Comscore Tracker

5 Rekomendasi Kedai Bakso Unik di Surabaya, Bikin Air Liur Menetes

#IDNTimesFood Pencinta bakso wajib cobain semuanya

Bakso selalu menjadi kuliner andalan orang Indonesia, terutama saat cuaca sedang dingin dan ingin menyantap makanan berkuah. Kabar baiknya, bakso semakin dikreasi menjadi berbagai jenis dan ukuran. 

Salah satu kota yang menawarkan aneka jenis bakso yakni Surabaya. Nah, jika kamu sedang singgah di Surabaya, beberapa kedai bakso berikut bisa jadi wisata kulineranmu. Hati-hati ketagihan dengan kenikmatannya, ya!

1. Bakso Bringas

5 Rekomendasi Kedai Bakso Unik di Surabaya, Bikin Air Liur MenetesBakso Bringas (instagram.com/temangendut)

Menebak dari namanya, kamu pasti langsung paham kalau bakso yang dijual kedai Bakso Bringas menawarkan sensasi rasa pedas yang gak biasa. Kuah bakso di sini bukan sekadar kuah kaldu, tapi juga dengan suguhan cabai-cabai rawit yang aromanya menggelitik bulu hidung.

Bakso yang disajikan dengah kuah cabai tersebut disiram lagi dengan sambal. Sensasi rasa pedasnya jangan ditanya, bikin lidahmu auto terbakar dan keringat mengucur deras.

Pilihan bakso di Bakso Bringas juga beragam, lho. Ada bakso original, bakso tetelan urat, bakso kikil, bakso tumpeng, hingga bakso sumsum.

Alamat: Jalan Margorejo Indah Nomor 22, Kelurahan Jemur Wonosari, Kecamatan Margorejo, Kota Surabaya

Jam operasional: Selasa-Minggu pukul 10.00-19.00 WIB dan Senin pukul 14.00-19.00 WIB

Harga: mulai dari Rp13.000

2. Bakso Boeaya

5 Rekomendasi Kedai Bakso Unik di Surabaya, Bikin Air Liur MenetesBakso lobster dan bakso seafood (instagram.com/ucybimbim)

Eits, bukan bakso pakai daging buaya ya, guys. Bakso Boeaya tetap menggunakan daging sapi asli. Uniknya, kamu bisa menjumpai bakso lobster dan seafood di sini. Duh, langsung ngiler, kan?

Lobster berukuran besar dibalut daging sapi bertekstur empuk dan gurih. Sedangkan, untuk bakso seafood, isiannya berupa bakso, kerang, dan potongan gurita. Semuanya lengkap dihidangkan dengan mi kuning dan potongan sawi.

Bagi penggemar setia daging sapi dan menghindari seafood, wajib cobain bakso iga di sini. Ciri khas bakso iga racikan Bakso Boeaya adalah menyantapnya dengan sambal taichan. Dijamin makin segar dan pedasnya nampol.

Alamat: Jalan Karah Agung Nomor 25, Kelurahan Karah, Kecamatan Jambangan, Kota Surabaya

Jam operasional: 10.00-21.00 WIB

Harga: mulai dari Rp15.000

3. Bakso Sumo

5 Rekomendasi Kedai Bakso Unik di Surabaya, Bikin Air Liur MenetesBakso mangkuk di kedai Bakso Sumo (instagram.com/baksosumosby)

Nah, kalau pengin mencoba sensasi makan bakso yang mangkuknya bisa dimakan, langsung merapat saja ke kedai Bakso Sumo. Menu Bakso Mangkuk menjadi andalan kedai ini.

Kamu bakal menjumpai bakso yang dibentuk mangkuk. Kemudian, diisi jenis bakso pada umumnya dengan tambahan irisan tomat, timun, dan selada. Ukuran bakso mangkuk di Bakso Sumo gak main-main, sehingga pastikan perutmu dalam kondisi kosong ya, biar bisa makan sepuasnya.

Alamat: Jalan Manukan Lor III Nomor 7, Kelurahan Manukan Kulon, Kecamatan Tandes, Kota Surabaya

Jam operasional: 09.00-22.00 WIB

Harga bakso mangkuk: Rp35.000

Baca Juga: [QUIZ] Caramu Makan Bakso Menunjukkan Kamu Orang Seperti Apa

4. Bakso Kabut Ning Dita

5 Rekomendasi Kedai Bakso Unik di Surabaya, Bikin Air Liur MenetesBakso Kabut Ning Dita (instagram.com/baksokabutningdita)

Bakso kabut boleh jadi lebih populer di kota asalnya, Jember. Namun, bukan berarti kamu gak bisa menikmatinya di Surabaya. Kedai Bakso Kabut Ning Dita bisa jadi jujugan kulineranmu jika ingin mencicipinya.

Buat yang masih asing dengan menu bakso kabut, daging bakso ini gak terlihat dari luar karena tertutup rapat oleh balutan telur yang dicampur bahan lain. Sedangkan, isiannya bervariasi, tergantung masing-masing peracik.

Di kedai Ning Dita sendiri, kamu bisa memesan aneka bakso kabut dengan isian daging sapi polos. Ada pula bakso yang dicampur bersama jamur, keju mozzarella, dan telur puyuh. Mau yang mana?

Alamat: Jalan Rungkut Asri I Nomor 8, Kelurahan Kali Rungkut, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya

Jam operasional: 10.00-19.00 WIB

Harga: mulai dari Rp15.000
 
 

5. Bakso Klenger

5 Rekomendasi Kedai Bakso Unik di Surabaya, Bikin Air Liur MenetesBakso Klenger (instagram.com/foodstorysby)

Terakhir, ada kedai Bakso Klenger yang dalam Bahasa Jawa berarti bakso yang bisa bikin pingsan. Bakso di sini disajikan dalam ukuran super jumbo. Dimulai dari level 1 dengan ukuran paling kecil, hingga level 9 yang beratnya mencapai 20 kilogram.

Saking gedenya ukuran bakso, setiap mangkuk bakso hanya berisi sebutir bakso dengan kuah kaldunya yang gurih. Tidak ada tambahan apa pun, seperti mi atau sayuran. Kamu tinggal menambahkan sambal atau kecap sesuai selera.

Khusus pemesanan dari level 5 ke atas, wajib memesan sehari sebelumnya karena tidak selalu ready. Sebaiknya datang ke sini membawa rombongan jika penasaran ingin menyantap bakso ukuran paling jumbo.

Alamat: Jalan Rembang Nomor 8, Kelurahan Jepara, Kecamatan Bubutan, Kota Surabaya

Jam operasional: setiap hari pukul 12.00-21.00 WIB. Jum'at libur.

Harga: Rp15.000-Rp1.000.000

Itulah lima kedai bakso unik di Surabaya yang layak jadi jujugan kulineranmu. Sebagai pencinta bakso wajib banget mencicipi semuanya!

Baca Juga: 10 Tips Membuat Bakso Ikan ala Rumahan yang Lembut dan Kenyal

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya