Comscore Tracker

5 Tips Ngopi Rendah Kalori di Kafe, Cocok untuk Diet

Perhatikan jenis menu dan bahan tambahan yang digunakan!

Saat sedang menjalankan program diet, asupan kalori menjadi sesuatu yang perlu diperhatikan supaya program lancar dan kamu mendapatkan berat badan ideal. Namun tantangan kerap ditemukan saat bepergian ke sebuah tempat nongkrong, semisal kedai kopi karena takut memilih minuman tinggi kalori.

Bagi kamu yang tengah menjalani program penurunan berat badan namun tetap ingin menikmati kopi di coffee shop bareng teman, ini lima tips ngopi rendah kalori yang bisa diterapkan.

1. Pilih menu americano

5 Tips Ngopi Rendah Kalori di Kafe, Cocok untuk Dietice americano (unsplash.com/Blake Wisz)

Salah satu menu yang terkenal memiliki sensasi kopi cukup pekat namun tergolong rendah kalori adalah americano. Minuman ini dibuat dengan menghadirkan espresso dan diseduh menggunakan air panas. Biasanya minuman juga disajikan bersama es batu biar sensasinya lebih menggugah selera.

Selain itu, americano tanpa tambahan gula memiliki nilai kalori yang sangat kecil sehingga cocok dinikmati bagi kamu yang sedang ingin nongkrong tanpa takut lonjakan kalori dari minuman yang dipilih. Tentu saja pemilihan minuman ini harus disesuaikan dengan tubuh, sebab ada beberapa orang yang memiliki toleransi rendah terhadap kafein.

2. Ganti susu biasa dengan alternatif lain

5 Tips Ngopi Rendah Kalori di Kafe, Cocok untuk Dietilustrasi menuangkan susu (pexels.com/Windo Nugroho)

Jika kamu ingin menikmati kopi dengan tambahan susu, maka jangan ragu untuk menanyakan alternatif susu lain yang bisa mengurangi nilai kalori pada minuman. Di beberapa coffee shop, kamu dapat memilih jenis susu yang hendak digunakan untuk campuran minuman biar rasa dan kalorinya jadi seimbang.

Beberapa jenis susu yang dapat dijadikan pengganti dari versi full cream adalah low fat, oatmilk, atau almond milk. Kombinasinya dengan minuman serba kopi akan terasa lezat namun kalorinya sedikit lebih rendah sehingga bisa kamu nikmati sebagai minuman saat tengah diet.

3. Perhatikan takaran dan jenis pemanis

5 Tips Ngopi Rendah Kalori di Kafe, Cocok untuk Dietilustrasi gula cokelat (pixabay.com/moritz320)

Dalam menikmati kopi di beberapa coffee shop, kamu bisa menentukan sendiri takaran pemanis yang dipakai pada minuman. Saat sedang diet, maka kandungan gula mesti diperhatikan dengan seksama agar tidak berlebihan.

Kamu bisa memilih minuman versi rendah gula atau ganti menggunakan gula nol kalori biar lebih sehat. Salah satunya adalah stevia yang menjadi alternatif pengganti gula pasir biasa dan sering dipakai oleh orang-orang yang tengah diet maupun menderita penyakit tertentu.

Baca Juga: 5 Tips Menghias Kue Pakai Meses, Tampilan Cantik Rasa Ciamik!

4. Pilih ukuran yang pas

5 Tips Ngopi Rendah Kalori di Kafe, Cocok untuk Dietilustrasi ilustrasi kopi (pexels.com/samer daboul)

Menikmati kopi juga perlu diperhatikan porsinya, jangan terlalu berlebihan supaya kalori tetap terjaga. Apalagi jika minuman tersebut sudah ditambah menggunakan banyak komponen, maka kamu harus pintar-pintar memilih takaran yang pas untuk dinikmati.

Kebanyakan kedai kopi kekinian menawarkan beberapa ukuran minuman untuk disajikan. Di sini kamu bisa memanfaatkan hal tersebut untuk dijadikan pertimbangan agar ngopi tetap lancar namun sesuai track dan cukup bagi tubuh.

5. Hindari menggunakan terlalu banyak bahan tambahan

5 Tips Ngopi Rendah Kalori di Kafe, Cocok untuk Dietilustrasi kopi susu (pexels.com/Yaroslav Shuraev)

Diketahui, dalam proses pembuatan kopi di coffee shop ada banyak bahan tambahan yang kerap digunakan dalam membuat minuman agar berbeda. Mulai dari jenis kopi, susu, sirop, krim, hingga bahan-bahan manis lainnya yang membuat nilai kalori minuman bertambah tinggi.

Jika kamu sedang menjalankan program diet, sebaiknya hindari penggunaan bahan-bahan tambahan yang bisa membuat kalori minuman melonjak. Semakin sedikit bahan yang dipakai dalam minuman bisa membuat angka kalorinya pun ikut menyusut.

Gak ada salahnya untuk orang-orang yang sedang melakukan program diet pergi ke kedai kopi. Tetapi jangan sampai kalap dan membuat jumlah kalori yang diperlukan habis hanya untuk seporsi minuman. Jangan lupa terapkan pula tips ngopi rendah kalori di atas dan perhatikan kandungan bahan serta nilai kalorinya, ya.

Baca Juga: Berhenti Ngopi? Ini 5 Gejala Putus Kafein yang Mungkin Kamu Alami 

Intan Pratiwi Buchr Photo Verified Writer Intan Pratiwi Buchr

Sempat ingin jadi astronaut, tapi sekarang jadi pegawai di bumi~ let's connect with me at hallonanas@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Debby Utomo

Berita Terkini Lainnya