Comscore Tracker

5 Tips Membuat Ovenight Oat untuk Teman Sarapan Praktis

Penggunaan susu bisa membuat makanan semakin enak, lho

Overnight oat adalah menu sarapan populer yang dibuat semalam sebelumnya menggunakan bahan utama berupa oat, air, dan isian lain. Makanan ini perlu disimpan di lemari pendingin sebelum dinikmati keesokan harinya.

Meski tampak sederhana, tetapi masih banyak yang gagal dalam membuat overnight oat. Maka dari itu, simak dulu lima tips sederhana berikut ini yang akan membuat penganan tersebut berhasil dinikmati saat pagi hari.

1. Perhatikan takaran cairan yang digunakan

5 Tips Membuat Ovenight Oat untuk Teman Sarapan Praktisilustrasi oat dan susu (pexels.com/Monserrat Soldú)

Proses pembuatan overnight oats mengharuskan makanan disimpan semalaman. Maka dari itu, cairan yang digunakan harus pas untuk menghindari tekstur oat yang terlalu padat dan keras. Jumlah tersebut bisa disesuaikan dengan banyaknya oat yang digunakan dalam olahan.

Biasanya ukuran aman yang paling pas digunakan dalam membuat overnight oats adalah minimal 1:1 atau maksimal terdiri dari dua kali lipat dari versi membuat oat biasa. Jumlah ini akan menjaga tekstur oat supaya tetap chewy dan lembut saat dinikmati keesokan harinya.

2. Pilih jenis oat yang tepat

5 Tips Membuat Ovenight Oat untuk Teman Sarapan Praktisilustrasi oat (pexels.com/Karyna Panchenko)

Oat memiliki banyak sekali jenis yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Tiga tipe paling populer terbagi atas rolled oat, instan oat, dan cooking oat. Semuanya dapat diolah menjadi overnight oat, namun untuk hasil yang maksimal kamu bisa memakai rolled oat.

Karakteristik dari oat yang satu ini cenderung agak keras dan memiliki ukuran cukup besar. Namun justru tipikal oat seperti ini akan menghasilkan overnight oat yang creamy dan bertekstur lembut saat dinikmati.

Baca Juga: 5 Produk Sereal Jagung untuk Teman Sarapan Praktis

3. Jangan langsung menambahkan isian

5 Tips Membuat Ovenight Oat untuk Teman Sarapan Praktisilustrasi susu dan buah-buahan (unsplash.com/Cleanlight Photo)

Menambahkan isian di dalam overnight oats juga mesti diperhatikan. Beberapa bahan ada yang lebih cocok dimasukkan pada pagi hari sebelum disantap untuk menjaga rasa dan tekstur makanan supaya tetap lezat.

Bahan-bahan yang cocok dimasukkan saat malam hari adalah buah kering hingga biji chia. Sementara buah segar, granola, dan biji-bijian lain dapat dimasukkan saat pagi hari sebelum overnight oat dinikmati.

4. Cairan yang berbeda akan menghasilkan rasa berbeda pula

5 Tips Membuat Ovenight Oat untuk Teman Sarapan Praktisilustrasi oat milk (freepik.com/bublikhaus)

Penggunaan bahan cair dalam proses pembuatan overnight oat sangat berpengaruh terhadap rasa. Beberapa opsi yang dapat kamu gunakan adalah air biasa, susu, santan, dan air kelapa. Tentunya penggunaan tersebut bisa disesuaikan dengan rasa yang pas di lidah kamu.

Kebanyakan orang lebih senang menggunakan susu karena bisa membuat rasa overnight oat lebih creamy, gurih, dan kental. Jenis susu pun sangat beragam, bisa pakai susu UHT, almon, bahkan susu rendah gula yang cocok untuk diet.

5. Pilih pemanis alami untuk rasa dan aroma yang maksimal

5 Tips Membuat Ovenight Oat untuk Teman Sarapan Praktisilustrasi sirup maple (pixabay.com/piviso)

Menggunakan pemanis alami akan membuat olahan overnight oat ini lebih rendah kalori dan sehat. Dibandingkan gula pasir, kamu bisa menambahkan bahan-bahan lain yang bisa membuat makanan ini lebih enak.

Selain menggunakan buah-buahan sebagai sumber pemanis, kamu juga dapat menggunakan sirop maple atau madu yang bebas tambahan gula. Dengan begini, makanan juga akan terasa lebih wangi dan membangkitkan selera makan.

Membuat overnight oat bisa diperhatikan sejak pemilihan jenis oat hingga bahan-bahan yang digunakan supaya hasilnya enak. Jangan sungkan untuk berkreasi dengan aneka isian untuk menghasilkan makanan yang nikmat dan segar saat sarapan.

Baca Juga: 5 Resep Kreasi Oat ala Devina Hermawan, Solusi Ngemil Asyik dan Nikmat

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya