Comscore Tracker

5 Sajian Sedap dengan Sirup Agave, Pengganti Madu dari Tanaman!

Komponen ini disinyalir lebih manis dari madu, lho

Siapa bilang kalau pemanis alami hanya terbuat dari tebu atau madu. Selain itu, ternyata ada tanaman penghasil nektar lainnya yang justru lebih manis dari kedua bahan baku tersebut, lho.

Komponen tersebut dikenal dengan nama sirup agave. Teksturnya agak sedikit lebih encer dibandingkan madu, serta dibuat dari tanaman berdaun panjang yang juga sama-sama bernama agave.

Penggunaan sirup ini pun hampir mirip dengan pemanis lainnya, namun kamu bisa menerapkan bahan tersebut untuk lima hidangan berikut supaya tambah maksimal saat dikonsumsi.

1. Pear tart with agave

5 Sajian Sedap dengan Sirup Agave, Pengganti Madu dari Tanaman!ilustrasi pear tart with agave (pexels.com/solod_sha)

Olahan pertama yang bisa disantap menggunakan sirup agave merupakan salah satu hidangan favorit. Yaitu pai buah. Seperti biasa, kamu bisa menggunakan kulit siap pakai untuk mempermudah pengolahan.

Sedangkan sirup ditambahkan ke dalam potongan buah pir bersama air lemon dan quince jelly. Kemudian tuangkan di atas pie crust untuk dipanggang selama beberapa saat, sampai semua bagian matang dengan baik.

2. Oatmeal with agave

5 Sajian Sedap dengan Sirup Agave, Pengganti Madu dari Tanaman!ilustrasi agave oatmeal (pexels.com/eat kubba)

Oatmeal menjadi hidangan alternatif yang sangat pas dijadikan menu sarapan. Selain mengenyangkan, pengolahan oatmeal pun cenderung seru karena bisa dibuat secara sederhana namun menghasilkan rasa yang maksimal.

Pada kreasinya dengan sirup agave, oatmeal bisa dimasak bersama susu. Kemudian siapkan aneka potongan buah segar, kacang-kacangan atau biji-bijian, lalu sempurnakan memakai agave untuk memaksimalkan rasa manis dalam sajian.

Baca Juga: 6 Manfaat Madu yang Ajaib Bagi Kesehatan, Wajib Diketahui!

3. Agave salmon

5 Sajian Sedap dengan Sirup Agave, Pengganti Madu dari Tanaman!ilustrasi agave salmon (pexels.com/Krisztina Papp)

Salmon adalah salah satu ikan yang tidak memerlukan banyak bumbu khusus untuk bisa menghasilkan santapan lezat. Bahkan kamu bisa memakai bahan perasa dasar dalam bumbu marinasi untuk menjadikan salmon tambah legit.

Dalam kreasinya berikut ini, salmon perlu dimarinasi memakai campuran antara air lemon, sirup agave, dan bawang putih. Namun jangan lupa lumuri memakai garam dan lada sebelumnya, agar rasa ikan menjadi ekstra nikmat.

4. Agave shrimp

5 Sajian Sedap dengan Sirup Agave, Pengganti Madu dari Tanaman!ilustrasi agave shrimp (pexels.com/Marianna)

Masih seputar makanan bercita rasa asin, hidangan yang berikut ini akan terkait dengan seafood dan mampu menghasilkan perpaduan makanan menggugah selera. Terlebih, makanan laut seperti udang memang memiliki rasa manis alami.

Keberadaan agave dalam hidangan ini diperlukan untuk salah satu penunjang marinasi. Campurkan bersama jintan, air lemon, air jeruk, bubuk cabai, serta aneka bumbu perasa. Diamkan di dalam udang, kemudian masak hingga seafood ini matang.

5. Agave smoothie

5 Sajian Sedap dengan Sirup Agave, Pengganti Madu dari Tanaman!ilustrasi agave smoothie (pexels.com/alleksana)

Sebagai pemanis yang dapat menggantikan keberadaan madu, sudah sepatutnya bahwa agave bisa digunakan untuk melengkapi aneka makanan dan minuman populer. Salah satunya adalah olahan smoothie.

Kamu bisa menggunakan percampuran antara dua atau lebih jenis buah, semisal pisang dan bluberi. Kemudian haluskan bersamaan dengan yoghurt dan sirup agave di dalam blender sampai semua bahan tercampur rata.

Menggunakan agave sebagai bahan makanan untuk keperluan sehari-hari bisa dijadikan alternatif apabila kamu merupakan seseorang yang senang dengan aneka hidangan manis. Yuk, cobain!

Baca Juga: 5 Camilan dengan Sirup Jagung yang Bikin Makanan Mengkilap

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya