Comscore Tracker

6 Keistimewaan Gudeg Ceker Bu Kasno, Kuliner Legendaris Kota Solo

Menggugah selera!

Bagi kamu penikmat makanan Nusantara, pantang banget gak singgah ke kota Solo dan menjajal salah satu kuliner terenak di kota ini. Namanya yaitu Gudeg Ceker Bu Kasno. Eits, gudeg boleh jadi identik dengan Yogyakarta. Namun, gudeg di Solo yang satu ini sudah melegenda dan tersohor seantero pencinta kuliner, lho.

Biar gak penasaran, berikut beberapa keistimewaan Gudeg Ceker Bu Kasno yang harus kamu coba kalau sedang liburan ke kota Solo. Simak sampai akhir, ya!

1. Mulai buka pada jam 01.30 dini hari

6 Keistimewaan Gudeg Ceker Bu Kasno, Kuliner Legendaris Kota Soloinstagram.com/titis_pd

Sering pula disebut Gudeg Ceker Margoyudan, lapak gudeg yang sudah eksis sejak tahun 1970-an ini punya jam buka warung yang gak biasa. Kamu hanya bisa menyantap menu yang dijual mulai pukul 01.30 dini hari sampai jam 07.00 pagi. Hal inilah yang menjadi ciri khas Gudeg Ceker Bu Kasno.

Menariknya, meski buka saat tengah malam, antrean pembeli tetap saja mengular panjang. Sehingga gak heran jika sebelum jam 07.00 pagi pun, semua menu yang dijual seringnya sudah ludes terjual.

2. Ceker ayam menjadi lauk favorit

6 Keistimewaan Gudeg Ceker Bu Kasno, Kuliner Legendaris Kota Soloinstagram.com/foo.ga

Seperti warung gudeg pada umumnya, lauk yang dijual di Gudeg Ceker Bu Kasno hampir gak ada beda. Mulai dari gudeg nangka, ayam kampung, ati ampela, tahu kukus, telur pindang, dan telur puritan, lengkap dengan sambal krecek dan kuah santan.

Yang gak boleh ketinggalan dan jadi lauk favorit gudeg Bu Kasno, tentu saja ceker ayamnya yang gurih dan empuk. Satu porsi gudeg ceker berisi 10 buah ceker ayam yang disiram kuah santan kental. Harap hati-hati guys karena ceker ayam di sini sungguh bikin nagih! Seporsi pasti bakal kurang.

3. Selain nasi putih gurih, ada pilihan bubur nasi juga

6 Keistimewaan Gudeg Ceker Bu Kasno, Kuliner Legendaris Kota Soloinstagram.com/esty_sudirka

Yang seru, warung gudeg Bu Kasno juga menyediakan bubur nasi selain nasi putih gurih. Jadi, kalau khawatir terlalu kenyang, kamu bisa pesan pakai bubur saja. Rasanya tetap mantul, lho. Apalagi disantap hangat-hangat. Hmm, lezat!

Baca Juga: Kuliner Nikmat Khas Solo, 11 Warung Selat Paling Juara di Surakarta

4. Bu Kasno masih terampil melayani pembeli

6 Keistimewaan Gudeg Ceker Bu Kasno, Kuliner Legendaris Kota Soloinstagram.com/nadiaisel

Usianya yang kian senja, gak menghalangi sang pemilik warung gudeg melayani setiap pesanan pembeli. Ya, Bu Kasno masih sigap dan terampil di warungnya setiap hari.

Dibantu oleh beberapa pegawai, Bu Kasno seperti gak pernah lelah menata nasi putih ke atas piring bersama dengan lauk pauk yang di-request pelanggan setianya. Keren, ya?

5. Gudeg Ceker Bu Kasno sudah punya beberapa cabang

6 Keistimewaan Gudeg Ceker Bu Kasno, Kuliner Legendaris Kota Soloinstagram.com/hendargus

Kabar baik untuk kamu yang gak bisa begadang atau gak terbiasa makan saat tengah malam, Gudeg Ceker Bu Kasno ini sudah membuka cabang di tiga tempat. Tentunya dengan jam operasional yang lebih wajar. Kamu bisa mampir ke salah satu dari ketiga cabangnya di kota Solo berikut:

  1. Gladag Langen Bogan (Galabo), buka pukul 17.00-22.00 WIB
  2. Jl. Honggowongso No.92, buka pukul 19.00-24.00 WIB
  3. Jl. Ir. Soekarno Solo Baru (Wedangan Pak Gendhut), buka pukul 16.00-24.00 WIB

Meski sudah punya beberapa cabang, namun menyantap gudeg Bu Kasno di warung pusatnya tetap bakal memberi pengalaman kuliner berbeda.

6. Tips kulineran di Gudeg Ceker Bu Kasno

https://www.youtube.com/embed/cNJj8-H9D5E

Beralamat di Jl. Wolter Monginsidi, tepatnya di seberang Gereja Kristen Jawa dan SMA Negeri 1 Surakarta, kamu sebaiknya datang sebelum subuh untuk memastikan kebagian gudeg ceker Bu Kasno. Bila perlu, kamu sudah stand by sebelum lapak Bu Kasno dibuka.

Pastikan pula untuk memesan satu porsi ceker ayamnya jika kamu memang doyan. Saking empuk ceker ayam Bu Kasno, tulang cekernya gampang banget terlepas saat menyantapnya. Penasaran, kan?

Nah, itulah tadi sederet keistimewaan Gudeg Ceker Bu Kasno yang legendaris di Solo, Jawa Tengah. Jangan sampai gak mampir ke sini kalau sedang wisata ke kota Spirit of Java, ya!

Baca Juga: 5 Destinasi Gudeg Enak di Jogja, Sensasi Rasanya Juara!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya