. Namun terlebih dahulu bahan ini perlu direbus, agar tekstur kacang jadi lebih lunak dan berbumbu.

Setelah dikeluarkan dari kulit, kacang bisa dimasak kembali dalam campuran cuka, lada dan garam, serta bawang putih. Setelah tercampur rata, matikan kompor, lalu tuang ke dalam wadah. Simpan dalam lemari es sampai beberapa minggu ke depan.

Mengolah kacang tanah jadi hidangan serba rebus rupanya tidak membosankan, apalagi jika makanan tersebut dikreasikan seperti lima sajian di atas. Sudah pasti makin yummy!

Baca Juga: 5 Olahan Kacang Polong Pure untuk Ide Makan Berat yang Nikmat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya