Comscore Tracker

Jalan-jalan ke Thailand, 5 Sajian Lezat Ini Wajib Kamu Coba

Semuanya menggugah selera lho!

Jika Singapura dan Malaysia sudah tamat dikunjungi, wisatawan Indonesia biasanya bakal melirik Thailand sebagai negara berikutnya buat didatangi. Banyaknya destinasi wisata dan mudahnya penerbangan dari Indonesia, bikin Negeri Gajah Putih layak masuk bucket list liburan.

Selain itu, kekayaan kulinernya juga gak boleh sampai terlewat. Kamu wajib banget berburu sajian lezat berikut saat jalan-jalan ke Thailand.

Apa saja? Simak dan catat baik-baik, ya!

1. Tom Yum

Jalan-jalan ke Thailand, 5 Sajian Lezat Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/_wangyukun_

Yang pertama adalah Tom Yum. Walaupun di Indonesia banyak yang jual, tapi sup khas Thailand ini tetap harus kamu cicipi di negara asalnya. Umumnya, udang yang disajikan berukuran lebih besar dengan kuah bercita rasa lebih segar dan pedas yang memanjakan lidah.

Jika kamu singgah di Bangkok, salah satu restoran yang menjual Tom Yum enak ada di Ko Dang Talay, Asiatique The Riverfront. Sembari menikmati Tom Yum yang masih mengepul, kamu bisa sekalian menikmati arsitektur bangunan resto yang cukup menarik.

2. Phad Thai

Jalan-jalan ke Thailand, 5 Sajian Lezat Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/leparisdalexis

Berikutnya yaitu Phad Thai. Dilihat dari tampilan awal, Phad Thai ini mirip kwetiau goreng yang sering dijual di Indonesia. Namun, jika diamati dan sudah dinikmati, ada beberapa hal yang bikin Phad Thai sangat khas.

Kuliner tersebut dibuat dari rice noodles yang ditumis menggunakan fish sauce, udang, tauge, telur, dan taburan kacang. Kemudian disiram gula aren, kuah asam, dan perasan jeruk. Jadi, rasa yang dihasilkan begitu unik yaitu perpaduan manis, asam, dan gurih.

Kamu bisa menjumpai penjual Phad Thai di setiap sudut Thailand, mulai dari pedagang kaki lima hingga restoran mewah.

Baca Juga: Resep Membuat Salad Mangga Serut ala Thailand yang Bikin Ngiler 

3. Som Tam

Jalan-jalan ke Thailand, 5 Sajian Lezat Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/gluaymaihom

Yang gak boleh ketinggalan buat dicoba adalah kuliner dengan bahan dasar pepaya muda bernama Som Tam.

Sering juga disebut dengan Papaya Salad, Som Tam ini terbuat dari pepaya muda yang diserut atau dipotong tipis-tipis panjang, kemudian diolah menggunakan bawang putih, cabai, tomat ceri, saus ikan, serta jeruk nipis.Rasanya jadi mirip asinan Bogor, namun lebih crunchy.

Di beberapa tempat, kamu bisa menemukan menu Fried Som Tam, di mana pepaya muda dan bahan-bahan lain digoreng sehingga tampak seperti bakwan. Unik, deh!

4. Mango Sticky Rice

Jalan-jalan ke Thailand, 5 Sajian Lezat Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/rebirthdna

Nah selain Tom Yum, sajian Mango Sticky Rice juga terbilang sering diburu wisatawan saat berkunjung ke Thailand. Sajian ini gak kalah unik dan enak, yaitu berupa ketan yang disiram kuah santan manis, kemudian disajikan bersama irisan mangga.

Kalau datang antara bulan Maret-Mei, kamu berpeluang mendapat mangga yang lebih manis karena merupakan musim panen. Selain itu, ukuran mangganya juga tampak lebih gendut. Mantap banget, kan?

5. Durian Dessert

Jalan-jalan ke Thailand, 5 Sajian Lezat Ini Wajib Kamu Cobainstagram.com/w.kayyyy

Sajian lezat terakhir yang wajib kamu coba yaitu dessert berbahan durian. Selain mangga, buah durian memang cukup terkenal di Thailand. Durian ini diolah menjadi berbagai macam dessert seperti es krim, shaved ice, honey toast, dan sticky rice.

Salah satu tempat makan dessert durian favorit di Thailand adalah After You Durian Room. Di sini kamu bakal dibikin bingung saking banyaknya pilihan menu dessert dari durian yang menggoda. Antreannya cukup mengular panjang, jadi kamu harus siap bersabar ketika memutuskan kulineran di sini.

Gimana, guys? Baca ulasannya saja bikin penasaran buat mencicipi. Pastikan tidak melewatkan kelima sajian lezat tersebut saat jalan-jalan ke Thailand, ya!

Baca Juga: 7 Hal Seru di Udon Thani Thailand, Bisa Mendayung di Danau Bunga Lho!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You