Comscore Tracker

Lezat! 10 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar yang Harus Kamu Jelajahi

Duh jadi lapar nih!

Kamu berencana traveling ke Makassar? Bila pilihan destinasi wisatamu sudah ada, artinya kamu juga perlu melengkapinya dengan daftar wisata kuliner di Kota Anging Mamiri ini. Disimak dulu saja ulasan dan lokasi kedainya. Bisa jadi kamu malah pengin menjelajah semua. Sudah siap?

1. Coto Nusantara

Lezat! 10 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar yang Harus Kamu Jelajahiinstagram.com/happyfoodiesever

Coto Nusantara menjadi salah satu coto khas Makassar yang paling legendaris lho. Rasa bumbu rempahnya khas dan benar-benar berbeda dari coto lainnya. Digarap oleh Haji Makmur Daeng Tutu sejak tahun 1990an, kedai Coto Nusantara gak pernah luput jadi sasaran wisatawan lokal maupun mancanegara. Kamu bisa mulai menyantap coto ini mulai pukul 07.00 WITA sampai pukul 17.30 WITA.

Coto Nusantara - Jl. Nusantara Baru No.142, Wajo, Kota Makassar

2. Pallubasa Serigala

Lezat! 10 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar yang Harus Kamu Jelajahiinstagram.com/myfoodieaddiction

Karena lokasinya berada di jalan Serigala, kuliner khas Makassar yang satu ini akhirnya menamai diri dengan sebutan Pallubasa Serigala. Pallubasa bentuknya mirip seperti coto Makassar. Bedanya, kuah pallubasa lebih kental dan ditambahi serbuk kelapa yang telah disangrai. Di dalamnya juga ada telur setengah matang yang bikin rasa pallubasa makin nendang.

Untuk cita rasa, Pallubasa Serigala juaranya. Rasa rempah di kuahnya begitu kuat dan segar. Jadi, kamu memang harus rela bersabar dan mengantri bila berniat mencicipi sedapnya Pallubasa Serigala ini. Karena peminatnya banyak banget setiap hari.

Pallubasa Serigala - Jl. Serigala, Mamajang, Kota Makassar

3. Sop Konro Karebosi

Lezat! 10 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar yang Harus Kamu Jelajahiinstagram.com/sumpahenak

Sebelum punya warung makan sendiri, Sop Konro Karebosi hanya berupa warung tenda di alun-alun Makassar atau sering disebut lapangan Karebosi. Banyak pilihan warung makan konro di Makassar, tapi Sop Konro Karebosi yang telah ada sejak tahun 1968 inilah yang paling diminati.

Sop konro sendiri merupakan tulang iga sapi yang masih memuat daging di tulangnya, yang dimasak dalam kuah sup yang segar. Untuk menghasilkan rasa iga yang lezat, tulang iga harus dimasak terpisah dengan bahan-bahan lain.

Sop Konro Karebosi - Jl. Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Kota Makassar

4. Konro Bakar Karebosi

Lezat! 10 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar yang Harus Kamu Jelajahiinstagram.com/intankarinaijo

Walaupun sama-sama dijual di rumah makan Konro Karebosi, menu konro yang disajikan kali ini berbeda dari sebelumnya. Konro yang bisa kamu cicipi kali ini berupa konro bakar, yaitu daging tulang iga sapi yang dipanggang menggunakan bumbu kacang khas Makassar. Rasanya? Jangan ditanya. Lezat banget deh!

Konro Bakar Karebosi - Jl. Gunung Lompo Battang No.41-43, Pisang Utara, Kota Makassar

5. Es Pisang Ijo Bravo

Lezat! 10 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar yang Harus Kamu Jelajahitoday.line.me

Kalau kamu tanya orang Makassar di mana tempat favorit untuk menyantap es pisang ijo, serempak mereka pasti akan menjawab Es Pisang Ijo Bravo. Pisang ijonya memang menggiurkan sih.

Buah pisang yang dipilih adalah jenis pisang raja. Pisang ini kemudian dibalut tepung beras berwarna hijau cerah, lalu dipotong-potong dan disajikan dengan es serut, bubur sumsum, sirup berwarna merah, dan susu kental manis. Dimakan selagi dingin bakal lebih nikmat dan segar banget rasanya.

Es Pisang Ijo Bravo - Jl. Sultan Alauddin Nomor 27, Tamalate, Kota Makassar

Baca Juga: Endes Banget, 5 Kuliner Bakso di Surabaya Ini Bakal Bikin Kamu Ngiler!

6. Es Pallu Butung Bravo

Lezat! 10 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar yang Harus Kamu Jelajahicrownedstephanie.wordpress.com

Menu lain khas Makassar yang dijual di rumah makan Bravo adalah es pallu butung. Masih mirip dengan es pisang ijo, es pallu butung ini juga menggunakan buah pisang sebagai bahan utamanya.

Yang membedakan, es pallu butung menggunakan jenis pisang kepok yang dilumuri bubur yang terbuat dari tepung beras, sagu, dan santan. Agar nikmat, es pallu butung disajikan dengan es serut dan sirup cocopandan. Segar!

Es Pallu Butung Bravo - Jl. Sultan Alauddin Nomor 27, Tamalate, Kota Makassar

7. Putu Cangkir

Lezat! 10 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar yang Harus Kamu Jelajahimakassarguide.com

Nah, menu kali ini adalah jenis kue tradisional khas Makassar. Kamu bisa mendapatkannya di pinggir-pinggir jalan, seperti di jalan Landak, jalan Alauddin, atau di sekitar pasar Pa'baeng-Baeng.

Kue putu cangkir terbuat dari beras ketan dengan dua varian rasa, yaitu gula putih dan gula merah. Bentuknya seperti cangkir terbalik, makanya kue ini terkenal dengan sebutan putu cangkir.

Putu Cangkir - Jl. Sultan Alauddin, Kota Makassar

8. Barongko

Lezat! 10 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar yang Harus Kamu Jelajahidictio.id

Selain pisang ijo dan pallu butung, kuliner lain khas Makassar yang menggunakan olahan pisang adalah barongko. Pisang yang telah matang dihaluskan, lalu dicampur dengan telur, santan, gula pasir, serta garam. Adonan yang telah jadi kemudian dikukus dengan daun pisang.

Setelah matang, jangan buru-buru dimakan. Kamu perlu mendinginkannya dulu di dalam lemari es agar rasanya lebih nikmat.

Barongko - MAMA Toko Kue dan Es Krim, Jalan Serui No.19, Kota Makassar

9. Pisang Epe Losari

Lezat! 10 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar yang Harus Kamu Jelajahiinstagram.com/deliciousmakassar

Satu lagi jajanan khas Makassar dari olahan pisang, yaitu pisang epe. Pisang epe ini sangat terkenal lho, terutama di sepanjang pantai Losari. Sore hari ketika kamu menghabiskan senja di sana, kamu bisa temui banyak sekali pedagang pisang epe.

Pisang epe sendiri terbuat dari pisang kepok yang dipipihkan lalu dibakar. Kemudian ditaburi gula merah cair yang legit. Agar gak bosan, penjual biasanya menyediakan varian topping, seperti keju, meses, kelapa sangrai, dan saus durian. Hmm, menggoda.

Pisang Epe - sepanjang Pantai Losari, Kota Makassar

10. Jalangkote Lasinrang

Lezat! 10 Wisata Kuliner Khas Kota Makassar yang Harus Kamu Jelajahidbento.com

Tahu kue pastel yang sering kamu temui di Jawa? Nah, di Makassar kue tersebut dikenal dengan nama jalangkote. Bentuk dan isinya mirip banget dengan pastel, tapi rasanya konon lebih enak yang ada di Makassar.

Apalagi jalangkote yang ada di Jalan Lasinrang ini, favorit banget dijadikan oleh-oleh maupun untuk disantap sendiri. Yang khas dari Jalangkote Lasinrang adalah sambal cairnya yang pedas dan segar. Bikin kamu gak mau berhenti ngunyah.

Jalangkote Lasinrang - Jl. Lasinrang No.11A, Mangkura, Kota Makassar

Gimana? Itu 10 pilihan wisata kuliner di Makassar di atas benar-benar menggugah selera makanmu kan? Catat baik-baik lokasi kulinernya. Besok saat kamu sampai Makassar, tinggal jelajahi satu per satu. Selamat mencoba!

Baca Juga: Ingin Jelajahi Kuliner Makassar? 7 Akun Instagram Ini Kudu Kamu Follow

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You