Comscore Tracker

5 Tips Bikin Pie supaya Hasil Istimewa, Kulitnya Gak Basah!

Banyak detail sederhana yang perlu diperhatikan, nih

Saat ini pie buah menjadi kudapan manis yang begitu disukai oleh berbagai lapisan masyarakat. Makanan tersebut mempunyai perpaduan tekstur yang unik, di mana kulitnya cenderung renyah dengan kombinasi isian buah segar yang bikin legit.

Cara membuat pie buah tentunya akan berbeda dari satu resep dan resep lain. Namun berikut ini terdapat lima tips bikin pie supaya terasa lebih menarik dari segi penampilan maupun rasa, biar hidangan kamu gak kalah istimewa dari pie yang dijual di luar sana. Simak, yuk!

1. Panggang kulit pie secara terpisah

5 Tips Bikin Pie supaya Hasil Istimewa, Kulitnya Gak Basah!ilustrasi kulit pai (pexels.com/Anna Pyshniuk)

Salah satu tips supaya pie buah memiliki penampilan cantik dan rasa yang lezat bisa dilakukan dengan cara memanggang kulit secara terpisah. Metode ini cukup populer untuk beberapa jenis pie dengan isian segar, supaya kulitnya memiliki tekstur renyah yang pas ketika dimakan.

Memanggang kulit secara terpisah akan membuat tekstur dari crust tersebut tidak gampang menyusut. Terlebih isian pie buah yang cenderung menggunakan bahan-bahan segar akan rentan  sekali membuat kulitnya menjadi basah. Makanya metode ini sangat disarankan supaya seluruh bahan tetap kokoh dan tidak merusak satu sama lain.

2. Jangan biarkan kulit masih dalam kondisi mentah 

5 Tips Bikin Pie supaya Hasil Istimewa, Kulitnya Gak Basah!ilustrasi perempuan di dekat oven (pexels.com/Ron Lach)

Selain masalah metode pemanggangan, waktu pemasakan kulit pie juga perlu diperhatikan secara detail. Ini karena tekstur yang diinginkan untuk kulitnya mesti pas, tidak terlalu keras maupun terlalu lembut karena akan gampang yang berubah ketika diisi dengan macam-macam toping yang berat.

Waktu memanggang yang tepat akan membuat kulit pie jadi jauh lebih kokoh. Selain itu, warnanya juga lebih menarik dan tidak pucat apalagi kalau kamu mengolesi seluruh permukaan memakai kocokan telur. Memanggangnya dalam waktu yang kurang akan mempengaruhi teksturnya menjadi tidak sempurna dan mengubah rasa makanan itu sendiri.

3. Tambahkan pastry cream sebagai penetral 

5 Tips Bikin Pie supaya Hasil Istimewa, Kulitnya Gak Basah!ilustrasi pembuatan krim (pexels.com/Vlada Karpovich)

Supaya kombinasi antara kulit dan isian pie semakin sempurna, maka perlu adanya bahan lain yang menengahi dua tekstur tersebut. Komponen itu bukan lain adalah pastry cream. Biasanya penggunaan krim ini dipakai untuk mencegah supaya tekstur makanan tidak terlalu kering.

Pastry cream juga berfungsi untuk memberikan sensasi rasa yang lebih solid dan manis. Umumnya penggunaan krim ini diaplikasikan ke dalam kulit pie sebelum peletakan buah, sehingga isiannya jadi lebih bervolume ketika dihias.

Baca Juga: Resep Matcha Mini Pie, Kreasi Camilan Mungil buat Suguhan Spesial

4. Pilih buah yang sudah matang

5 Tips Bikin Pie supaya Hasil Istimewa, Kulitnya Gak Basah!ilustrasi kiwi potong (pexels.com/PhotoMIX Company)

Bukan cuma masalah kulit, tetapi isiannya juga mesti dipilih secara tepat. Seperti diketahui fruit pie memiliki isian yang terdari bermacam-macam buah segar yang membuat penampilannya semakin cantik dan rasanya pun jadi lebih manis alami. Namun bagian ini juga perlu diperhatikan secara khusus, lho.

Ada beberapa faktor yang menentukan kesuksesan pembuatan pie buah ini. Salah satu di antaranya adalah kematangan buah. Selain mempengaruhi dari sisi rasa, buah yang sudah matang akan membuat tekstur pie lebih nikmat. Itu disebabkan oleh beberapa buah mentah biasanya memiliki tekstur agak keras sehingga akan merusak hidangan tersebut jika disertakan sebagai toping.

5. Buat bagian topping tampak berkilau

5 Tips Bikin Pie supaya Hasil Istimewa, Kulitnya Gak Basah!ilustrasi tart buah (pexels.com/Nestor Cortez)

Cara yang satu ini terbilang sederhana tetapi mampu mengubah penampilan pie buah supaya terasa lebih Istimewa. Itu karena bagian topping perlu dilapisi menggunakan cairan-cairan khusus supaya penampilannya jadi lebih berkilau dan tampak mewah.

Biasanya bagian buah yang sudah disusun sebagai topping akan diolesi menggunakan sirup atau dapat pula disapukan memakai adonan agar-agar tanpa warna. Dengan begini penampilan pie menjadi lebih sempurna karena ada kilatan glossy di permukaan buah yang lebih menggugah selera.

Membuat pie buah sendiri tentunya memiliki berbagai kelebihan. Beberapa di antaranya kamu bisa memilih buah yang hendak digunakan dan menghindari beberapa kondisi merugikan, seperti kulit pie basah dan menyusut. Tinggal perhatikan lima tips bikin pie di atas supaya makanan rumahan kamu gak kalah enak dari versi toko kue.

Baca Juga: 5 Resep Pie Mini Aneka Topping, Ada Rasa Kopi hingga Blackforest

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya