Comscore Tracker

5 Fakta Gado-gado Cemara, Sajian Legendaris Jakarta Harus Dicoba!

Saus kacangnya jadi idola

Merupakan salah satu kuliner khas dari Jakarta, gado-gado menjadi sajian wajib yang harus kamu cicipi saat singgah di Kota Metropolitan. Terdiri dari rebusan beberapa jenis sayur kemudian disiram dengan saus kacang, menu gado-gado cocok disantap sebagai menu sarapan maupun makan siang.

Di Jakarta sendiri, kamu gak bakal kesulitan menjumpai kedai yang menjual gado-gado. Namun, jika ingin mencicipi cita rasa gado-gado yang sudah eksis lebih dari tujuh dekade, maka kedai Gado-gado Cemara-lah jawabannya.

Apa saja keistimewaan Gado-gado Cemara? Simak faktanya berikut, yuk!

1. Melegenda sejak tahun 1947

5 Fakta Gado-gado Cemara, Sajian Legendaris Jakarta Harus Dicoba!instagram.com/fennyhan70

Dirintis pertama kali oleh Niawati Setiawan, Gado-gado Cemara lahir di tangannya sekitar 72 tahun yang lalu, tepatnya pada tahun 1947. Dinamakan 'Cemara' sebab lokasi warung gado-gado pertama kali berada di Jalan Cemara, Jakarta.

Seiring berkembangnya bisnis gado-gado, kini kedai Gado-gado Cemara telah menetap di Jalan Tanah Abang 5 No.36 Jakarta Pusat. Selain itu, terdapat dua cabang lainnya, masing-masing berada di Setiabudi One Building, Jakarta Selatan dan Citywalk Gajah Mada, Jakarta Barat.

2. Saus kacang jadi idola

5 Fakta Gado-gado Cemara, Sajian Legendaris Jakarta Harus Dicoba!instagram.com/jajan.jalanan

Yang paling disorot dari sebuah sajian gado-gado tentu saja saus kacang. Tanpa saus kacang yang lezat, gado-gado bakal terasa hambar. Nah, saus kacang di Gado-gado Cemara ini selalu jadi idola, lho. Pasalnya, cita rasa saus gak pernah berubah sejak dulu.

Hal ini dikarenakan Gado-gado Cemara selalu mengutamakan bahan baku yang berkualitas dan gunakan jenis yang sama. Selain itu, kacang yang dipakai untuk membuat saus kacang tidak hanya kacang tanah, melainkan juga dengan campuran kacang mede. Semua bahan untuk membuat saus digiling, baru kemudian diuleg sehingga tercipta tekstur yang sangat halus dan bersih.

Yang makin bikin berbeda, saus kacang di sini tidak terasa pedas. Sehingga, kamu perlu menambahkan sambal sendiri yang tersedia di masing-masing meja pengunjung ke dalam sajian gado-gado pesananmu.

Baca Juga: 5 Resep Gado-Gado dari Berbagai Daerah, Mana yang Paling Kamu Suka?

3. Sayur yang dipakai selalu segar

5 Fakta Gado-gado Cemara, Sajian Legendaris Jakarta Harus Dicoba!instagram.com/sbykulinerinfo

Terdiri dari beberapa jenis sayur, seperti bayam, kubis, kacang panjang, dan tauge, serta kentang dan tahu goreng, kesemuanya selalu dihidangkan dalam kondisi fresh. Setiap bahan sayuran direbus dengan kematangan yang pas, sehingga kamu gak akan menjumpai sayuran yang terlalu lembek atau terasa layu. Pokoknya, sepiring Gado-gado Cemara terlihat sempurna banget, deh.

4. Perlu merogoh kocek agak dalam untuk seporsi Gado-gado Cemara

5 Fakta Gado-gado Cemara, Sajian Legendaris Jakarta Harus Dicoba!instagram.com/patriciasari

Tersedia dalam porsi medium dan reguler, harga sepiring Gado-gado Cemara mungkin sedikit bikin kamu kaget, yaitu Rp25.000 untuk ukuran medium dan Rp37.000 untuk ukuran reguler. Harga tersebut belum termasuk lontong.

Eits, tapi jangan kecewa dulu, sebab porsi yang disajikan melimpah sehingga cukup sebanding dengan harganya. Selain sayur-sayuran yang disiram saus kacang, satu piring Gado-gado Cemara juga disajikan bersama kerupuk kuning dan emping. Makin nikmat menyantapnya.

5. Tersedia menu pilihan lain

5 Fakta Gado-gado Cemara, Sajian Legendaris Jakarta Harus Dicoba!@can.dri via instagram.com/gratiser.official

Meskipun sajian utamanya berupa gado-gado, namun kamu bisa sekalian menjajal menu pilihan lain yang ditawarkan kedai Gado-gado Cemara. Sebutlah lontong cap gomeh, ketoprak, asinan sayur, sop buntut, sate ayam, dan pesmol ikan tengiri. Hayo, pengin coba yang mana?

Nah, itu tadi beberapa fakta tentang Gado-gado Cemara yang melegenda. Pastikan gak melewatkan kulineran di sini kalau kamu sedang liburan ke Jakarta, ya.

Baca Juga: 4 Perbedaan Pecel dan Semanggi, Kuliner Legendaris Khas Surabaya

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You