Comscore Tracker

5 Alasan Wajib Coba Es Duren Pak Kasdi, Kuliner Legendaris Purbalingga

Pecinta durian mari merapat!

Hal penting yang gak boleh kamu lewatkan saat mengunjungi sebuah tempat adalah menjajal sajian legendarisnya. Termasuk kalau kamu sedang singgah ke Purbalingga.

Kabupaten di Jawa Tengah yang jadi salah satu gerbang masuk pendakian gunung Slamet ini, punya kuliner yang wajib kamu coba. Namanya Es Duren Pak Kasdi.

Hmm, pecinta buah beraroma wangi tersebut harus langsung merapat, nih. Pasalnya, Es Duren Pak Kasdi memang melegenda banget dan kerap jadi jujukan wisatawan. Sekali mencoba, pasti langsung ketagihan.

Penasaran seperti apa olahan durian ala Pak Kasdi ini? Berikut 5 alasan kenapa kamu wajib cobain Es Duren Pak Kasdi kalau sedang singgah ke Purbalingga.

1. Melegenda selama setengah abad

5 Alasan Wajib Coba Es Duren Pak Kasdi, Kuliner Legendaris PurbalinggaDok. Pribadi/Intan Deviana

Bicara soal usia Es Duren Pak Kasdi, kamu mungkin bakal sedikit kaget karena usaha Pak Kasdi tersebut sudah dirintis sejak tahun 1969. Enggak heran jika sajian ini disebut sebagai kuliner legendaris. Sebab usianya sudah memasuki 50 tahun atau setengah abad.

Awalnya Pak Kasdi hanya berjualan keliling, lho. Kemudian, sempat menempati warung tenda semi permanen. Hingga akhirnya di tahun 1994, Pak Kasdi mulai menetap di kios sederhana yang masih ditempati sampai sekarang.

2. Lokasi kios strategis dan gampang ditemukan

5 Alasan Wajib Coba Es Duren Pak Kasdi, Kuliner Legendaris Purbalinggainstagram.com/aimahardi

Buat kamu yang datang dari luar kota, gak perlu khawatir bakal kesulitan mencapai kios Es Duren Pak Kasdi. Walaupun cuma kios mungil dan sederhana, lokasinya cukup dekat dengan pusat kota Purbalingga, yaitu sekitar 1,2 kilometer ke arah timur dari alun-alun kota.

Patokan dari kios Es Duren Pak Kasdi adalah tugu Bancar di sisi selatan dan jembatan Kali Klawing di sisi utara. Info buat kamu yang bawa kendaraan sendiri, bahwa area parkir kendaraan cukup terbatas, terutama kalau kios Pak Kasdi sedang ramai pembeli.

Tapi, jangan khawatir. Ada petugas parkir yang bakal memandu kamu mencari tempat parkir yang aman kok meski jaraknya agak sedikit jauh dari kios Pak Kasdi.

Baca Juga: Sroto Klamud Lezat Khas Purbalingga, Inovasi Baru Dunia Persotoan

3. Durian melimpah sepanjang tahun

5 Alasan Wajib Coba Es Duren Pak Kasdi, Kuliner Legendaris Purbalinggainstagram.com/praptobmf

Walaupun buah durian tergolong buah musiman, hal tersebut gak berlaku di kios Es Duren Pak Kasdi. Pasalnya, Pak Kasdi sudah punya langganan suplier buah durian berkualitas dari berbagai daerah sehingga stok durian untuk kiosnya selalu melimpah sepanjang tahun.

Buah durian tersebut lantas dikupas setiap hari untuk dijual pada hari itu juga. Bukan dikupas sekaligus lalu dibekukan di dalam freezer. Dengan begitu, aroma dan rasa durian dijamin selalu wangi, fresh, dan legit.

4. Seporsi es durian yang gak pelit

5 Alasan Wajib Coba Es Duren Pak Kasdi, Kuliner Legendaris Purbalinggainstagram.com/tyarachang

Untuk menikmati semangkuk Es Duren Pak Kasdi, kamu perlu merogoh kocek Rp19.000. Harga tersebut setimpal dengan isi es durian yang disajikan yaitu berupa daging durian kupas yang porsinya gak pelit, kemudian dicampur dengan santan segar, es batu serut, cokelat cair, dan susu kental manis.

Rasanya? Jangan ditanya, guys. Beneran legit dan segar banget! Kamu pasti bakal heran karena porsi daging durian di mangkuk benar-benar banyak. Semangkuk Es Duren Pak Kasdi dijamin langsung bikin ketagihan.

5. Sedia es campur dan es kopyor

5 Alasan Wajib Coba Es Duren Pak Kasdi, Kuliner Legendaris Purbalinggainstagram.com/anton_ardy

Nah, kalau kamu pengin cicipi menu yang lebih mantap, kamu bisa pesan es durian kombinasi, yaitu menu es duren campur atau es duren kopyor. Tapi, jika kebetulan kamu gak doyan durian, kamu masih bisa pesan es campur, es kopyor, atau es campur kopyor. Wah, menu yang lengkap banget!

Jadi, kalau lagi jalan-jalan ke Purbalingga, gak ada alasan lagi untuk gak mampir ke kios Es Duren Pak Kasdi. Pastikan datang antara jam 10.00-18.00 WIB.

Bersiaplah untuk antre agak lama jika kamu datang di akhir pekan atau momen liburan karena kios Pak Kasdi bakal kebanjiran pengunjung. Selamat kulineran, ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Durian di Bandung Ini Bikin Kamu Merem Melek Saat Memakannya

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You