Comscore Tracker

5 Rekomendasi Kuliner Lombok Ala Food Vlogger Mark Wiens, Enak Semua!

Mana yang paling bikin penasaran?

Pernahkah kamu bermimpi keliling dunia hanya karena penasaran dengan kuliner masing-masing negara? Itulah yang dilakukan Mark Wiens, salah satu food vlogger kelas dunia yang telah melanglang buana demi sebuah makanan, termasuk mencicipi berbagai kuliner lezat Indonesia.

Salah satu destinasi kuliner favorit Mark Wiens adalah pulau Lombok. Dia menemukan ayam bakar terbaik se-dunia di kota Mataram, lho.

Pengin tahu apa saja rekomendasi kuliner di Lombok ala Mark Wiens? Simak artikel ini sampai akhir, ya.

1. Depot Kelebet

5 Rekomendasi Kuliner Lombok Ala Food Vlogger Mark Wiens, Enak Semua!YouTube.com/Mark Wiens

Mengawali pagi di kota Mataram, kamu wajib menjajal sarapan di Depot Kelebet. Rumah makan yang terletak di Jl. H.O.S. Cokroaminoto No.10, Mataram ini menyediakan kuliner bebalung atau sop tulang. Tulang yang digunakan adalah tulang iga dan tulang ekor sapi atau kerbau yang dimasak menggunakan racikan bumbu rahasia.

Yang bikin Depot Kelebet selalu ramai pengunjung adalah cita rasa kaldu sopnya yang super gurih. Selain itu, daging pada tulang iga atau tulang ekornya pun begitu empuk dan lembut. Disantap bersama sambal, rasanya dijamin makin maknyus!

Meskipun buka dari pukul 07.00-15.00 WITA, namun pastikan kamu mengunjungi Depot Kelebet sebelum pukul 12.00 WITA kalau gak pengin kehabisan sajian bebalung di warung ini.

2. Rumah Makan Sukaraja

5 Rekomendasi Kuliner Lombok Ala Food Vlogger Mark Wiens, Enak Semua!YouTube.com/Mark Wiens

Beralih ke spot kuliner berikutnya adalah Rumah Makan Sukaraja yang beralamat di Jl. Yos Sudarso No.13, Mataram. Di sini, kamu bisa mencoba kuliner nasi campur yang ternyata adalah salah satu sajian Indonesia favorit Mark Wiens.

Rumah makan ini menyediakan aneka macam lauk, seperti ayam, telur ayam, hati sapi, daging sapi, ikan, tahu, hingga beberapa macam sayur. Kamu boleh memilih berbagai lauk tersebut sesuai kesukaanmu. Namun, yang gak boleh ketinggalan adalah menjajal sate lilitnya.

Sate lilit di Rumah Makan Sukaraja terbuat dari daging ayam cincang yang diolah bersama kelapa parut. Bentuknya gak beda jauh dengan sate lilit khas Bali dengan rasa yang sempurna.

Baca Juga: Resep Ayam Bumbu Rajang, Kuliner Lezat Khas Lombok yang Bikin Ngiler

3. Warung Sate Rembiga Utama

5 Rekomendasi Kuliner Lombok Ala Food Vlogger Mark Wiens, Enak Semua!YouTube.com/Mark Wiens

Berkunjung ke Lombok gak akan lengkap tanpa menyantap kuliner khasnya, yaitu sate rembiga. Buat kamu yang belum tahu, sate rembiga merupakan sate daging sapi yang diolah menggunakan bumbu bercita rasa pedas yang unik. Pedas memang menjadi ciri khas kuliner di Lombok, sehingga sate pun memiliki kekhasan ini.

Ada banyak pilihan warung sate rembiga di Lombok, khususnya di kota Mataram. Namun, Mark Wiens memilih Warung Sate Rembiga Utama sebagai lokasi menjajal sate ini. Gak salah memang, sebab warung yang sudah eksis lebih dari 30 tahun tersebut menawarkan resep yang autentik.

Potongan-potongan dagingnya empuk dengan bumbu yang benar-benar meresap ke dalam daging. Satu tusuk sate rembiga Utama bisa kamu santap dalam sekali gigit, lho. Biar makin komplet, jangan lupa pesan plecing kangkung juga untuk temani menyantap sate rembiga ini.

4. Ayam Bakar Taliwang Pak Udin

5 Rekomendasi Kuliner Lombok Ala Food Vlogger Mark Wiens, Enak Semua!YouTube.com/Mark Wiens

Selain sate rembiga, ayam taliwang adalah menu pedas recommended lainnya dari pulau Lombok. Kali ini Mark Wiens berkunjung ke Ayam Bakar Taliwang Pak Udin yang lokasinya ada di Jl. Gelatik No.2B, Mataram.

Di sini ada beberapa pilihan ayam bakar yang bisa kamu pilih sesuai dengan tingkat kepedasannya. Soal rasa, tentu gak perlu diragukan lagi, guys. Perfect! Saking lezatnya, Mark Wiens bahkan melabeli ayam bakar taliwang Pak Udin ini sebagai the best grilled chicken in the world. Hmm, bikin penasaran, kan?

5. Seafood dan Ikan Bakar 88

5 Rekomendasi Kuliner Lombok Ala Food Vlogger Mark Wiens, Enak Semua!YouTube.com/Mark Wiens

Kuliner terakhir yang gak boleh kamu lewatkan saat di kota Mataram, Lombok, yaitu warung tenda Seafood dan Ikan Bakar 88 yang beralamat di Jl. Pejanggik. Buka dari jam 18.00-24.00 WITA, spot ini adalah lokasi yang tepat untuk menu makan malam kamu.

Menu yang dijual memang gak jauh beda dengan warung tenda seafood dan ikan bakar pada umumnya. Tapi, Warung 88 ini memang ramai pengunjung. Kamu bisa pilih berbagai jenis ikan, mulai dari ikan bawal, baronang, langoan, kerapu, dan kakap. Untuk aneka seafood, ada pilihan udang, cumi-cumi, kerang, dan kepiting.

Nah, itulah lima rekomendasi kuliner di Lombok ala food vlogger Mark Wiens. Kira-kira, kuliner mana nih yang paling bikin kamu penasaran untuk mencobanya? Share di kolom komentar, ya.

Baca Juga: 6 Keistimewaan Gudeg Ceker Bu Kasno, Kuliner Legendaris Kota Solo

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya