Comscore Tracker

Ini 5 Cara yang Baik dan Benar Menyimpan Kentang, Agar Awet!

Jangan disimpan dalam kulkas

Ketika membeli bahan makanan, sering kali bahan makanan tersebut tidak langsung habis sekali olah. Akhirnya, bahan makanan yang masih bersisa pun harus disimpan agar bisa digunakan di lain waktu. 

Namun, tahukah kamu bahwa tidak semua bahan makanan memiliki cara penyimpanan yang sama? Kali ini, artikel berikut akan membahas cara penyimpanan kentang yang baik dan benar.

Agar kentang di rumahmu bisa bertahan lama, simak cara penyimpanannya di bawah ini, yuk! 

1. Simpan kentang di tempat yang sejuk, gelap, dan kering.

Ini 5 Cara yang Baik dan Benar Menyimpan Kentang, Agar Awet!journeywithjill.net

Tempat terbaik untuk menyimpan kentang adalah di area dapur yang sejuk dan kering dengan ventilasi yang baik dan jauh dari sinar matahari langsung. Jika kentang terkena sinar matahari, maka kentang akan melakukan fotosintesis dan berubah menjadi hijau. 

Kisaran suhu 6-10 derajat celcius adalah suhu yang pas untuk penyimpanan kentang. Pada suhu yang lebih hangat atau lebih lembap, kentang biasanya akan mulai bertunas atau membusuk.

2. Hindari menyimpan di kantong plastik

Ini 5 Cara yang Baik dan Benar Menyimpan Kentang, Agar Awet!freepik.com/stockking

Saat menyimpan kentang, maka keranjang, jaring, atau kantong kertas lebih baik dari kantong plastik karena memungkinkan banyak sirkulasi udara. Jika kamu membawa pulang kentang dari pasar dalam kantong plastik, sebaiknya keluarkan agar kentang bisa lebih awet.

Kantong plastik atau wadah tertutup akan menciptakan lingkungan yang lembab sehingga kentang akan lebih cepat rusak.

Baca Juga: 10 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas yang Benar, biar Lebih Awet

3. Hindari menyimpan di kulkas dan freezer

Ini 5 Cara yang Baik dan Benar Menyimpan Kentang, Agar Awet!tallahassee.com

Hindari menyimpan kentang di dalam kulkas dan freezer. Suhu dingin dalam kulkas akan berpotensi mengubah pati kentang menjadi gula. Sedangkan jika disimpan di freezer, kentang akan terkena suhu beku sehingga air di dalam kentang mengembang dan membentuk kristal yang memecah struktur dinding sel. Hal ini akan membuat kentang lembek dan tidak dapat digunakan saat dicairkan. 

4. Jauhkan kentang dari bawang

Ini 5 Cara yang Baik dan Benar Menyimpan Kentang, Agar Awet!tasteofhome.com

Biasanya, orang-orang banyak yang tergoda untuk menyimpan kentang dan bawang di tempat yang sama atau berdekatan. Padahal, menyimpan kedua produk ini berdekatan tidak baik, lho. Hal ini dikarenakan bawang dan kentang dapat melepaskan gas yang akan menyebabkan keduanya cepat rusak. 

5. Jangan cuci kentang

Ini 5 Cara yang Baik dan Benar Menyimpan Kentang, Agar Awet!allrecipes.com

Mencuci kentang sebelum disimpan supaya bersih ternyata tidaklah dibenarkan. Hal ini hanya akan menambah kelembapan, sehingga akan mendorong pertumbuhan jamur dan bakteri. Jika sudah terlanjur mencuci kentang, langsung olah aja, ya. Jangan disimpan lagi!

Demikian cara penyimpanan kentang yang baik dan benar. Wah, kira-kira selama ini cara yang kamu lakukan sudah benar, belum? 

Baca Juga: 10 Cara Menyimpan Bahan Makanan Sesuai Jenisnya, Gak Gampang Busuk

Sharma Khan Photo Verified Writer Sharma Khan

Cukup baca tulisanku tanpa harus tahu siapa aku

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

yummy-banner

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya