Comscore Tracker

Sate Buntel Tambak Segaran, Kuliner Solo yang Pantang Dilewatkan

Kaya akan rempah-rempah dan super lezat!

Siapa yang gak tahu kota Solo? Mendapat julukan The Spirit of Java, Solo memang gak pernah gagal bikin jatuh cinta siapa pun yang datang. Sekali berkunjung, pasti akan ketagihan datang lagi dan lagi. Selain tersedia beragam tempat wisata, Solo juga menyimpan banyak destinasi kuliner yang wajib dijelajah.

Salah satu wisata kuliner yang pantang kamu lewatkan saat berada di Solo adalah sate buntel Tambak Segaran. Hmm, terdengar unik bukan namanya? Konon, sate kambing ini adalah yang terenak lho di kota Solo.

Seperti apa keunikan dan kekhasan cita rasa sate buntel Tambak Segaran? Berikut ulasan lengkapnya!

1. Gunakan daging kambing asli yang dicincang

Sate Buntel Tambak Segaran, Kuliner Solo yang Pantang DilewatkanInstagram/David Horito

Gak seperti sate kambing pada umumnya yang gunakan potongan-potongan kecil daging kambing, sate buntel ini khas menggunakan daging kambing yang telah dicincang halus.

'Buntel' dalam bahasa Jawa berarti 'bungkus' atau 'balut'. Hal tersebut mengacu pada daging kambing cincang yang di-buntel (dibungkus) menggunakan lemak tipis sebelum dibakar.

2. Disajikan tanpa tusuk sate

Sate Buntel Tambak Segaran, Kuliner Solo yang Pantang DilewatkanInstagram/yedidiah_s

Hal unik lainnya dari sate buntel adalah penyajiannya yang gak menggunakan tusuk sate. Jadi, setelah rampung dibakar, tusuk sate akan dilepaskan dari buntelan daging kambing saat penyajian. Kamu gak perlu usaha keras untuk menyantapnya, deh.

3. Kaya akan rempah-rempah

Sate Buntel Tambak Segaran, Kuliner Solo yang Pantang DilewatkanInstagram/calokbotak

Yang bikin sate buntel istimewa adalah bumbu bakarnya yang kaya dengan aneka rempah-rempah. Saat buntelan daging kambing mulai dibakar, balutan lemak tipis yang membungkusnya akan melumer dan menyatu dengan bumbu rempah yang khas. Jangan heran jika aroma yang muncul setelahnya begitu harum dan menggoda selera makan.

Baca Juga: Nikmatnya Selat Solo, Hasil Perpaduan Kuliner Ala Eropa dan Jawa

4. Tekstur daging kambing empuk

Sate Buntel Tambak Segaran, Kuliner Solo yang Pantang DilewatkanInstagram/Salim & Inez

Karena diolah dengan cara sedemikian unik, tekstur sate buntel ini sangatlah empuk. Kamu gak akan menemui daging kambing yang alot dan susah dikunyah.

5. Gunakan kecap buatan sendiri

Sate Buntel Tambak Segaran, Kuliner Solo yang Pantang DilewatkanInstagram/David Horito

Sudahlah gunakan bumbu bakar yang kaya rempah, saat penyajian ditambah campuran kecap yang dibikin sendiri dengan cita rasa manis-asin yang pas. Wah, makin dahsyat deh rasa sate buntel ini!

6. Sedia menu lain

Sate Buntel Tambak Segaran, Kuliner Solo yang Pantang DilewatkanInstagram/katrinainandia

Nah, jika ingin menu yang variatif, masih ada lho pilihan menu lain yang tersedia di kedai sate buntel Tambak Segaran. Kamu bisa pesan mulai dari menu gulai, tengkleng, tongseng, hingga nasi goreng kambing. Semua enak.

7. Harga sate buntel Tambak Segaran

Sate Buntel Tambak Segaran, Kuliner Solo yang Pantang DilewatkanInstagram/Syifa Sophiana R

Untuk menyantap seporsi satu buntel Tambak Segaran, kamu cukup merogoh kocek Rp45.000. Namun, jika seporsi dirasa terlalu banyak, kamu bisa pesan setengah porsi dengan harga Rp23.000. Harga tersebut sudah sepaket dengan sepiring nasi putih hangat, ya!

Gimana, penasaran kan dengan kelezatan sate buntel Tambak Segaran? Pastikan singgah ke kedainya yang berlokasi di Jalan Sutan Syahrir No.149 Banjarsari, Kota Solo yang buka dari pukul 12.00-22.00.

Baca Juga: Fakta Sate Klathak, Kuliner Daging Kambing Unik Khas Yogyakarta

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya