Comscore Tracker

7 Kuliner Legendaris Kota Bandung yang Wajib Kamu Coba, Enak Semua!

Kenikmatannya bikin susah move on

Apa yang paling kamu rindukan dari Kota Bandung? Bermacam jawaban pasti muncul di benakmu, tak terkecuali kulinernya. Rasanya memang tak lengkap berkunjung ke Kota Kembang tanpa sempat mencicipi kuliner-kuliner lezatnya.

Terlebih Bandung menyimpan deretan kuliner legendaris yang resepnya masih terus dipertahankan hingga kini. Cita rasa yang khas dan enak selalu menjadi incaran para foodies. Yuk, simak ulasan lengkap kuliner legendaris Kota Bandung berikut!

1. Warung Lotek Macan

7 Kuliner Legendaris Kota Bandung yang Wajib Kamu Coba, Enak Semua!Warung Lotek Macan (instagram.com/rianfarisa)

Lotek merupakan sajian khas Bandung yang tampilannya mirip seperti gado-gado dan pecel. Untuk menikmati lotek legendaris di Bandung, kamu bisa langsung melipir ke warung Lotek Macan. Warung ini telah melayani pembeli sejak tahun 1974.

Bumbu lotek yang manis dan asinnya sangat pas di lidah berpadu dengan aneka sayuran segar. Jangan lupa campurkan dengan kerupuk biar rasanya semakin menggigit.

Selain lotek, warung ini juga menyediakan menu rujak dan kolak. Rasa kedua menu tersebut tak kalah nikmat.

Alamat: Jalan Macan Nomor 1, Kelurahan Burangrang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung

Jam operasional: 10.00-16.30 WIB

Harga: mulai dari Rp17.000

2. Mie Naripan 127

7 Kuliner Legendaris Kota Bandung yang Wajib Kamu Coba, Enak Semua!Mie Naripan 127 (@heytheresia via instagram.com/njajan.solo)

Mulai berjualan sejak tahun 1963, Mie Naripan 127 sukses dikenal sebagai mi yamin legendaris di Bandung. Tersedia menu mi yamin manis dan asin yang disajikan lengkap dengan kuah berisi irisan babat sapi, bakso, pangsit, serta selada.

Selain mi yamin, ada menu pelengkap yang layak kamu coba, seperti bakso goreng, bakso tahu, dan bakso ikan. Aneka bakso bertekstur garing ini dihidangkan dalam potongan-potongan besar. Cukup dicocol dengan sambal, rasanya sudah nendang.

Alamat: Jalan Paledang Nomor 44, Kelurahan Paledang, Kecamatan Lengkong, Kota Bandung

Jam operasional: 07.00-20.30 WIB

Harga: mulai dari Rp30.000

3. Mie Naripan

7 Kuliner Legendaris Kota Bandung yang Wajib Kamu Coba, Enak Semua!Mie Naripan (instagram.com/harimin)

Serupa dengan Mie Naripan 127, kedai bernama Mie Naripan juga menjual mi yamin. Kabarnya, kedai Mie Naripan sudah menjajakan sajian yamin sejak tahun 1965.

Yang bikin beda, Mie Naripan menyajikan daging babi di olahan mi yang dijual. Harga mi yamin di kedai Mie Naripan juga tergolong lebih pricey, meskipun porsinya tak jauh berbeda dengan Mie Naripan 127.

Soal rasa, mi yamin manis dan asin racikan kedai Mie Naripan telah diakui kelezatannya. Kuah yamin yang terdiri dari bakso, bakso goreng, pangsit, babat, dan selada melengkapi kenikmatan sajian yamin di Mie Naripan.

Alamat: Jalan Naripan Nomor 108, Kelurahan Kebon Pisang, Kecamatan Sumurbandung, Kota Bandung

Jam operasional: 08.00-20.30 WIB

Harga: Rp85.000

4. Mie Linggarjati

7 Kuliner Legendaris Kota Bandung yang Wajib Kamu Coba, Enak Semua!Mie Linggarjati (instagram.com/edwardsuhadi)

Masih bertema mi, warung legendaris berikutnya adalah Mie Linggarjati yang sudah bertahan sejak tahun 1950. Meski menu favorit di warung ini adalah mi yamin, tapi kamu juga bisa memesan menu enak lainnya, seperti mi bakso dan bihun.

