Comscore Tracker

Mau Kulineran Enak di Yogyakarta? Cobain 5 Tempat Makan Ini Deh!

#IDNTimesFood Hidden gem yang bakal memanjakan lidahmu

Bagi kamu yang sering singgah ke Yogyakarta, jangankulineran dengan menu gudeg dan gudeg mungkin terasa bosan. Saatnya kamu hunting menu baru yang gak kalah enak dan layak dicoba.

Destinasi kuliner hidden gem di Yogyakarta berikut bisa banget masuk wishlist kamu, lho. Kamu bisa agendakan sebagai menu makanmu seharian selama di Yogyakarta. Yuk, kepoin!

1. Sego Empal Bu Warno

Mau Kulineran Enak di Yogyakarta? Cobain 5 Tempat Makan Ini Deh!Sego empal Bu Warno (instagram.com/ayieats)

Buat menu sarapan, warung Sego Empal Bu Warno bakal jadi pembuka agenda kulineran yang pas. Empal sendiri merupakan daging sapi yang diiris tipis, direbus sampai empuk, dibumbui, lalu digoreng. Cara menikmatinya dengan nasi hangat dan sambal korek.

Di warung Bu Warno, daging empalnya terkenal juicy karena gak digoreng kering. Perpaduan rasa gurih, manis, dan sedikit lemak yang masih menempel di daging bikin makan nasi sepiring terasa kurang.

Selain empal, pilihan lauk lainnya juga tersedia. Mulai dari lidah, babat, usus, koyor, paru, hingga tahu dan tempe. Kalau mau beli lauk kiloan juga bisa. Cocok banget buat dijadikan oleh-oleh.

Alamat: Jalan Brigjen Katamso Nomor 129, Keparakan, Kecamatan Mergangsan, Kota Yogyakarta.

Jam operasional: 09.00-17.00 WIB

Harga menu utama: Rp21-24 ribu

2. Sate Ratu

Mau Kulineran Enak di Yogyakarta? Cobain 5 Tempat Makan Ini Deh!Sate Ratu (instagram.com/omndutsukamakan)

Beda lagi kalau kamu pengin brunch, maka kedai Sate Ratu adalah pilihan tepat. Area makannya cozy dan tersedia ruangan indoor maupun outdoor yang cukup luas. Yang bikin kamu gak perlu ragu makan di sini, yaitu Sate Ratu sudah dikunjungi oleh 85 negara, lho.

Jenis sate yang dijual adalah sate ayam. Namun, alih-alih menggunakan bumbu kacang atau bumbu kecap saat penyajian, Sate Ratu gak memakai keduanya.

Potongan daging ayam hanya dimarinasi selama berjam-jam sebelum dibakar. Jadi, gak heran kalau bumbunya telah meresap sempurna ke dalam potongan daging ayam yang ukurannya gemuk-gemuk. Nampol abis!

Selain sate ayam, ada juga menu sate lilit yang gak kalah lezat. Berbeda dengan sate lilit khas Bali yang disajikan dengan tusukan sate, sate lilit di sini hanya dipotong kotak-kotak dan dikukus.

Alamat: Jalan Sidomukti, Condongcatur, Kecamatan Depok, Kabupaten Sleman

Jam operasional: 11.00-21.00 WIB (Minggu tutup)

Harga: Rp25 ribu

3. Uma Yum Cha Dimsum

Mau Kulineran Enak di Yogyakarta? Cobain 5 Tempat Makan Ini Deh!Pilihan dimsum di Uma Yum Cha (instagram.com/umayumcha_klebengan)

Pertama kali gelar lapak di dalam Pasar Condronegaran, dimsum racikan Uma Yum Cha langsung menyabet perhatian dari pencinta kuliner asal Tiongkok ini. Harganya yang bersahabat dengan rasa yang lezat membuat dimsum Uma Yum Cha selalu laris manis.

Di dalam Pasar Condronegaran, tersedia area lesehan yang luas untuk menyantap dimsum Uma Yum Cha. Kamu bisa pesan dimsum aneka topping, seperti ayam, kepiting, wortel, dan jamur. Jangan lupa cocolin saus biar rasanya lebih nikmat.

Menu yang gak kalah enak adalah ceker kaki naga dan nasi gulung yang bentuknya miripnya sushi. Saking banyaknya penggemar Uma Yum Cha, kini kedainya sudah buka cabang di beberapa kota di Yogyakarta, Jawa Tengah, dan Jawa Timur, lho.

Alamat: Pasar Condronegaran, Gedongkiwo, Kecamatan Mantrijeron, Kota Yogyakarta

Jam operasional: 16.30-21.30 WIB

Harga: Rp3.000-10.000

Baca Juga: 5 Tempat Makan Sushi Enak di Yogyakarta, Harga Mulai dari 15 Ribuan!

4. Bakmi Jowo Pak Gembel

Mau Kulineran Enak di Yogyakarta? Cobain 5 Tempat Makan Ini Deh!Bakmi Jowo Pak Gembel plus Kopi Lhiyud (instagram.com/albijajan)

Untuk makan malam, menu makanan berkuah dan secangkir kopi agaknya jadi pilihan tepat, seperti di kedai Bakmi Jowo Pak Gembel. Selain bakmi godog dan bakmi goreng yang jadi menu utama, ada pula menu nasi goreng, roti bakar, dan pisang bakar.

Porsi bakmi di sini gak terlalu banyak, sehingga pas disantap sebagai menu dinner. Padukan menu bakmi tersebut dengan sajian kopi Lhiyud, mulai dari kopi original Aceh, kopi pancong, atau kopi susu. Buat yang gak doyan kopi, ada pilihan menu teh juga.

Suasana yang syahdu dengan iringan musik tradisional klasik bikin kulineran di Bakmi Jowo Pak Gembel terasa sempurna. Cocok banget buat menghabiskan malam di Yogyakarta.

Alamat: Jalan Kabupaten KM.3,8 Kecamatan Gamping, Kabupaten Sleman, Yogyakarta

Jam operasional: 17.00-01.00 WIB

Harga: Rp16 ribu

5. Lesehan Terang Bulan

Mau Kulineran Enak di Yogyakarta? Cobain 5 Tempat Makan Ini Deh!Burung dara goreng (instagram.com/rbunawann)

Jika ternyata saat tengah malam perutmu masih butuh asupan, jangan ragu mengarahkan tujuan ke warung Lesehan Terang Bulan. Tak hanya menjual menu yang menggugah selera, nuansa khas Yogyakarta di sini terasa sangat kental.

Dengan banyaknya menu yang ditawarkan, burung dara goreng adalah salah satu menu paling favorit. Disantap dengan nasi hangat dan sambal bawang, nikmatnya tiada tara. Sedangkan, menu lainnya yang bisa dipilih antara lain ayam goreng, bebek goreng, gudeg.

Selama menikmati hidangan di Lesehan Terang Bulan, kamu bakal ditemani irama dari live music musisi jalanan. Biasanya, semakin malam warung lesehan ini justru semakin ramai, terlebih saat weekend. Kamu terancam kesulitan mencari tempat duduk karena penuh pengunjung.

Alamat: Jalan Margo Mulyo, Ngupasan, Kecamatan Gondomanan, Kota Yogyakarta

Jam operasional: 21.00-02.00 WIB

Harga: mulai dari Rp7.000

Nah, sudah kebayang, kan kelezatan kulineran seharian di Yogyakarta? Kamu sudah cobain semuanya, belum?

Baca Juga: 5 Tempat Wedangan di Yogyakarta yang Asyik Dikunjungi Malam Hari 

yummy-banner

Topic:

  • Dewi Suci R.

Berita Terkini Lainnya