Comscore Tracker

5 Sajian Custard Serba Goreng, Bikin Sulit Berpaling

Makanan ini punya tekstur lembut yang menggugah selera

Custard menjadi salah satu krim favorit yang kerap digunakan untuk menyempurnakan sebuah makanan. Bahan utama pembuatan custard sendiri sering diolah memakai kuning telur dan susu, sehingga memiliki konsentrasi kekentalan yang lebih padat.

Dalam kreasinya, custard tidak dapat dijauhkan dari aneka hidangan. Mulai dari gorengan sampai kue panggang sekalipun.

Namun kali ini, kamu bisa mengolah custard menjadi lima sajian serba goreng yang nikmat, dan bikin gak bisa berpaling. Simak yuk!

1. Leche frita

5 Sajian Custard Serba Goreng, Bikin Sulit Berpalingilustrasi leche frita (thespruceeats.com/The Spruce Ali Redmond)

Leche frita menjadi salah satu sajian dari custard yang gak boleh dilewatkan. Makanan ini merupakan kreasi menarik asal Spanyol yang memiliki tekstur lembut di dalam, dan renyah pada bagian luar.

Bahan pembuatan custard memerlukan komponen yang terdiri dari susu, telur, gula, air lemon, kayu manis, dan tepung maizena. Masak sampai larut, lalu masukkan dalam kulkas. Bila sudah mengeras, balurkan telur dan tepung, kemudian goreng.

2. Fried custard tart

5 Sajian Custard Serba Goreng, Bikin Sulit Berpalingilustrasi fried custard tart (pixabay.com/RitaE)

Siapa bilang tart hanya bisa diolah dengan cara dipanggang, sebab makanan ini pun mampu dimasak menggunakan cara digoreng, dan tetap memiliki rasa yang enak, sekaligus tekstur yang pas.

Olah custard di tempat terpisah, dan diamkan selama beberapa saat agar lebih kental. Kemudian siapkan pastri instan yang telah dipotong-potong, tambahkan custard, lalu tutup. Goreng dengan metode deep fry, kemudian sajikan selagi hangat.

3. Fried custard pudding

5 Sajian Custard Serba Goreng, Bikin Sulit Berpalingilustrasi fried custard pudding (youtube.com/Filipino Taste Files)

Olahan custard goreng berikut ini menjadi salah satu sajian praktis yang cocok buat teman bersantai. Meskipun agak mirip dengan leche frita, namun fried custard pudding tak memerlukan baluran telur dan tepung sebelum digoreng.

Campur bahan custard menjadi satu, mulai dari kuning telur, susu, gula, maizena, dan sedikit garam. Masak hingga mengental, lalu biarkan dalam freezer sampai mengeras. Lelehkan mentega dalam wajan, goreng sampai permukaan custard kecokelatan.

Baca Juga: 5 Kreasi Olahan Custard Cake yang Punya Tekstur Lembut di Lidah

4. Bomboloni custard filling

5 Sajian Custard Serba Goreng, Bikin Sulit Berpalingilustrasi bomboloni custard filling (unsplash.com/Gerold Hinzen)

Bomboloni merupakan salah satu keluarga donat yang sedang populer. Berbeda dari donat biasa, hidangan ini cenderung tidak memiliki lubang pada bagian tengah, dan kerap diganti memakai isian sedap.

Makanan dengan bahan baku tepung dan ragi tersebut perlu digoreng terlebih dahulu sampai mengembang. Setelah itu, lubangi salah satu bagian donat, dan semprotkan krim custard ke dalam hidangan ini.

5. Custard bun

5 Sajian Custard Serba Goreng, Bikin Sulit Berpalingilustrasi custard bun (pixabay.com/Matthias Böckel)

Salah satu kreasi nikmat dari custard yang tidak dapat dilewatkan adalah olahan custard bun. Makanan ini merupakan perpaduan antara roti yang diisi menggunakan krim, sehingga rasanya jadi lebih nikmat saat disantap.

Gak harus dimasak dengan cara dipanggang, sebab roti pun dapat diolah dengan cara digoreng. Cukup siapkan adonan utama, dan tambahkan custard ke dalamnya. Bulatkan sampai isian berada di tengah, kemudian goreng memakai teknik deep fry.

Kenikmatan custard bisa ditemukan dalam bermacam-macam olahan. Tak harus menggunakan cara yang ribet, sebab lima olahan serba goreng di atas pun mampu memenuhi keinginanmu.

Baca Juga: 5 Inspirasi Olahan Mini Custard Tart untuk Pencinta Makanan Lembut

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • erwanto

Berita Terkini Lainnya