Isian mi bakso dan bihunnya sendiri ada bermacam jenis. Kamu bisa pesan isian babat, pangsit, tahu, siomay, hingga ayam. Namun, lagi-lagi kamu perlu siapkan kocek agak banyak karena harga per porsinya cukup menguras dompet.

Alamat: Jalan Balonggede Nomor 1, Kelurahan Balonggede, Kecamatan Regol, Kota Bandung

Jam operasional: 08.00-18.30 WIB

Harga: Rp52.000

Baca Juga: 10 Tempat Makan di Dekat Stasiun Bandung Paling Enak dan Populer

5. Warung Kopi Purnama

7 Kuliner Legendaris Kota Bandung yang Wajib Kamu Coba, Enak Semua!Secangkir kopi susu di Warung Kopi Purnama (instagram.com/nini.jecquiline)

Buat kamu pencinta kopi, jangan lewatkan menyesap kopi di Warung Kopi Purnama. Warung jadul ini telah eksis sejak tahun 1930. Interiornya yang masih dipertahankan kuno bikin agenda ngopi ini terasa semakin hangat.

Selain sebagai tempat ngopi, Warung Kopi Purnama juga populer banget sebagai lokasi sarapan warga Bandung. Menu-menu sederhana seperti roti selai srikaya, roti gulung telur sosis, dan tahu telur adalah beberapa sajian favorit di sini.

Serunya lagi, kamu diperbolehkan memesan aneka street food yang dijual di depan warung dan menyantapnya di dalam Warung Kopi Purnama. Wah, terbaik, deh!

Alamat: Jalan Alkateri Nomor 22, Kecamatan Braga, Kelurahan Sumurbandung, Kota Bandung

Jam operasional: 06.30-20.00 WIB

Harga: mulai dari Rp13.000

6. Sumber Hidangan

7 Kuliner Legendaris Kota Bandung yang Wajib Kamu Coba, Enak Semua!Aneka roti di toko Sumber Hidangan (instagram.com/farhahhazimah)

Beralih ke Jalan Braga, kamu bisa memborong roti jadul di Toko Sumber Hidangan. Aneka roti yang dijual di sini sudah ada sejak tahun 1929. Resep dan nama roti yang terus dipertahankan dari dulu membuat Sumber Hidangan selalu di hati pelanggan setianya.

Tak hanya take away, tapi kamu pun boleh menyantap sajian roti secara dine-in di Toko Sumber Hidangan. Biar semakin lengkap, jangan lupa memesan menu es krimnya. Tersedia rasa vanila, moka, cokelat, kopyor, tutti frutti, kombinasi, dan sebagainya.

Alamat: Jalan Braga Nomor 20-22, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumurbandung, Kota Bandung

Jam operasional: 09.30-15.30 WIB (Minggu tutup)

Harga: mulai dari Rp11.000

7. Braga Permai

7 Kuliner Legendaris Kota Bandung yang Wajib Kamu Coba, Enak Semua!Crumbled pie di resto Braga Permai (instagram.com/bragapermaibandung)

Masih di ruas Jalan Braga, restoran mewah ini telah eksis sejak 1918. Braga Permai pernah mengalami renovasi akibat kebakaran di tahun 1960-an, tapi sama sekali tak mengubah bentuk asli bangunan.

Nuansa klasik dan jadul begitu kental saat kamu memasuki area dalam restoran. Menu yang tersedia mayoritas adalah Western food dan aneka dessert.

Kamu mungkin akan bingung mau memesan apa, pilihannya sangat beragam. Uniknya lagi, kamu bisa sekaligus belajar sejarah Braga Permai dari kisah histori yang tertulis di buku menu.

Alamat: Jalan Braga Nomor 58, Kelurahan Braga, Kecamatan Sumurbandung, Kota Bandung

Jam operasional: 09.00-22.00 WIB

Harga: mulai dari Rp25.000

Gimana, langsung kepincut dengan kuliner legendaris Kota Bandung, kan? Siap-siap jatuh hati saat mencicipinya!

Baca Juga: 10 Rekomendasi Tempat Makan Mie Kocok di Bandung, Raos Pisan!

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya